Cara Memelihara Keyboard Laptop Agar Tetap Awet Meski Sering Digunakan

Keyboard laptop merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mengubah aktivitas Anda saat menggunakan perangkat tersebut. Namun tak hanya sekedar menggunakan Anda juga harus memeliharanya dengan baik dan benar. tak terkecuali Anda juga harus mengetahui cara memelihara keyboard laptop.

Komponen ini menjadi salah satu bagian yang paling sering disentuh dan digunakan karena merupakan perangkat input dan perintah pada laptop. Tidak dapat melakukan pekerjaan apapun jika tidak terdapat keyboard pada perangkat tersebut. Karena itulah perangkat ini cukup rentan mengalami kerusakan.

Setiap laptop pada dasarnya memiliki susunan keyboard yang hampir sama. Perbedaannya hanya terletak pada desain yang disesuaikan dengan model dari laptop itu sendiri. Namun bagaimanapun tampilannya perawatannya tetap sama dan harus dilakukan secara berkala.

Cara Memelihara Keyboard Laptop Agar Tetap Awet

Bagian keyboard bisa saja mengalami kerusakan yang cukup parah jika tidak dijaga sebaik mungkin. Jika hal ini sudah terjadi maka biaya yang perlu Anda keluarkan untuk melakukan servis atau bahkan penggantian komponen tentu akan cukup mahal. Untuk mengantisipasinya Anda perlu memelihara bagian tersebut dengan cara yang tepat.

Menekan Tombol Tidak Terlalu Keras

Salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan pada komponen ini ialah pemakaian sehari-hari yang tidak berhati-hati. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat menekan tombol pada keyboard agar tidak terlalu keras. Hal ini seringkali tidak disadari oleh para pengguna yang sebenarnya lambat laun bisa merusak bagian keyboard.

Sebaiknya Anda menekan tombol tersebut dengan lebih halus dan tidak terlalu kasar. Meskipun Anda bisa mengetik dengan cepat namun saat menekan tombolnya Anda harus bisa lebih halus dan tidak menekan terlalu keras. Anda bisa segera meninggalkan kebiasaan buruk ini agar keyboard tidak mudah rusak dan perlu diganti atau diperbaiki.

Trending:  12 Aplikasi Keyboard Android Bergambar, Keren, dan juga Ringan

Cara Memelihara Keyboard Laptop dengan Menyimpannya di Tempat yang Bersih

Selanjutnya Anda bisa lebih berhati-hati saat menyimpan benda yang satu ini. Meskipun bentuknya cukup datar dan mudah disimpan di manapun Anda tetap harus lebih berhati-hati saat menyimpan perangkat ini. Sebaiknya Anda menyimpan di tempat yang bersih dan datar agar tidak mudah kotor dan terjatuh.

Jika memungkinkan Anda bisa selalu menyimpan benda ini pada sebuah tas yang terbuat dari kain yang cukup halus. Tujuannya agar tidak mudah terkena debu dan permukaannya tidak mudah berbenturan dengan benda lainnya. Dengan begitu, setiap bagiannya bisa tetap bersih dan tidak mudah rusak.

Anda bisa menyimpannya di lemari khusus yang tidak terlalu sering dijangkau oleh banyak orang terutama anak-anak. Hal ini akan menambah tingkat keamanan dari penyimpanan laptop meskipun Anda sedang tidak ada di sekitarnya. Laptop bisa disimpan dengan lebih aman tanpa takut terjatuh dan terkena debu secara langsung.

Gunakan Keyboard Eksternal untuk Bermain Game

Selanjutnya Anda bisa menggunakan keyboard eksternal pada saat bermain game di laptop. Hal ini merupakan cara memelihara keyboard laptop yang cukup efektif mengingat penggunaan perangkat ini sudah sangat fleksibel tak terkecuali untuk bermain game. Terlebih perangkat ini lebih fleksibel dan bisa dibawa kemanapun sehingga bermain game bisa lebih menyenangkan.

Keyboard eksternal sudah tersedia untuk bisa Anda gunakan pada saat gaming dengan ketahanan yang lebih baik. Pada saat bermain game keyboard akan digunakan secara terus-menerus dengan jeda waktu yang sangat singkat. Jika digunakan secara terus-menerus dalam waktu yang cukup singkat maka risiko mengalami kerusakan bisa lebih besar.

Anda tentu sangat paham bagaimana cara bermain game yang menggunakan keyboard. Beberapa tombol khusus seringkali ditekan secara terus-menerus dalam durasi yang cukup lama. Hal ini pada dasarnya tidak cukup baik untuk daya tahan keyboard karena bisa mempercepat terjadinya kerusakan.

Trending:  Tips Update Windows 11 Dengan Aman, Cek Hal Pendukung

Bersihkan Secara Rutin

Cara  berikutnya ialah dengan membersihkan bagian tersebut secara rutin. Kotoran dan debu yang menempel di sela-sela tombol keyboard lama-kelamaan akan menimbulkan kerusakan. Kinerjanya akan lebih terhambat jika debu dan kotoran dibiarkan terlalu lama.

Untuk membersihkannya Anda cukup menggunakan kuas halus atau sejenisnya. Gunakan alat ini untuk menyapu setiap debu atau kotoran pada setiap sela-sela tombol. Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya agar tidak terdapat bagian kuas yang tertinggal atau beberapa komponen di sekitar tombol sedikit terganggu setelah dibersihkan.

Bagian ini juga perlu dibersihkan secara rutin bahkan bila perlu dilakukan setiap hari. Semakin sering Anda menggunakannya maka Anda juga harus lebih sering untuk membersihkannya. Bagian keyboard yang kotor tidak hanya rentan terhadap perangkat laptop itu sendiri namun juga bisa berbahaya bagi penggunanya karena bersentuhan langsung dengan tangan.

Lindungi dengan Karet Pengaman

Anda bisa menggunakan salah satu aksesoris yaitu karet pengaman sebagai cara memelihara keyboard laptop. Aksesoris ini merupakan alat penutup yang berbentuk lembaran dari karet yang dapat digunakan untuk melindungi bagian keyboard. Benda ini cukup tipis dan elastis sehingga tidak akan mengganggu pada saat menggunakan keyboard.

Penggunaan karet ini menjadi salah satu cara yang cukup aman dan efektif. Kotoran dan debu tidak akan mudah masuk dan menumpuk di bagian sela-sela tombol. Namun meski begitu Anda tetap harus memperhatikan kebersihan keyboard terutama pada bagian sela-selanya meskipun sehari-hari sering ditutup dengan karet pengaman.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memelihara keyboard laptop agar tetap awet dan tahan lama meskipun digunakan setiap hari. Untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan Anda wajib memelihara dan menggunakan keyboard dengan lebih berhati-hati dan cermat.

Trending:  Yuk Ikuti Beberapa Tips Memilih Laptop Bekas Berikut Ini!

Check Also

Begini Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Laptop saat ini sudah menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu …