Cara Memperbaiki Foto Blur Online: Mempertajam Foto Buram

Cara Memperbaiki Foto Blur Online: Mempertajam Foto Buram

Cara Memperbaiki Foto Blur Online – Bagaimana cara membuat foto buram jadi lebih tajam? Bisakah mengedit foto lama yang buram agar lebih jelas? Apakah ada aplikasi gratis yang bisa memperjelas foto? jika tidak… Apakah ada tools atau situs online yang bisa lakuin itu? Temukan semua jawabannya artikel ini.

Kenangan yang terekam kamera emang membuat pikiran kita jadi teringat kembali masa lalu. Seperti melihat album foto atau video dan merasakan perasaan yang pernah dirasakan menjadi kayak dihidupkan lagi.

Kalian pasti dibikin betah dengan foto-foto lama. Tertawa sendiri dan kemudian tiba-tiba suasana jadi sedih. Melihat seberapa ‘jelek’ kalian sebelumnya dan kemudian dibandingkan dengan keadaan saat ini.

Bernostalgia itu menyenangkan dan kadang juga menyakitkan di waktu yang bersamaan. Apalagi saat lihat orang di foto itu sudah tidak ada lagi. Tetapi hidup harus terus berjalan, bahkan kenangan itu tetap ada selamanya didalam potret buram.

Kalau begitu, apakah bisa untuk mengedit dan memperbaiki file foto yang masih tersimpan yang diambil dengan kamera 1,3 MP atau kamera VGA yang buriknya minta ampun.

Jika kalian pernah menanyakan hal itu, selamat karena kalian sudah datang ke tempat yang tepat. Ada beberapa cara untuk memperjelas foto buram. Mau itu foto lama atau foto baru yang blur kalian bisa memperbaiki nya dengan menggunakan aplikasi ini atau tools online.

Baca Juga: 6 Cara Memperjelas Foto yang Buram Online Terbaik

Cara Memperbaiki Foto Blur dengan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi untuk kalian coba di sini. Kami akan mencantumkannya di bawah ini. Namun yang lebih jelasnya yaitu tentang sebuah aplikasi bernama Remini.

Kami sudah menyiapkan foto yang diambil dengan kamera jadul dan foto buram sebagai uji coba. Jadi kalian bisa menilai sendiri kecanggihan dari aplikasi ini.

1. Remini – Photo Enhancer

Kami pikir aplikasi inilah yang terbaik untuk membuat foto blur menjadi lebih tajam adalah Remini. Kami gak tahu teknologi apa yang digunakan developernya, tetapi untuk hasil fotonya sangat ini memuaskan. Kalian bisa mendownload aplikasi ini secara gratis dari Play Store atau App Store.

Cara mempertajam foto buram dengan aplikasi Remini

  • Download Remini

Tentu saja langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mendownload aplikasi Remini. Buka Play Store atau App Store di HP kalian, lalu cari Remini di kolom pencarian. Tutorial ini menggunakan Android, tetapi untuk pengguna iOS juga bisa melanjutkan membaca karena metodenya hampir sama.

  • Izinkan Akses
Trending:  20 Link Twibbon HUT RI 77 dengan Desain Paling Keren

Setelah aplikasi Remini terinstal, buka aplikasi tersebut. Pada pop-up yang muncul, klik Izinkan akses untuk mengizinkan Remini mengakses pengelola file atau memori telepon.

  • Daftarkan Akun

Selanjutnya, untuk menggunakan layanan aplikasi ini, kalian harus mendaftar akun terlebih dahulu. Daftarnya gratis kok. Nantinya kalian akan mendapatkan kuota 5 kali untuk edit foto per harinya. Tapi jika kalian pengen dapat kuota yang banyak, kalian harus berlangganan sebesar Rp.71.000

  • Fitur Remini

Setelah pengelolaan selesai, dilayar utama nanti akan menampilkan berbagai menu atau layanan atau juga fungsi dari aplikasi Remini. Dalam artikel ini, tujuan kami adalah untuk memperbaiki foto blur secara online dan menggunakan aplikasi, jadi kami hanya akan membahas tentang fitur Enhance saja.

  • Peningkatan Foto Blur

Klik menu Enhance (kalau menggunakan Enhance+ itu berbayar), lalu pilih foto buram yang ingin dipertajam. Ini gratis, jadi kalian harus menonton iklan terlebih dahulu sampai selesai. Jika sudah, nanti akan mendapatkan hasilnya langsung.

  • Bandingkan Foto

Coba cek dan bandingkan foto sebelum dan sesudah retouching. Kalian pasti akan terkejut dengan hasilnya. Coba kalian lihat…

Cara Memperbaiki Foto Blur Online

Catatan: Aplikasi Remini ini membutuhkan koneksi internet karena prosesnya memerlukan alat di servernya. Jadi, jangan lupa siapkan koneksi internet yang stabil untuk mempercepat prosesnya.

Baca Juga: 11 Aplikasi Foto Blur Terbaik untuk Android

2. Snapseed

Aplikasi kedua yang bisa kalian coba setelah Remini adalah Snapseed. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google LLC. Padahal, Snapseed adalah aplikasi yang dibuat untuk mengedit foto seperti pada umumnya, bukan untuk memperjelas foto yang buram.

Tapi, ada beberapa alat yang bisa membantu kalian untuk mempertajam foto yang sedikit ngeblur. Kami juga ragu tentang alat yang kami gunakan ini. Tapi gak ada salahnya kan untuk mencobanya terlebih dahulu. Begini caranya…

  • Download dan instal Snapseed dari Play Store.
  • Buka aplikasi Snapseed lalu izinkan akses ke pengelola file/memori.
  • Klik tanda plus (+) atau tambahkan foto.
  • Saat membuka foto, ada tiga tab di bagian bawah. Klik tab Alat.
  • Klik alat Details, lalu geser ke kanan sampai foto terlihat lebih jelas.
  • Dan selesai.
Trending:  Aplikasi Ucapan Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah Untuk Android

3. Pixlr

Aplikasi berikutnya yang bisa kalian coba adalah Pixlr, yang dikembangkan oleh stock foto 123RF.

Pada saat artikel ini diposting, aplikasinya sudah didownload sebanyak 50 juta kali dengan rating 4,3/5 dari 1,2 juta reviewer.

Seperti Snapseed, aplikasi ini bukan dirancang khusus untuk memperbaiki foto buram, ini adalah rangkaian lengkap editor foto yang bisa membuat foto kalian jadi lebih menarik daripada tidak mengeditnya sama sekali. Memperbaiki foto blur dengan aplikasi ini bisa dibilang cukup mudah meski bukan menggunakan tools online, tapi kami kurang yakin apakah ini alat yang emang kalian cari.

Begini caranya:

  • Download dan instal Pixlr dari Play Store.
  • Buka aplikasi lalu izinkan akses ke memori.
  • Buka foto blur yang ingin kalian pertajam.
  • Dari menu Alat, pilih Penyesuaian. Kemudian sesuaikan tingkat sorot dan kecerahan hingga blur terlihat jelas.
  • Kemudian klik Koreksi Otomatis. Jika kalian beruntung (tergantung pada foto), foto yang buram nanti akan sedikit lebih tajam.
  • Selesai.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Foto Latar Belakang Biru Terbaik

Cara Memperbaiki Foto Blur Online

Bagi kalian yang belum tau, ternyata ada juga situs online yang bisa membantumu untuk memperjelas foto buram.

Situs-situs yang akan kami sebutkan di bawah ini sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memproses foto yang buram, jadi bukan hanya hasilnya yang akan lebih jelas, tetapi juga akan mempunyai resolusi yang lebih tinggi. Penasaran? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Imglarger.com

Situs pertama yang bisa memperbaiki foto blur secara online adalah imglarger.com. Situs ini menawarkan 8 kali percobaan dengan secara gratis, asalkan file foto asli tidak melebihi 5 MB.

Cara menggunakan situs ini sangat gampang. Lihat caranya…

  • Buka imglarger.com.
  • Upload foto blur kalian di sana.
  • Tentukan seberapa besar foto akan diubah ukurannya.
  • Terakhir, klik tombol Mulai.

Tunggu AI memproses fotonya. Jika sudah, tombol start biasanya akan berubah menjadi tombol download.

2. Letsenhance.io

Situs kedua adalah letsenhance.io. Layanan di situs ini kalian harus membayar. Namun, jika ingin mendaftar akun di situs tersebut, kalian bisa menggunakannya secara gratis untuk 5 kali percobaan.

Setelah pendaftaran,

  • Upload foto blur ke letsenhance.io.
  • Di sebelah kanan nanti akan melihat beberapa pengaturan untuk output. Jika kalian baru mencobanya dan tidak tau apa yang harus diubah… ya cukup biarkan saja.
  • Klik tombol Mulai Pemrosesan.
Trending:  7 Daftar Aplikasi Android Anti Sadap Untuk Menjaga Privasi

Tunggu AI memproses foto buram. Setelah selesai, klik tombol gambar atau download. Selesai.

3. Bigjpg.com

Situs ketiga adalah bigjpg.com, ini juga sama seperti yang diatas menggunakan AI untuk mempertajam foto blur pada resolusi lebih tinggi.

Kalau dibandingkan dengan dua situs sebelumnya, situs bigjpg ini terlihat kurang rame. Justru bisa dibilang simple untuk pembuatannya, hanya fokus pada kolom unggah foto.

Bahasa asli situs ini adalah bahasa Inggris. Namun bigjpg sepertinya menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan situs, jadi bahasa yang ditampilkan disini cocok dengan lokasi IP penggunanya. Ya… Walaupun bahasa Indonesianya aneh, tolong dimaklumi saja.

Menggunakan situs ini juga terbilang sangat mudah.

  • Pergi ke bigjpg.com.
  • Unggah foto blur kalian di kotak yang sudah disediakan.
  • Sebuah pop-up pengaturan nanti akan muncul. Kalian hanya perlu menyesuaikannya. Klik tombol OK.

Tunggu AI memproses foto buram. Setelah selesai, klik Unduh.

4. Deep-image.ai

Situs keempat adalah deep-image.ai, situs yang memiliki UI lebih baik dari tiga situs sebelumnya.

Untuk menggunakan situs ini juga kalian harus membayar. Tapi gak usah khawatir. Kalian bisa mencoba layanan ini secara gratis.

Salah satu fitur menarik dari deep-image.ia adalah Google Drive Batch Upload. Dengan fitur ini, AI deep-image.ai bisa memperbaiki beberapa foto blur sekaligus langsung dari folder di Google Drive secara online.

Cara penggunaan situs ini juga sama percis dengan ketiga situs sebelumnya. Cukup upload foto, sesuaikan file outputnya, dan tunggu AI untuk memproses fotonya. Terakhir, klik Download. Selesai.

Baca Juga: 9 Aplikasi Penghapus Background Foto, Mudah Digunakan

5. Imageupscaler.com/deblurring

Situs kelima untuk memperbaiki foto blur online adalah imageupscaler.com/deblurring. Dibandingkan empat situs sebelumnya, UI imageupscaler.com ini tergolong paling ‘primitif’. Dan itu sangat tidak enak dipandang mata.

Namun dari segi hasil, AI imageupscaler.com ini masih bisa bersaing dengan empat situs sebelumnya. Menggunakan situs ini juga cukup mudah. Upload foto kalian, tunggu prosesnya, lalu Download. Selesai.

 

Nah itu adalah cara memperbaiki foto blur online yang bisa kalian coba. Terima kasih untuk kalian yang sudah mengunjungi artikel ini. Mungkin itu saja, semoga bermanfaat ya!

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …