Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah

Saat ini kepopuleran headset kabel sudah kalah dengan headset Bluetooth karena dikenal lebih praktis. Sayangnya, headset nirkabel tersebut terkadang masih mengalami masalah. Contohnya headset bluetooth mati sebelah.

Jadi ketika perangkat output tersebut dinyalakan, tiba-tiba tidak ada suara yang dikeluarkan. Walaupun hanya sebelah saja baik itu bagian kiri atau kanan. Untuk mengatasinya, Anda perlu mencari penyebabnya dulu dan semua informasinya tersaji di bawah ini

Penyebab Headset Bluetooth Mati Sebelah

Berbeda dengan headset kabel, biasanya jika mati sebelah masalah maka besar kemungkinan penyebabnya adalah kabelnya. Namun, pada headset mati sebelah, dapat diakibatkan oleh banyak penyebab seperti diantaranya adalah:

Gagal Terhubung ke Perangkat

Penyebab pertama kondisi error pada headset bluetooth seperti mati sebelah adalah karena gagal terhubung ke perangkat. Jadi walaupun Anda sudah menghidupkan bluetooth sampai melakukan pairing, tetap saja tidak mau terkoneksi.

Kalau tidak terhubung sudah pasti headset tidak akan bisa digunakan. Bisa juga Anda akan mengalami headset mati . Hal seperti pun dapat terjadi untuk semua perangkat baik itu iPhone, laptop, maupun komputer.

Headset Bluetooth Kotor

Baik headset kabel maupun bluetooth jika kondisinya kotor, keduanya sama-sama tak akan mampu bekerja maksimal. Apalagi saat kebetulan kotoran tersebut berada di bagian output suara.

Kotoran bisa menyumbat headset sehingga tidak akan mampu mengeluarkan suara dengan maksimal. Maka wajar jika Anda mengalami headset mati sebelah jika perangkat tersebut sedang kotor. Segera bersihkan jika tidak mau perangkat bertambah rusak.

Kesalahan Pengaturan

Masalah seperti headset bluetooth yang mati satu bagian  juga dapat disebabkan karena kesalahan dalam pengaturan. Khususnya pada bagian keseimbangan audio. Sebagai informasi saja, jika audio punya peran penting agar headset dapat mengeluarkan suara dengan maksimal.

Trending:  6 Keunggulan Nokia Terbaru yang Bisa Anda Nikmati

Artinya, salah pengaturan bisa jadi membuat headset menjadi mati sebelah. Bahkan perangkat tersebut tidak akan mau mengeluarkan suara walaupun sudah dicoba berkali-kali untuk dihidupkan.

Habis Baterai

Berikutnya kelalaian seperti lupa mengisi daya baterai bluetooth juga dapat membuat perangkat tersebut bermasalah. Masih banyak orang yang lupa isi daya hingga baterai drop. Kondisi ini bukan hanya membuat headset mati sebelah, tapi tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah

Mengatasi headset itu sebenarnya tak terlalu sulit. Anda tidak perlu sampai susah-susah membongkar perangkat. Berikut solusi mengatasi headset bluetooth rusak seperti mati sebelah yang bisa Anda coba:

Koneksikan Headset Bluetooth ke HP Lain

Langkah awal, Anda dapat mengkoneksikan dulu headset bluetooth ke HP lain. Apabila tidak ada bisa juga koneksikan ke komputer atau laptop. Tujuannya untuk mengetahui kondisi headset bluetooth tersebut.

Jika nanti saat diuji ke HP lain dan ternyata headset bluetooth masih berbunyi normal keduanya, artinya tidak rusak. Namun, jika dipakai di HP lainnya kondisinya masih tetap yaitu headset mati sebelah, berarti memang perangkatnya sudah rusak.

Apakah Anda mengalami kondisi yang kedua? Jangan panik dulu, karena ada tips lain untuk mengatasinya. Dengan begitu headset bluetooth Anda akan menyala kembali seperti sedia kala.

Putus Lalu Sambungkan Kembali Headset Bluetooth

Merupakan cara mengatasi headset mati satu bagian yang dapat Anda coba berikutnya. Ada kalanya, beberapa perangkat nirkabel seperti headset bluetooth dan lainnya mengalami kendala konektivitas.

Kondisi tersebut membuat headset tidak bisa berjalan dengan maksimal. Solusi paling aman adalah coba putuskan koneksinya dan hubungkan kembali headset bluetooth Anda ke HP. Artinya, koneksi antara headset bluetooth  dengan HP akan diulang kembali.

Trending:  Inilah 9 Cara Agar HP Tidak Ngelag

Biasanya setelah itu dilakukan error akan dapat teratasi. Selain itu cara mengatasi  lainnya adalah Anda putuskan koneksinya dengan HP A misalnya. Lalu hubungkan dengan laptop B.

Setelah itu, putuskan dari laptop B dan kembali koneksikan dengan HP A. Apabila sudah, silahkan coba putar lagu dari HP A. Tes apakah headset bluetooth masih mati sebelah atau telah berjalan normal.

Bersihkan Headset Bluetooth Dari Kotoran

Sudah dijelaskan tadi jika salah satu penyebab headset mati sebelah adalah karena adanya kotoran. Kotoran yang dimaksud bukan hanya dari telinga saja. Namun juga dari debu atau serat yang bisa menyumbat lubang headset.

Jadi satu-satunya solusi adalah membersihkan kotoran tersebut sampai benar-benar bersih. Lalu membersihkannya pakai apa? Anda bisa menggunakan pembersih halus seperti tisu kering.

Apabila matu saat  kondisinya basah, disarankan untuk membersihkannya menggunakan kain microfiber (kanebo). Pasalnya, cairan dalam headset akan lebih mudah terserap oleh kain bahan tersebut.

Pastikan Audio Seimbang

Solusi permasalah headset bluetooth yaitu mati sebelah lainnya adalah pastikan audio sudah seimbang. Hingga sekarang, masih banyak orang yang kurang peduli tentang keseimbangan audio antara headset sebelah kanan dan kiri.

Padahal, jika pengaturannya tidak tepat maka akan sangat memungkinkan terjadi kondisi headset mati sebelah. Bisa juga salah satu headset berbunyi jauh lebih kecil daripada sisi yang lain. Lagipula cara mengatur balancing audio sangat mudah kok.

Kalau di PC/komputer Anda hanya perlu buka speaker di taskbar lalu klik “sound”→”playback”→”headset bluetooth” dan klik “properties”. Setelah itu, klik tab “levels” dan pilih opsi “balance”. Seimbangkan antara opsi L dan R agar jumlahnya sama.

Namun jika headset bluetooth mati  itu saat Anda gunakan pada HP langsung atur saja balancing audio-nya. Pada umumnya ada di menu pengaturan pada aplikasi pemutar music. Bila perlu unduh aplikasi tambahan Equalizer di Play Store maupun App Store.

Trending:  MacBook Pro yang dapat memasangkan silikon Apple dengan RAM 64 GB

Pastikan Headset Bluetooth Dapat Dicas Normal

Terakhir, pastikan headset bluetooth Anda dapat dicas dengan normal. Sebab, jika tak dapat dicas, akan membuat perangkat tersebut kehabisan daya. Sudah pasti headset bluetooth tidak mampu bekerja dengan maksimal seperti mati sebelah.

Itu dia tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah. Jika Anda kebetulan mengalaminya, tak perlu bingung dulu. Kenali penyebabnya dan pilih solusi yang sesuai.

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …