Cukup Mudah! Berikut Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Ada banyak sekali kendala yang sering terjadi pada HP. Salah satunya adalah Hp cepat panas. Di mana memang kendala ini hampir dialami oleh semua orang. Mereka kerap mengeluhkan Hp cepat panas yang ternyata berimbas pada daya baterai yang dimiliki. Tidak heran, banyak orang yang mencari cara mengatasi Hp cepat panas.

Tentu saja, berbagai cara yang ada sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja beberapa di antara mereka tidak konsisten dalam mengatasinya. Sehingga, sering kali gagal mengatasi hal ini. Nah, untuk itu berikut kami sajikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas

Menggunakan Charger Original

Cara mengatasi Hp cepat panas yang pertama adalah dengan menggunakan charger original. Sayangnya, beberapa orang kurang memperhatikan charger Hp. Mereka berpikiran asal tetap bisa mengisi daya. Namun, tahukah kamu jika tidak menggunakan charger original, maka Hp akan cepat panas dan nantinya berimbas pada daya baterai itu sendiri. Tidak heran, jika menggunakan charger palsu, daya baterai Hp menjadi kurang.

Hal yang membuat orang tidak menggunakan charger original adalah harganya yang mahal. Namun, jika dipikirkan lebih lanjut mending membeli charger mahal, daripada charger murah tapi merusak sistem pada Hp. Setidaknya, kamu bisa menghindari atau meminimalisir Hp yang cepat panas.

Melakukan Pengecekan Pada Pengaturan dan Penggunaan WiFi

selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada pengaturan dan pengaturan WiFi. Perlu diketahui bahwa penggunaan WiFi secara terus menerus bisa membuat Hp cepat panas. Hal ini dikarenakan ketika WiFi menyala, maka aplikasi background akan berjalan. Inilah yang membuat Hp menjadi bekerja lebih keras lagi.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengatur penggunaan WiFi dengan menggunakan aplikasi WiFi sleeper atau smart WiFi. Dengan menggunakan aplikasi ini  kamu bisa dengan mudah mengontrol kapan WiFi menyala dan kapan harus mati.

Trending:  Mau Beli HP Second, Tapi Bingung Cari yang Berkualitas? Ikuti Tips Berikut

Kurangi Membuka Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Kemudian, cara mengatasi Hp cepat panas adalah dengan mengurangi membuka aplikasi banyak dalam waktu yang sama. Beberapa orang kadang membuka 2-3 aplikasi secara bersamaan. Sehingga, hal ini membuat Hp bekerja lebih keras dan tentu saja cepat panas.

Membuka aplikasi yang banyak secara bersamaan juga bisa membuat baterai lebih cepat habis dan parahnya, daya baterai juga berkurang. Nah, untuk mengatasi hal itu cobalah untuk tidak membuka aplikasi yang banyak. Jika memang tidak terlalu membutuhkan salah satu aplikasinya, maka bisa menutup aplikasi saja.

Mengistirahatkan HP Setelah Bermain Game atau Streaming

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengistirahatkan Hp setelah digunakan dengan waktu yang cukup lama. Seperti misalnya digunakan untuk bermain game atau streaming. Biasanya, streaming dan bermain game membutuhkan koneksi internet yang sangat kuat. Lama kelamaan hal ini akan membuat Hp menjadi cepat panas dan daya baterainya pun akan lebih cepat habis.

Kamu perlu tau bahwa idealnya, Hp hanya bisa digunakan untuk bermain game atau streaming dengan waktu 1-2 jam saja. Setelah itu, akan lebih baik jika kamu mengistirahatkan Hp sejenak. Setidaknya Hp bisa lebih normal kembali dan suhunya pun akan berkurang.

Mematikan GPS atau Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Cara mengatasi Hp cepat panas yang selanjutnya adalah dengan mematikan GPS atau bluetooth ketika tidak digunakan. Bluetooth dan GPS yang menyala ternyata bisa membuat Hp cepat panas. Hal ini dikarenakan ketika menyala membutuhkan koneksi internet yang kuat.

Matikanlah jika memang tidak terlalu membutuhkan kedua aplikasi ini. Kamu bisa menyalakannya ketika butuh saja. Sehingga, selain Hp tidak cepat panas, kamu juga bisa menjaga kualitas baterainya.

Trending:  7 HP Terbaru Akan Rilis di Pertengahan Tahun 2021

Menghapus File Sampah Secara Berkala

Kemudian, cara yang selanjutnya adalah dengan menghapus file sampah secara berkala. Kebanyakan orang terlalu malas untuk sekedar menghapus file sampah. Padahal lama kelamaan file sampah yang tidak dihapus akan semakin menumpuk. Nantinya jika menumpuk, maka akan membuat CPU dan RAM tidak bekerja secara optimal.

Tidak heran, jika RAM menjadi cepat penuh atau HP menjadi cepat panas. Tentunya kamu harus mengatasi hal ini secara cepat dengan menghapusnya. Jika memang terlalu malas untuk menghapus file sampah, bisa dicicil per hari saja, asalkan tetap berlanjut. Dengan begitu, CPU dan RAM bisa bekerja lebih optimal lagi.

Memperhatikan Ventilasi Saat Menyimpan HP

Hp merupakan salah satu teknologi yang memang selalu dibawa kemana-mana. Di simpan di mana saja, seperti misal tas, saku, dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu bahwa penyimpanan dari Hp ini bisa berpengaruh kepada CPU Hp itu sendiri. Sehingga, cara mengatasi Hp cepat panas berikutnya adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanan Hp.

Pastikan untuk menyimpan Hp di tempat yang memiliki sirkulasi udara atau ventilasi yang cukup. Jika memang terpaksa harus di simpan di tempat yang tertutup, maka sebaiknya keluarkanlah sesekali untuk menjaga suhu HP tetap stabil.

Menghindari HP Terkena Air

Cara yang terakhir adalah dengan menghindari HP terkena air. Jika sampai Hp terkena air, maka akan membuat Hp cepat panas. Bahkan, parahnya Hp akan mengalami kerusakan lain. Tentu saja hal ini akan sangat fatal dan merugikan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin menghindari agar tidak terkena air.

Itulah beberapa cara mengatasi HP cepat panas yang bisa kamu lakukan.

Check Also

Inilah Daftar Masalah Umum Pada Smartphone

Smartphone adalah salah satu teknologi masa kini yang keberadaannya sudah tidak asing lagi. Semua orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.