Begini Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri di Laptop/PC

Kursor merupakan penunjuk dalam komunikasi antar pengguna dan program. Kursor biasanya punya ikon mirip tanda panah, dan dapat digerakkan menggunakan alat seperti mouse. Ada yang tidak tahu cara mengatasi kursor bergerak sendiri?

Masalah ini cukup sering dialami oleh para pengguna laptop maupun PC. Kursor bergerak sendiri secara random dan membuat pengguna sulit mengarahkannya atau sekedar mengklik apa yang dituju.

Kursor bergerak sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari mouse yang rusak, tegangan listrik berlebihan, dan masih banyak lagi. Jika saat ini sedang mengalaminya, berikut cara mengatasi kursor bergerak sendiri di laptop/PC:

Cek Charger Laptop

Perhatikan begitu Anda melakukan pengisian daya laptop. Apakah setelah itu kursor Anda justru bergerak sendiri? Jika benar begitu, ada kemungkinan penyebabnya adalah salah penggunaan charger.

Biasanya, charger yang dipakai tidak asli. Maka salah satu cara mengatasi kursor bergerak sendiri adalah dengan menggunakan charge original. Anda harus tahu tegangan listrik dari charger bawaan dan bukan yang asli itu berbeda.

Bisa jadi, tegangan listrik yang masuk perangkat justru lebih besar dari kebutuhan laptop itu sendiri. Bukan hanya menggunakan charger asli saja. Anda juga dapat mengatasi masalah kursor bergerak sendiri dengan tidak mengecas laptop ketika masih digunakan.

Cek Mousepad (Alas Mouse)

Cara lainnya adalah perhatikan mousepad. Sebelumnya, silahkan bersihkan dulu permukaan mousepad tersebut. Sebab, kadang kala orang malas membersihkan bagian tersebut.

Debu hingga kotoran yang menempel biasanya dapat menyebabkan kinerja kursor jadi makin tidak stabil hingga bergerak sendiri. Lagipula cara membersihkan mousepad sama sekali tidak sulit. Anda cukup menggunakan deterjen saja untuk membersihkannya.

Rendam dalam air kemudian keringkan. Cara mengatasi kursor bergerak sendiri satu ini sangat mudah dilakukan. Walaupun tak sedikit orang yang justru malas karena menganggap masih bersih.

Trending:  Cara Mengatasi Laptop Not Responding!

Periksa Keadaan Mouse

Berikutnya adalah Anda dapat memeriksa keadaan mouse. Bisa jadi penyebab kursor bergerak sendiri adalah kondisi mousenya bermasalah. Entah itu konektornya rusak ada komponen yang perlu diganti, dan sebagainya.

Apabila Anda pengguna mouse yang berkabel, biasanya masalah ada pada terjepitnya kabel mouse. Pergerakan mouse justru menjadi tidak stabil. Sudah cukup banyak yang mencoba cara mengatasi kursor bergerak sendiri dan terbukti berhasil.

Lalu bagaimana jika Anda menggunakan jenis mouse wireless? Periksa lagi mungkin terjadi kerusakan pada konektor USB, baterainya, atau ada mouse wireless lain yang sama? Jika ada komponen yang rusak, ada baiknya Anda membeli yang baru.

Nonaktifkan Trackpad

Cara berikutnya adalah coba Anda menonaktifkan trackpad laptop. Dengan cara ini, kursor bergerak sendiri biasanya dapat langsung kembali seperti semula. Terutama jika memang trackpad laptop memang rusak.

Bagaimana cara menonaktifkan trackpad? Ada kombinasi tertentu yang dimiliki setiap merek laptop. Anda bisa cari informasinya di internet, misalnya laptop MAC kombinasinya Fn + F2, Asus Fn + F3/F7/F9, Dell Fn + F7, dan lainnya.

Restart Laptop atau PC

Anda bisa mencoba cara  dengan cara restart laptop/PC. Masalah seperti itu sebenarnya bukan hanya terjadi karena mouse bermasalah saja. Dapat juga dikarenakan sistem operasi yang error.

Khususnya jika kebetulan Anda menggunakan laptop/PC secara multitasking dalam jangka waktu lama. Apabila memang benar terjadi error sistem, silahkan langsung restart saja perangkatnya.

Akan lebih baik Anda shutdown dulu. Untuk kemudian didiamkan selama beberapa saat dan coba nyalakan lagi. Cara tersebut sangat mudah dilakukan dan sepertinya setiap orang tak akan kesulitan mencobanya.  

Atur Sensitivitas

Bisa juga gangguan kursor pada PC/Laptop Anda disebabkan karena sensitivitas pointer terlalu tinggi. Sehingga kursor pun jadi tidak stabil dan bergerak sendiri secara random. Anda bisa mengatur sensitivitas pointer dengan mudah.

Trending:  3 Brand Laptop Terlaris yang Banyak Digunakan Kalangan Muda

Cara mengatasi kursor bergerak sendiri dengan mengatur sensitivitas pointer ini diawali dengan memilih menu “start”. Setelah itu Anda cari “control panel” lalu klik “hardware and sound”. Lalu klik pilihan “mouse” di bawah opsi “device and printers”.

Nanti akan muncul tab “pointer option”. Baru Anda bisa mengatur kecepatan dan sensitivitas pointer sesuai kebutuhan. Jika sudah, silahkan periksa kembali kondisi kursor, apakah sudah lebih baik atau tidak.

Update Driver Mouse

Cara  berikutnya adalah dengan update driver mouse. Driver yang belum diupdate biasanya akan membuat kursor jadi kurang stabil hingga bergerak sendiri. Langkah-langkahnya pun cukup mudah.

Anda tinggal buka menu “start” dan ketik “device manager” pada kolom pencarian. Jika sudah ketemu, langsung klik dua kali pada menu. Nanti akan muncul tab baru, Anda tinggal klik saja opsi “mise and other pointing device”

Langkah selanjutnya klik kanan mouse yang dipakai lalu pilih “update driver”. Setelah itu klik “search automatically to drivers” dan ikuti proses berikutnya. Silahkan Anda ikuti cara  tersebut karena pasti memberikan hasil terbaik.

Servis Laptop/ PC

Apabila cara-cara sebelumnya sudah dipergunakan tapi tidak juga memberikan hasil, jangan dulu khawatir. Bisa jadi masalah kursor bergerak sendiri yang Anda alami disebabkan karena ada komponen dalam laptop/PC yang rusak.

Maka dalam kasus ini, cara adalah dengan membawanya ke service center. Sehingga, dapat dicek lebih lanjut dan diberikan solusi paling tepat. Jangan lupa untuk membawa ke tempat service terpercaya.

Paling tidak jika tidak mau perangkat Anda malah rusak sepenuhnya. Masalahnya tidak semua orang yang tahu piranti-piranti yang ada dalam laptop/komputer. Hanya yang profesional dan berpengalaman saja.

Trending:  10 Rekomendasi Laptop 2- in- 1 terbaik 2021

Demikian tadi cara mengatasi kursor bergerak sendiri di laptop/PC. Sekarang sudah tahu bukan apa yang harus dilakukan jika mengalami masalah tersebut?

Check Also

Teknik Komputer Jaringan

Teknik Komputer Jaringan Adalah

Istilah TKJ atau Teknik Komputer Jaringan tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian anak muda, …