HP Terinfeksi Virus? Begini Cara Menghapus Virus di Smartphone

Virus di sini memang berdampak seperti virus penyakit. Hanya saja, yang dimaksud virus pada smartphone itu sama dengan virus komputer. Di mana virus ini merupakan suatu program yang menyisip dan menyebar dengan sendirinya. Hal ini menyebabkan efek negatif pada perangkat yang terkena virus. Maka dari itu, jika device sudah terinfeksi virus, kita harus cari cara menghapus virus tersebut.

Seperti yang kita tahu, kalau virus komputer itu menyerang komputer seperti PC atau laptop. Namun, kini virus juga bisa menyerang perangkat smartphone kita, lho. Hal ini karena kini ponsel layaknya komputer yang bisa mengakses ke mana saja dengan adanya internet. Maka dari itu, program seperti virus akan mudah menyisip di antara file yang diterima HP.

Tahu, ‘kan, kalau smartphone itu ada beberapa jenis? Nah, yang paling populer saat ini adalah smartphone Android dan iPhone. Dengan begitu saja, seharusnya kita juga tahu kalau cara menangani perangkat yang terkena virus juga berbeda. Terlebih lagi, smartphone Android memiliki lebih banyak solusi.

Cara menghapus virus di smartphone Android tanpa aplikasi

Cara menghapus virus memakai safe mode

Pertama kita bisa menggunakan safe mode untuk menghapus virus tanpa perlu instal aplikasi antivirus. Untuk masuk ke safe mode sendiri biasanya setiap smartphone itu berbeda-beda. Meski begitu, mayoritas smartphone menerapkan cara yang sama, yaitu kombinasi tombol power dan volume.

Setelah masuk ke safe mode, pilih menu Settings kemudian pilih Applications. Di situ tertera aplikasi-aplikasi yang sudah kita instal di smartphone. Namun, ada juga aplikasi yang terasa aneh atau mencurigakan di sana. Nah, uninstal aplikasi tersebut, ya, karena bisa jadi itu virus. Cara dengan menggunakan safe mode mudah, ‘kan?

Trending:  Mau Beli HP Second, Tapi Bingung Cari yang Berkualitas? Ikuti Tips Berikut

Jika aplikasi tersebut tidak bisa di-uninstall maka kita perlu masuk ke administrator-nya. Caranya sendiri dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih Security, kemudian pilih Device Administrator. Hapus akses administrator dari aplikasi mencurigakan tersebut, lalu coba kembali uninstall aplikasinya. Setelah selesai semuanya, kita bisa restart smartphone untuk keluar dari safe mode, ya.

Reset Smartphone

Untuk cara menghapus virus dengan reset smartphone, sebenarnya sangat tidak disarankan. Sebab, resikonya terlalu besar karena bukan hanya virus, tapi semua data yang ada di HP akan ikut hilang. Namun, jika memang tidak ada cara lain, lebih baik data penting yang ada di smartphone di-backup dulu, ya.

Untuk caranya sendiri, kita hanya perlu masuk ke menu Settings, kemudian pilih Backup & Reset. Setelah itu, pilih Factory Data Reset, lalu Reset Phone. Tunggu hingga prosesnya selesai, ya, dan pengaturan smartphone akan kembali ke pengaturan awal.

Cara menghapus virus memakai Avast

Untuk cara dengan aplikasi, kita perlu mengunduh dan menginstal aplikasi antivirus di smartphone. Nah, untuk menghapus virus, yang pertama kita bisa menggunakan aplikasi Avast. Pasti sudah tahu, ‘kan, kalau Avast merupakan salah satu antivirus terbaik? Nah, sekarang ada versi mobile-nya, lho.

Untuk menjalankan Avast versi mobile-nya sangatlah mudah. Setelah selesai instal, kita buka aplikasinya, kemudian klik tombol mulai. Kita akan masuk ke menu pemindaian. Jika ingin memindai virus, tinggal tap tombol Scan dan tunggu proses selesai. Nanti akan teridentifikasi ada virus atau tidak. Kita bisa klik resolved untuk menghapus virus tersebut.

Malwarebytes

Cara menghapus virus dengan Malwarebytes ini sama mudahnya dengan menggunakan Avast, lho. Setelah selesai menginstal, buka aplikasi Malwarebytes di smartphone. Selanjutnya bisa langsung klik tombol Scan dan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah dan ada virus maka bisa klik tombol bersihkan untuk menghapus virus, ya.

Trending:  Spesifikasi, Keunggulan, Kekurangan dan Harga HP POCO X3 Pro 2022

Clean Master

Pasti kebanyakan tahunya Clean Master merupakan aplikasi pembersih sampah atau cache, ‘kan? Itu tidak salah, tapi ternyata Clean Master bisa juga membersihkan virus, lho. Langkah pertamnya masih sama, yaitu men-download dan menginstal aplikasi Clean Master di smartphone.

Setelah itu, buka aplikasi dan tekan tombol Antivirus. Maka, secara otomatis, proses pemindaian mulai berjalan. Setelah selesai dan ada virus, Clean Master secara otomatis akan merekomendasikan menghapusnya. Kita bisa langsung menyetujuinya, Nah, cara menghapus virus dengan Clean Master ini perlu dilakukan secara berkala, ya.

Cara menghapus virus di iPhone

menghapus riwayat dan data web

Cara pertama ini dengan membersihkan semua riwayat dan data web. Caranya sendiri dengan buka menu pengaturan, lalu pilih Safari. Setelah itu, klik Bersihkan Riwayat dan Data Situs Web.

me-restore iPhone

Cara menghapus virus yang satu ini mengharuskan kita menghubungkan iPhone dengan Mac. Setelah itu, buka iTunes dan gunakan fitur Restore iPhone/iPad. Ini membuat iPhone kita kembali ke pengaturan pabrik, ya. Jadi, sebelum me-restore sebaiknya backup data penting terlebih dahulu.

Cara menghapus virus dengan me-reset iPhone

Sama dengan sebelumnya, cara ini juga membuat semua data dan aplikasi terhapus. Jadi, jangan lupa backup dulu, ya. Caranya sendiri dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih General. Setelah itu, pilih menu Reset dan tap Erase All Content and Settings.

Itulah cara menghapus virus dari dua tipe smartphone. Ternyata ada banyak cara untuk membersihkan HP kita dari virus, ya. Tapi, lebih baik jika dari awal kita mulai melindungi smartphone dari filefile yang tidak dikenal.

Check Also

Inilah Daftar Masalah Umum Pada Smartphone

Smartphone adalah salah satu teknologi masa kini yang keberadaannya sudah tidak asing lagi. Semua orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.