Cara Menyimpan Video di Instagram ke Galeri dengan Mudah

Cara Menyimpan Video di Instagram ke Galeri dengan Mudah

Instagram adalah salah satu platform media sosial populer di Indonesia, terutama di kalangan muda. Di platform ini, pengguna bisa meng-upload foto dan video dengan berbagai efek dan filter untuk dibagikan dengan teman dan pengikut. Namun, sayangnya belum semua pengguna tahu bagaimana cara menyimpan video di Instagram ke galeri smartphone mereka. Padahal, mengunduh video dari Instagram bisa sangat berguna untuk koleksi pribadi ataupun konten bermanfaat yang ingin disimpan. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa metode sederhana cara menyimpan video di Instagram ke galeri.

Setelah mengetahui beberapa alasan penting mengapa Anda perlu menyimpan video di Instagram ke galeri, pada artikel ini kami akan memberikan panduan cara menyimpan video di Instagram ke galeri. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Cara Menyimpan Video di Instagram ke Galeri dengan Mudah

Baca Juga: Cara Menyimpan Filter Instagram, Sangat Mudah

Cara Menyimpan Video di Instagram ke Galeri dengan Mudah

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama untuk menyimpan video di Instagram ke galeri adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh dari Play Store atau App Store, seperti Video Downloader for Instagram, FastSave, dan InstaSave. Setelah mengunduh aplikasi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyimpan video tersebut ke galeri.

2. Gunakan Fitur Download di Instagram

Instagram sendiri punya fitur download yang memungkinkan Anda untuk menyimpan foto atau video dari akun yang Anda follow ke galeri. Untuk menggunakan fitur tersebut, buka Instagram dan pilih video yang ingin Anda simpan. Setelah itu, ketuk tombol tiga titik di sisi kanan atas video tersebut dan pilih “Simpan”.

3. Cara Mudah dengan Screenshot

Jika Anda tidak ingin ribet mengunduh aplikasi atau menggunakan fitur download, Anda bisa menyimpan video di Instagram ke galeri dengan cara screenshot. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan pada perangkat Anda saat video sedang diputar. Setelah itu, Anda bisa crop gambar screenshot menjadi video dan menyimpannya ke galeri.

4. Menggunakan Layanan Online

Selain aplikasi pihak ketiga, ada juga layanan online yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan video di Instagram ke galeri. Beberapa situs yang bisa Anda gunakan, seperti DownloadGram, InstaDownloader, dan Download Instagram Videos. Anda cukup memasukkan URL video yang ingin disimpan ke galeri dan mengikuti tahapannya.

5. Menyimpan Video dari IGTV

Selain video yang ada di feed Instagram, Anda juga bisa menyimpan video dari IGTV ke galeri Anda. Untuk menyimpan video dari IGTV, letakkan cursor pada video dan pilih “Simpan Video” pada pilihan yang muncul.

6. Gunakan Fitur Story Highlights

Fitur Story Highlights memungkinkan Anda untuk menyimpan video-story ke galeri dengan mudah. Untuk menggunakan fitur tersebut, buka highlight yang akan disimpan dan pilih salah satu video yang ingin disimpan. Setelah itu, ketuk opsi tiga titik di sisi kanan atas dan pilih “Simpan”.

7. Menggunakan Aplikasi Instagram Versi Lama

Jika cara-cara di atas tidak berhasil atau kurang memuaskan, Anda bisa menggunakan aplikasi Instagram versi lama yang masih memiliki fitur Save Video. Namun, pastikan Anda mengunduh aplikasi tersebut dari sumber yang terpercaya dan aman.

8. Cara Mudah untuk iPhone

Bagi pengguna iPhone, untuk menyimpan video di Instagram ke galeri, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini: ketuk video yang ingin disimpan, lalu tekan tombol share (tanda panah atas), dan pilih “Save Video”.

9. Cara Mudah untuk Android

Sedangkan untuk pengguna Android, Anda cukup menekan tombol titik tiga di bagian atas layar video, lalu pilih “Copy Link”. Setelah itu, buka browser dan kunjungi situs “Insta Downloader”, lalu tempelkan link video dan tekan “Download”.

10. Cara Simpan Video dengan Kualitas Tinggi

Jika Anda ingin menyimpan video dengan kualitas terbaik, pilih aplikasi atau layanan yang mendukung pengunduhan video dengan resolusi tinggi. Dengan demikian, Anda bisa menikmati video di galeri dengan kualitas yang memuaskan. Namun, pastikan perangkat Anda memiliki kapasitas memori yang cukup untuk menyimpan video dengan kualitas terbaik.

Baca Juga: Cara Menyimpan Foto di Instagram ke Galeri

10 Cara Menyimpan Video di Instagram ke Galeri

Mungkin kamu kesulitan untuk menyimpan video di Instagram ke galeri ponsel. Hampir semua orang pasti ingin menyimpan video yang dianggap menarik untuk dilihat kembali, tetapi sayangnya Instagram tidak menyediakan tombol download untuk video. Oleh karena itu, kami akan membahas 10 cara mudah untuk menyimpan video di Instagram ke galeri ponsel.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Video Downloader for Instagram atau InstaSave. Cara ini sangat mudah, cukup copy link video yang ingin Anda simpan dan paste pada aplikasi tersebut, kemudian video akan terunduh dengan sendirinya.

2. Screenshot Video Instagram

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengambil screenshot ponsel saat video diputar. Namun, kelemahan cara ini adalah Anda hanya akan memiliki gambar dari video tersebut, bukan file video asli.

3. Ekspor Video dengan Menggunakan Fitur Instagram

Instagram memiliki fitur pengunduhan video yang dapat digunakan ke Galeri. Cara ini sangat mudah, cukup pilih video yang ingin disimpan, kemudian tekan tombol Mengirim ke aplikasi yang terletak di pojok kanan bawah. Selanjutnya, pilih Opção “Salvar vídeo”.

4. Copy Link Video ke Browser dan Download dengan Aplikasi

Anda juga dapat memilih opsi lain yaitu, copy link video ke browser dan kemudian download video ke galeri dengan aplikasi download video seperti TubeMate atau Vidmate.

5. Menggunakan Web Tangram

Tangram adalah salah satu situs unduhan video Instagram tanpa harus login akun Instagram. Anda cukup copy link video dan paste ke halaman web Tangram, lalu pilih opsi download.

6. Gunakan InstaDownloader Online

Jika Anda ingin menyimpan video di Instagram secara online, Anda dapat menggunakan InstaDownloader. Anda cukup copy link video dan paste pada layar InstaDownloader, kemudian unduh video tersebut.

7. Gunakan IGSave

Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda menyimpan video di Instagram ke galeri adalah IGSave. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan didesain khusus untuk menyimpan video di Instagram.

8. SnapSave

SnapSave adalah salah satu aplikasi populer yang digunakan untuk menyimpan video dari Instagram ke galeri. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu login akun Instagram Anda, kemudian pilih video yang ingin disimpan.

9. Jangan Menggunakan Aplikasi yang Tidak Terpercaya

Pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi yang terpercaya. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal agar data pribadi Anda aman dan terhindar dari malware.

10. Simpan Video dengan Menambahkan ke Pengingat Bookmark

Anda juga dapat menyimpan video di Instagram dengan menambahkannya ke Pengingat Bookmark di aplikasi Instagram. Caranya sangat mudah, cukup tekan opsi Pengingat Jangan Lupa, lalu pilih tanda tambah dan pilih video yang ingin disimpan.

Baca Juga: Cara Ngerepost Story Instagram, Panduan Lengkap

Metode-metode Menyimpan Video Instagram ke Galeri dengan Mudah

Setelah mengetahui mengenai pentingnya menyimpan video Instagram ke galeri, kini saatnya untuk membahas metode-metode yang dapat digunakan untuk melakukannya. Berikut beberapa metode yang dapat kamu coba:

1. Menggunakan Fitur Download Instagram

Instagram pada dasarnya menyediakan fitur tersendiri yang memungkinkan pengguna untuk mendownload video atau foto yang sedang dilihat. Fitur ini dapat diakses dengan mudah, berikut caranya:

  1. Buka Instagram dan temukan video yang ingin diunduh di feed atau story.
  2. Klik tombol tiga titik di sudut kanan atas video tersebut.
  3. Pilih opsi “unduh”.
  4. Setelah itu, video akan disimpan secara otomatis ke galeri HP kamu.

Fitur ini memang sangat mudah digunakan, namun sayangnya tidak semua versi Instagram menyediakan fitur ini. Jika fitur ini belum tersedia di versi Instagram kamu, kamu bisa coba metode berikutnya.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan Instagram, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan video dari Instagram ke galeri. berikut adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan:

Nama Aplikasi Link Download
Video downloader for Instagram – Repost Instagram Download di Play Store
InstaSave – Download Instagram Video, Photo, IGTV Download di Play Store
Story saver – Video downloader for Instagram Download di Play Store

Unduh salah satu aplikasi tersebut, kemudian buka aplikasinya dan ikuti instruksi yang ada untuk dapat mengunduh video dari Instagram secara mudah.

3. Menggunakan Perangkat Komputer

Metode terakhir yang bisa kamu coba ialah dengan menggunakan perangkat komputer. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan download video dari Instagram pada perangkat komputer kamu terlebih dahulu, lalu kirim video tersebut ke HP kamu via email atau transfer file. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Instagram di perangkat komputer mu.
  2. Cari video yang ingin kamu unduh dan klik tombol tiga titik di sisi kanan atas video itu.
  3. Pilih “Copy link”.
  4. Buka situs y2mate.com atau savefrom.net.
  5. Tempatkan tautan yang telah disalin tadi dalam kolom download pada situs tersebut dan tekan enter.
  6. Pilih resolusi video yang akan didownload (semakin tinggi resolusi, semakin besar pula ukuran filenya).
  7. Setelah video diunduh, kirim video tersebut ke HP kamu.

Itulah beberapa metode yang bisa kamu coba untuk menyimpan video dari Instagram ke galeri HP kamu. Pilih metode yang paling mudah dan efektif untuk kamu gunakan. Jangan lupa untuk asah kemampuan kamu dalam menggunakan teknologi yang ada agar kamu bisa lebih produktif.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan DM di Instagram, Praktis dan Mudah

Terima Kasih Telah Membaca dan Selamat Mencoba!

Sekarang kamu sudah tahu cara menyimpan video di Instagram ke galeri ponsel kamu. Mudah bukan? Jangan lupa untuk mencoba tips ini dan semoga bermanfaat bagi kamu yang suka mengunduh video Instagram. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk kunjungi lagi situs kami untuk berbagai tips dan trik menarik lainnya! Sampai jumpa!