Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop Tetap Awet

Laptop memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali dibawa kemana-mana sebagai kebutuhan dan kelengkapan dalam bekerja ataupun belajar. Tidak hanya itu laptop juga sering digunakan untuk bermain game, membuat konten, dan lainnya sehingga untuk membuatnya awt penting mengetahui Cara merawat baterai laptop.

Benar-benar memiliki peran penting di tengah era globalisasi saat ini. Salah satu masalah yang seringkali dirasakan pengguna laptop adalah baterai laptop yang seringkali cepat habis karena tidak dirawat dengan benar. Lalu, bagaimana cara merawat baterai laptop? Simak caranya di bawah ini.

Cara Merawat Baterai Laptop

Cara perawatan baterai laptop sangat perlu diketahui, selain menjaga baterai bisa bertahan lama juga membantu laptop tetap sehat. Kita harus bisa merawat yang dimiliki agar mesin tetap bisa bekerja dengan bagus, tidak lemot. Untuk itu ketahui cara merawat baterai laptop berikut ini.

Hindari Overheat

Menggunakan laptop secara terus menerus seperti menonton film, bermain game, atau kegiatan lainnya tanpa memberikan Istirahat pada laptop membuat suhu laptop meningkat. Apalagi tanpa didukung kipas laptop yang memadai akan membuat laptop kepanasan. Suhu yang meningkat inilah mengakibatkan penggunaan baterai menjadi meningkat. Usahakan untuk selalu menjaga suhu laptop karena udara yang terlalu panas atau dingin sekali akan meningkatkan kinerja mesin laptop sehingga menguras banyak baterai.

Tidak Menggunakan Banyak Aplikasi

Untuk menjaga suhu laptop tetap aman hindari penggunaan banyak aplikasi pada satu waktu, itu membuat laptop bekerja begitu keras dan membuat baterai cepat terkuras. Pastikan tutup aplikasi yang tidak penting dan tidak kami gunakan, jangan biarkan jendelanya terbuka. Selalu perhatikan bagian hardware serta software laptop agar tetap terjaga keawetannya.

Trending:  Ketahui Laptop Keluaran Terbaru 2022!

Jangan Buat Laptop Mati Total

Seringkali merasa malas untuk mencas laptop dan tetap menggunakannya sampai laptop mati sendiri secara total. Dampak buruk dari perbuatan ini membuat kualitas baterai menurun drastis dan bisa berakibat begitu fatal. Hal itu disebabkan Laptop yang mati secara total dapat merusak komponen baterai dalam laptop tersebut. Untuk itu pastikan selalu mengisi daya laptop paling rendah jumlah baterai 20%.

Atur Cahaya Laptop

Pastika  laptop selalu memiliki pencahayaan yang cukup. Maksudnya tidak terlalu terang karena hal ini sangat berpengaruh dan bisa membuat baterai laptop cepat habis. Selain menjaga kualitas baterai juga menjaga kualitas laptop serta menjaga mata tetap sehat. Tentu saja selain menjaga kualitas laptop kita juga harus menjaga kesehatan diri sendiri terutama mata yang merupakan aset berharga.

Cabut Baterai Jika Sudah 100%

Tidak hanya berlaku untuk ponsel atau hp, mencabut baterai laptop yang sudah mencapai 100% sangat berpengaruh terhadap kualitas laptop. Jangan biarkan laptop terisi daya semalaman atau lebih lama dari yang seharusnya. Selalu ingat dalam berapa jam laptop akan terisi penuh dan bisa digunakan kembali. Siklus seperti ini akan sangat membantu menjaga baterai tetap awet dan mesin tetap sehat.

Update Software

Selain memerhatikan bagian hardware perhatian juga software di dalamnya. Melakukan pembaruan software secara berkala sesuai dengan perintah laptop bisa membuat baterai laptop menjadi lebih awet. Hal ini, update-an tadi akan mengoptimasi penggunaan resource program, memperbaiki bug pada laptop, dan secara tidak langsung juga membuat baterai laptop menjadi lebih panjang. Untuk itu selalu update aplikasi, windows atau sistem laptop untuk memaksimalkan kualitas laptop baik hardware maupun software.

Trending:  Keunggulan MSI GF63, Laptop Gaming Yang Banyak Dicari

Aktifkan Power Saver

Saat ini banyak laptop yang memiliki fitur power saver bertujuan untuk menyimpan atau menghemat daya baterai, bisa digunakan pada saat-saat penting menggunakan laptop. Sangat penting mengaktifkannya karena sangat membantu baterai agar tetap awet. Caranya pun cukup mudah; klik ikon baterai dibagaian pojok kanan bawah(tergantung laptopnya), kemudian pilih power saver. Selesai sudah baterai laptop bisa menjadi lebih awet dari sebelumnya.

Pakai Charge Asli

Selanjutnya selalu gunakan charge asli saat mengisi daya baterai selain menjaga tetap awet, penggunaan cahrge asli tidak hanya menjaga tetap awet tapi juga membuat proses mengisi daya laptop menjadi lebih cepat penuh. Usahakan tidak meminjamkan charger kepada orang lain terutama laptop berbeda, itu bisa membuat charger menjadi lebih cepat rusak dan daya isinya menjadi berkurang.

Matikan Saat Di Charge

Selain menggunakan charge asli, matikan juga laptop saat diisi daya bertujuan membuat baterai lebih cepat penuh. Selain itu juga mematikan laptop saat discharge seperti memberikan ruang beristirahat karena terus-terusan digunakan atau dioperasiakan jadi, tidak hanya membuat baterai awet juga membuat software dan hardware tetap aman.

Simpan Dengan Baik

Menjaga laptop juga harus menaruhnya ditempat yang baik. Tidak ditaruh disembarang tempat, bisa saja terinjak, tertimpa sesutu, atau bahkan terkena tumpahan air. Hal-hal inilah yang akan merusak komponen dalam laptop baik hardware maupun software di dalamnya. Rawatlah laptop dengan sebaik mungkin, mulai dari memerhatikan tempat penyimpanannya.

Mengetahui cara merawat baterai laptop tadi harus segera dipraktekkan agar laptop bisa berfungsi sebaik mungkin dan tidak mudah cepat rusak. Menggunakan laptop secara berlebihan selama berjam-jam sangat berpengaruh pada laptop bahkan juga kesehatan mata.

Trending:  Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar Spek Yang Terbaik

Maka dari itu, selain menjaga kualitas laptop tetap baik perhatikan juga kesehatan diri sendiri, bisa dengan menggunakan kacamata antiradiasi saat menggunakan laptop atau bisa mengurangi jam penggunaannya.

Misalnya dijadwalkan sehari berapa jam memainkan laptop atau memberikan jeda setiap satu jam sekali. Gunakan waktu libur untuk merefresh mata, bisa dengan melihat pemandangan alam sekitar.

Demikianlah informasi mengenai cara merawat baterai laptop yang penting untuk Anda ketahui

Check Also

Tips Memilih PC Komputer yang Penting Untuk Diperhatikan

Di era serba digital seperti saat ini, perangkat teknologi seperti smartphone hingga PC komputer menjadi …