Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

Jika Anda sering bekerja dengan laptop, mungkin Anda pernah merasa bahwa kecerahan layar terlalu terang dan mengganggu mata. Terutama jika Anda bekerja pada malam hari atau di tempat yang minim cahaya, kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat menjadi masalah. Beruntung, Windows 10 memiliki opsi untuk mengatur kecerahan layar. Berikut adalah panduan tentang cara meredupkan layar laptop Windows 10.

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

Mengatur Kecerahan Layar Secara Manual

Anda dapat mengatur kecerahan layar secara manual menggunakan tombol pengaturan yang tersedia di keyboard laptop. Biasanya, tombol tersebut memiliki ikon matahari kecil dan tombol +/- untuk menyesuaikan kecerahan. Namun, cara ini bisa jadi kurang akurat, terutama jika Anda membutuhkan kecerahan yang sangat rendah.

Baca Juga: Cara Mudah Menggunakan Scroll di Laptop

Mengatur Kecerahan Layar Melalui Settings

Cara yang lebih akurat untuk mengatur kecerahan layar adalah melalui pengaturan Windows 10. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Settings

Pertama-tama, buka Settings dengan cara menekan tombol Windows + I pada keyboard.

2. Pilih System

Setelah masuk ke Settings, pilih opsi System.

3. Pilih Display

Pilih opsi Display di bagian kiri jendela Settings.

4. Pilih Brightness and Color

Klik opsi Brightness and color di bagian kanan jendela Settings.

5. Atur Kecerahan Layar

Pada bagian Brightness, geser slider ke kiri untuk meredupkan layar laptop Windows 10, atau ke kanan untuk menambah kecerahan. Geser hingga mencapai kecerahan yang Anda inginkan.

Mengatur Kecerahan Layar Melalui Action Center

Selain melalui pengaturan Windows, Anda juga dapat mengatur kecerahan layar melalui Action Center. Berikut adalah caranya:

1. Buka Action Center

Buka Action Center dengan cara mengklik ikon speech bubble di taskbar atau dengan menekan tombol Windows + A pada keyboard.

2. Klik Brightness

Klik ikon Brightness di bagian bawah jendela Action Center.

3. Atur Kecerahan Layar

Pilih kecerahan yang Anda inginkan dengan mengklik salah satu opsi yang tersedia.

Mengatur Kecerahan Layar Otomatis

Windows 10 juga memiliki opsi untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis, sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar laptop. Cara ini dapat membantu menghemat baterai dan membuat mata lebih nyaman.

1. Buka Settings

Buka Settings dengan cara menekan tombol Windows + I pada keyboard.

2. Pilih System

Pilih opsi System di jendela Settings.

3. Pilih Display

Pilih opsi Display di bagian kiri jendela Settings.

4. Aktifkan Opsti “Change brightness automatically when lighting changes”

Geser slider di bawah opsi “Change brightness automatically when lighting changes” ke posisi On.

Baca Juga: Cara Ngeblok Tulisan di Laptop, Panduan Lengkap

Mematikan Layar Laptop

Jika Anda ingin benar-benar meredupkan layar laptop Windows 10, Anda dapat mematikan layar secara total. Namun, ini hanya disarankan jika Anda tidak akan menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama, karena mematikan layar akan mematikan semua aktivitas di laptop.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain opsi-opsi di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur kecerahan layar. Beberapa aplikasi populer untuk mengatur kecerahan layar di Windows 10 antara lain f.lux, Dimmer, dan Redshift.

Tips untuk Mengurangi Kecerahan Layar

Selain mengatur kecerahan layar, ada beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kecerahan layar dan membuat mata lebih nyaman saat menggunakan laptop:

1. Mengatur Warna Layar

Warna layar yang terlalu terang dapat membuat mata cepat lelah. Mengatur warna layar menjadi lebih hangat atau lebih netral dapat membantu mengurangi kecerahan layar. Anda dapat mengatur warna layar di pengaturan Windows 10.

2. Mengurangi Cahaya di Sekitar Laptop

Mengurangi cahaya di sekitar laptop dapat membantu membuat mata lebih nyaman. Anda dapat mematikan lampu atau menutup tirai jika sedang bekerja di ruangan yang terlalu terang.

3. Menggunakan Kacamata Anti Silau

Jika Anda sering merasa silau saat menggunakan laptop, Anda dapat menggunakan kacamata anti silau untuk melindungi mata Anda dari cahaya yang terlalu terang.

4. Beristirahat secara Teratur

Beristirahat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata. Cobalah untuk mengambil istirahat setiap 20-30 menit, dan fokuskan pandangan pada objek yang jauh selama beberapa detik untuk merelaksasi mata.

Kesimpulan

Meredupkan layar laptop Windows 10 adalah cara yang efektif untuk membuat mata lebih nyaman saat bekerja dengan laptop. Anda dapat mengatur kecerahan secara manual, melalui pengaturan Windows, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti tips-tips di atas untuk mengurangi kecerahan layar dan menjaga kesehatan mata.