Cara Pinjam Uang KUR BRI Berikut Syarat, Bunga, Dan Tabel Angsuran

KUR BRI adalah pinjaman BRI yang memberikan solusi pembiayaan usaha kecil dan menengah UMKM dari pemerintah sejak 2017, sampai saat ini. Keunggulan dari pinjaman KUR BRI adalah bunganya yang rendah sekitar 6% efektif setahun. Bagaimana cara mengajukan Kredit BRI KUR supaya disetujui ? Apa sarat pengajuan pinjaman KUR BRI ?

Di era globalisasi ini banyak masyarakat yang memilih untuk mengambil langkah dari pegawai di perusahaan menjadi seorang pengusaha. Selain tidak memiliki ikatan waktu dan tuntutan tanggungjawab dengan pihak lain, usaha juga memiliki prosfek yang sangat bagus untuk kedepanya dan dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

Setiap bidang usaha diperlukan modal juga skill mumpuni. Apabila tidak diimbangi oleh dua faktor tersebut usaha kamu kemungkinan tidak akan bertahan lama.

Apa Pinjaman KUR?

Demi menstabilkan ekonomi, sejak 2017 Pemerintah Indonesia meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Tujuan dari KUR adalah memberikan akses kredit, inklusi keuangan, kepada para pengusaha kecil menengah yang selama ini tidak bisa mengambil kredit ke bank.

Dalam rangka pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK), penciptaan lapangan kerja, dan penanggulangan kemiskinan, Pemerintah menerbitkan Paket Kebijakan yang bertujuan meningkatkan Sektor Riil dan memberdayakan UKMK.

Upaya peningkatan akses pada sumber pembiayaan antara lain dilakukan dengan memberikan penjaminan kredit bagi UMKMK melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup

UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif antara lain: perindustrian, pertanian, perikanan dan kelautan, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam.

Penyaluran pinjaman KUR dapat dilakukan secara langsung, maksudnya UMKM dan Koperasi dapat langsung mengakses KUR di Kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu Bank Pelaksana.

Untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada usaha mikro, maka penyaluran KUR dapat juga dilakukan secara tidak langsung, maksudnya usaha mikro dapat mengakses KUR melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP/USP Koperasi, atau melalui kegiatan linkage program lainnya yang bekerjasama dengan Bank Pelaksana.

TRENDING:  5 Saham EV Terbaik Untuk Dibeli

Cara Dan Syaratnya Pinjam KUR BRI

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, saat ini baru sekitar 20 persen usaha ultra mikro yang memiliki akses pembiayaan.

“Mudah-mudahan kita bisa melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya yang semurah mungkin,” kata Sunarso sebagaimana yang dikutip dari Kontan.co.id, Senin (08/02/2021).

Dia menjelaskan, usaha ultra mikro berada di bawah usaha mikro, dengan ticket size-nya di bawah Rp 10 juta. Tenor pinjaman bisa lebih pendek, karena banyak dari pelaku usaha ultra mikro kebutuhan pinjamannya harian.

Syarat pengajuan KUR BRI tanpa agunan 2021

Dirangkum dari laman resmi BRI, syarat pengajuan KUR BRI tanpa agunan 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Individu (perorangan)
  2. Mempunyai usaha yang telah berjalan minimal selama 6 (enam) bulan
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dll dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  5. Persyaratan administrasi yang harus dilengkapi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)
  6. Suku bunga dan plafon
  7. Dalam KUR Mikro, BRI menyediakan maksimal pinjaman hingga Rp 50 juta. Selain itu, suku bunga yang diterapkan cukup ringan yakni 6% pa.

Sementara untuk jangka waktu pinjaman cukup fleksibel yakni 12, 18, dan 24 bulan.

Fasilitas KUR Mikro BRI ini juga bebas biaya administrasi dan provisi.

Cara mendapatkan KUR BRI tanpa agunan

Untuk Cara dan langkah mendapatkan KUR BRI tanpa agunan adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi laman kur.bri.co.id
  • Pilih “Ajukan Pinjaman”
  • Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah mempunyai akun. Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa Daftar terlebih dahulu.
  • Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI lalu klik “Setuju”
  • Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online. Di antaranya berisi tentang Profil kamu, Profil Usaha, Unggah Dokumen, dan Data Pengajuan.