Mengontrol HP dari Jarak Jauh? Begini Cara Remote HP

HP atau ponsel kini tidak hanya untuk komunikasi saja, tapi bisa digunakan untuk berbagai hal. Namun, namanya juga HP, secanggih apapun fungsinya tidak bisa menyamakan fungsi laptop. Meski begitu, ternyata HP dan laptop bisa saling berkolaborasi, lho. HP atau lebih dikenal dengan smartphone ini ternyata bisa dikendalikan melalui laptop. Nah, mau tahu cara remote HP melalui laptop?

Mengontrol atau mengendalikan HP jarak jauh memang terkesan ribet, ‘kan? Kalau bisa digunakan secara langsung, kenapa harus dikontrol melalui perangkat lain? Untuk hal ini, ada beragam alasan sehingga mengharuskan HP dikendalikan jarak jauh. Salah satunya adalah ketika ingin mempresentasikan ke banyak audiens melalui ponsel. Namun, untuk mengontrol HP dari jarak jauh, memerlukan bantuan aplikasi, ya.

Cara remote HP dari PC

Cara remote HP memakai TeamViewer

Pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini, ‘kan? Ternyata TeamViewer bukan hanya bisa digunakan ke sesama laptop, lho. Kita juga bisa menggunakannya antara smartphone dengan PC, ya. Maka dari itu, dengan menggunakan TeamViewer bisa menjadi alternatif cara remote HP.

Nah, untuk memulainya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi TeamViewer. Untuk di PC atau platform desktop lainnya, aplikasinya namanya sama, yaitu TeamViewer. Namun, jika smartphone Android, kita bisa men-download di Playstore dengan nama TeamViewer Quick Support. Di sini, PC sebagai pengendali dan HP sebagai yang dikontrol, ya. Setelah selesai diunduh maka langkah selanjutnya adalah menginstalnya.

Setelah selesai menginstal, kondisikan TeamViewer pada HP agar bisa dikontrol melalui PC. Jangan lupa untuk mengganti Access Control menjadi Full Access, ya. Selain itu, perlu diingat juga kalau cara remote HP yang satu ini memerlukan akses internet. Jadi, pastikan jika ingin mengendalikan HP dari jarak jauh memakai TeamViewer, koneksi internetnya lancar, ya.

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menyalin nomor ID TeamViewer yang ada di HP. Kemudian, masukan nomor ID tersebut di kolom Partner ID di TeamViewer yang ada pada PC. Kolom ini tesedia di bagian Control Remote Computer, ya. Setelah itu, klik tombol Connect to Partner yang berada di bagian bawah kolom.

Jika sudah, di HP akan muncul popup notifikasi Allow Remote Suport. Nah, di sini, kita harus memilih Allow, ya. Sebab, jika klik Deny maka koneksi kedua TeamViewer akan terputus. Setelah itu, tunggu saja dan tampilan Teamviewer di PC akan berubah mengikuti tampilan di HP. Saat ini, kita sudah bisa mengontrol HP melalui PC dengan cara remote HP yang satu ini.

Cara remote HP menggunakan Mobizen

Mobizen sebenarnya adalah aplikasi yang memiliki fungsi utama sebagai perekam. Segala aktivitas di HP bisa direkam memakai aplikasi ini dalam bentuk video. Tapi, ternyata Mobizen bisa dipaki sebagai perantara untuk mengontrol HP, lho. Menariknya, remote HP dengan memakai Mobizen tidak perlu terkoneksi internet. Sayangnya, kita juga perlu menyiapkan kabel data sebagai penghubung antara HP dan PC.

Nah, langkah pertama cara remote HP menggunakan Mobizen adalah men-men-download dan menginstal. Download aplikasi Mobizen Mirroring untuk smartphone Android. Sedangkan untuk PC, kita bisa download Mobizen for PC. Setelah pengunduhan selesai, kita bisa instal di masing-masing device-nya.

Setelah selesai menginstal, kita perlu register dulu di Mobizen Mirroring, ya. Tapi, jika sudah memiliki akun di sana, bisa langsung login saja. Setelah berhasil login maka sekarang tinggal klik tombol Start Mobizen. Nah, jika semuanya sudah siap maka sekarang hubungkan kabel data ke HP dan PC. Ketika terhubung, akan ada notifikasi Allow USB Debugging, lalu pastikan klik Ok, ya.

Langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Mobizen yang ada pada PC, lalu klik tombol Android Remote Control. Di sini, kita akan diminta untuk login terlebih dahulu. Di login ini, masukan email dan password yang sudah dibuat di Mobizen Mirroring tadi, ya. Perlu diingat, ketika menggunakan Mobizen untuk cara remote HP, akun yang dipakai harus sama di HP dan di PC, lho.

Jika sudah memasukan akun, sekarang tinggal klik Connect. Tidak lama akan muncul notifikasi Mobizen Mirroring will start capturing eveything that’s displayed on your screen di HP. Langkah terakhir, klik tombol Start Now dan secara otomatis, HP kita sudah bisa dikontrol dari PC.

Cara remote HP memakai AirDroid

Langkah pertama cara remote HP menggunakan AirDroid adalah menginstal AirDroid di HP. Nah, perlu diingat, ketika remote pakai AirDroid, kita harus memastikan HP dan PC dalam koneksi internet yang sama. Setelah selesai menginstal, buka aplikasi AirDroid di HP, lalu masuk ke Connection Tab. Langkah selanjutnya salin alamat IP yang ada di AirDroid tersebut.

Nah, sekarang kita beralih ke PC dengan langkah selanjutnya buka browser di PC. Masukan alamat IP yang tadi sudah disalin, kemudian akses. Pada HP akan muncul notifikasi permintaan persetujuan, klik Accept jika setuju. Tunggu hingga tampilan browser menampilkan windows dari HP yang di-remote.

Begitulah cara remote HP menggunakan perantara berbagai aplikasi. Sebenarnya, kini sudah mudah, lho, jika ingin mengontrol device dari jarak jauh. Bukan hanya HP, tapi laptop juga bisa. Ini tentu saja aplikasi untuk me-remote suatu device sudah tersedia banyak. Meski begitu, kita harus tetap bertanggung jawab jika sedang mengontrol HP, ya. Jangan disalahgunakan untuk mengendalikan HP orang lain, lho.