fbpx
Cara Upload Website ke Hosting dari Localhost

Cara Upload Website ke Hosting dari Localhost

Cara upload website ke hosting dari Localhost sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah, akan tetapi bagi seorang pemula yang mungkin belum pernah melakukannya pasti akan sedikit kebingungan.

Ketika Anda membuat atau membangun sebuah website yang berjalan di server lokal tentunya tidak bisa diakses oleh orang lain. Agar website bisa diakses oleh orang lain adalah memindahkan ke hosting.

Anda bisa memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Harga Paket hosting sendiri bisa dikatakan sudah sangat terjangkau sekarang ini. Karena ada cukup banyak penyedia hosting yang memberikan harga terjangkau dan juga memberikan potongan harga.

Bagi Anda yang masih pemula dan kebingungan bagaimana cara upload website ke hosting dari Localhost tidak perlu khawatir, karena kami akan memberitahu Anda bagaimana caranya.

Prosesnya sendiri tidak akan terlalu lama Anda hanya perlu melakukan beberapa konfigurasi agar nantinya website berjalan dengan baik pada sebuah hosting.

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Upload Website Ke Hosting

Sebelum memindahkan website dari Localhost ke hosting tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang wajib Anda persiapkan agar nantinya proses upload website Anda bisa berjalan dengan lancar.

  • Paket hosting

Sebelum memindahkan sebuah website ke hosting tentunya Anda harus membeli paket hosting terlebih dahulu. Ada banyak sekali penyedia hosting yang bisa Anda gunakan seperti misalnya hostinger, dewaweb, niagahoster dan masih banyak lagi lainnya.

Pastikan untuk memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memiliki harga terjangkau sesuai dengan kemampuan.

  •  Nama domain

Sebelum upload website ke hosting, Anda juga harus memiliki nama domain terlebih dahulu. Nama domain yaitu adalah sebuah alamat atau URL yang nantinya akan digunakan untuk mengakses website Anda.

Biasanya Anda bisa membeli nama domain langsung pada penyedia hosting yang Anda gunakan. Beberapa penyedia hosting juga memberikan pemain gratis untuk pembelian Paket tertentu.

  • File website yang akan di-upload

Agar bisa dapat diukur dengan mudah bisa digabungkan dalam bentuk zip atau rar. Pastikan untuk seluruh file masuk agar nantinya semua halaman bisa diakses dan tidak ada error Yang Terjadi.

  • Database

Database yang masih terdapat pada server lokal juga harus diekspor coba yang nantinya Anda bisa menggunakan database yang sama pada wasting. Jika Anda menggunakan mysql silakan langsung saja login ke phpmyadmin kemudian export database yang Anda gunakan.

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu supaya nantinya proses pemindahan website dari lokal yang bisa berjalan dengan lancar dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Langkah-langkah Cara Upload Website ke Hosting

Sebelum melangkah ke langkah berikutnya pastikan jika semua hal yang sudah Anda sebutkan di atas terpenuhi dengan baik. Berikut langkah-langkah untuk memindahkan sebuah website dari Localhost ke hosting.

  • Masuk ke Cpanel

Pertama-tama silahkan langsung saja kunjungi penyedia hosting yang Anda gunakan dan login menggunakan akun yang Anda miliki. Setelah itu Anda akan diarahkan ke client area langsung saja ke atau pilih Cpanel.

  • Membuat database

Setelah berhasil login ke cpanel langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu adalah mengatur database. Biasanya Anda akan diarahkan untuk membuat nama database dan juga password.

Setelah semuanya diatur Anda bisa masuk ke menu Phpmyadmin untuk mengimpor database yang sebelumnya sudah disiapkan. Silakan langsung saja import database dan tunggu prosesnya sampai dengan selesai.

  • Upload file website

Langkah berikutnya yaitu upload website ke hosting. Caranya silahkan cari menu File Manager pada cpanel. Pada bagian file manager nantinya Anda akan melihat ada berbagai macam folder. Ada tidak usah pusing dengan berbagai macam folder yang ada fokus aja pada folder dengan nama public-html.

Silakan cari menu upload kemudian pilih file website yang sudah Anda zip atau rar sebelumnya. Jika file sudah berhasil diupload jangan lupa untuk mengeluarkan atau mengekstrak file tersebut.

  • Melakukan konfigurasi database

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan konfigurasi database. Beberapa penyesuaian perlu dilakukan seperti menyesuaikan nama database, username, dan juga passwordnya.

Jika semuanya sudah sesuai dengan pengaturan yang ada di hosting Anda tinggal menunggu beberapa saat sampai website Anda bisa diakses melalui nama domain yang sebelumnya telah disiapkan.

Hanya dengan beberapa langkah Anda bisa upload website ke hosting. Jika semuanya dilakukan dengan benar sepertinya tidak ada error yang terjadi dan website Anda bisa diakses hanya dalam waktu beberapa menit saja setelah proses selesai.

Hubungi Customer Service Ketika Mengalami Masalah Upload Website Ke Hosting

Jika Anda mengalami masalah ketika ingin mengupload sebuah website hosting maka tidak perlu panik. Karena biasanya sudah ada pihak customer service yang siap membantu Anda untuk mengatasi kesulitan yang dialami.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih penyedia hosting terbaik yang menyediakan dukungan customer service. Supaya nantinya ketika mengalami berbagai macam masalah seperti misalnya upload website ke hosting yang tidak kunjung berhasil bisa mendapatkan bantuan atas permasalahan yang Anda alami dengan cepat.

Anda tidak perlu khawatir atau merasa takut ketika ingin mengupload website sendiri karena sebenarnya ini sangat aman untuk dilakukan oleh pemula sekalipun. Karena ketika Anda melakukan kesalahan juga tidak akan berdampak banyak dan bisa dikembalikan ke pengaturan awal dengan cukup mudah.

Hal Umum yang Bisa Menyebabkan Upload Website ke Hosting Error Atau Bermasalah

Tentu saja ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan error atau masalah ketika memindahkan sebuah website dari Localhost ke hosting.

Salah satu hal yang mungkin sering dilakukan oleh para pemula yaitu kebingungan untuk mengkonfigurasi database. Karena sejatinya ketika konfigurasi database tidak dilakukan dengan benar maka website tidak akan bisa berjalan dengan normal.

Perlu diperhatikan dengan baik ketika melakukan konfigurasi database pada hosting seperti misalnya nama database, username, dan password yang digunakan.

Kesalahan lain yang cukup Umum dilakukan oleh para pemula yaitu salah dalam meletakkan file website.  Ketika Anda salah dalam meletakkan file website tentunya ini akan membuat website Anda menjadi tidak terbaca atau tidak tampil.

Jika Anda sudah berhasil memindahkan sebuah website dari Localhost ke hosting harus memperhatikan juga faktor keamanan. Ini sangat penting karena faktor keamanan adalah hal yang utama untuk menjamin data-data Anda tidak bocor ke pihak lain.

Pada dasarnya memindahkan sebuah website dari Localhost ke hosting adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, sepertinya Anda yang masih pemula juga tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk memindahkan website dari Localhost ke hosting.

Jika Anda memiliki teman yang sudah biasa bermain hosting juga tidak ada kalanya untuk meminta bantuan atau meminta arahan. Atau Anda bisa meminta bantuan dari customer service untuk membantu Anda upload website ke hosting dari Localhost.