Catat..! Asuransi Pendidikan Di Indonesia

Dalam sebuah keluarga, kelangsungan hidup anak menjadi salah satu hal terpenting. Segala sesuatu mulai dari layanan dasar hingga asuransi untuk pendidikan harus ditanggung. Selama ini banyak bermunculan asuransi untuk pendidikan anak di Indonesia.

Tentu saja, tidak semuanya cocok dan berkualitas tinggi. Asuransi terbaik menawarkan penghematan dana pendidikan dan perlindungan jiwa. Seperti asuransi kesehatan, Anda harus memiliki asuransi pelatihan yang siap untuk masa depan yang aman, terutama jika Anda sudah memiliki anak.

Jenis asuransi ini juga sangat cocok untuk perencanaan keuangan, dalam hal tidak hanya jaminan pendidikan, tetapi juga situasi keuangan yang aman untuk masa depan. Salah satu alasan menggunakan asuransi pendidikan adalah biaya pendidikan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Banyak orang tidak menyadari hal ini, mengabaikan pentingnya asuransi untuk pendidikan anak-anak mereka. Selain keengganan mengeluarkan uang untuk asuransi, salah satu alasannya adalah biaya premi yang dinilai sangat tinggi.

Apa Itu Asuransi Untuk Pendidikan

Asuransi untuk pendidikan merupakan gabungan dari kata “asuransi” dan “pendidikan”. Asuransi berarti suatu perjanjian antara dua pihak berupa jaminan atas sesuatu. Pendidikan, di sisi lain, adalah bidang yang mendukung kemampuan kognitif seseorang.

Secara definisi, asuransi pendidikan adalah produk berupa penawaran jasa yang menjamin pendidikan masa depan. Sebagian besar dari penawaran asuransi ini ditujukan bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak mereka. Hal ini karena biaya pendidikan diperkirakan akan meningkat dari tahun ke tahun.

Cara memilih asuransi untuk pendidikan di Indonesia

Memilih asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda tidaklah mudah karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Belum lagi potensi default pembayaran, seperti beberapa kasus yang seharusnya menghiasi liputan media dan membuat pelanggan bingung.

Trending:  Yuk, Siapkan Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Apalagi perusahaan asuransi pendidikan terbaik di Indonesia juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang patut untuk dipertimbangkan. Tujuannya adalah untuk mempertimbangkan produk yang ditawarkan agar tidak menyesal pada akhirnya.

Cara memilih asuransi yang baik:

  1. Terdaftar di Badan Jasa Keuangan (OJK)
  2. Reputasi dan rekam jejak
  3. Jelas dan detail
  4. Tergantung jumlah dana yang tersedia

Asuransi Untuk Pendidikan Di Indonesia

  1. Manulife

Manulife terkenal dengan produk untuk asuransinya. Salah satunya adalah  pendidikan bernama Manulife Education Protector yang merupakan bagian dari jenis asuransi unit link.

Yang memiliki arti sebuah produk yang tidak hanya ditujukan untuk mengamankan masa depan bagi anak, tetapi ditujukan untuk berinvestasi kepada produk investasi Manulife. Sebut saja Manulife Dana Syariah, Manulife Dana Ekuitas, Manulife Dana Money Market, dan sebagainya.

Manulife Education Protector memiliki masa pertanggungan yang bisa berlaku sampai dengan tertanggung mencapai usia 70 tahun. Pembayaran premi juga fleksibel, karena Anda dapat memilih antara 5 atau bahkan 10 tahun, tergantung pada rencana pendidikan Anda dan usia awal anak Anda.

Selain itu, apabila orang tua tertanggung meninggal dunia atau menderita cacat, dapat menerima sebesar nilai pertanggungan ditambah 100% dari target dana pendidikan. Premi minimum untuk Manulife Education Protector adalah Rp 5.000.000 per tahun.

  1. BCA

Asuransi pendidikan maksimal oleh Bank BCA (Eduplan). Merupakan asuransi gotong royong dengan jangka waktu pembayaran 3 sampai 15 tahun ke depan. Produk ini sendiri merupakan hasil kerjasama BCA dengan perusahaan asuransi di Hongkong.

EduPlan adalah produk asuransi yang dapat membantu orang tua memenuhi kebutuhan dana pendidikan anaknya. Anda dapat memilih untuk membayar premi selama 3, 10, atau hingga 15 tahun.

Premi dapat mencapai $60 juta per tahun dan bervariasi tergantung pada usia tertanggung. Antara usia 18 dan 21, pelanggan dapat menerima manfaat yang dijamin sebesar 200% dari uang pertanggungan.

Trending:  Asuransi Terbaik Di Indonesia Sequis Financial

Jika pemegang polis meninggal dunia atau menjadi cacat tetap, tertanggung dibebaskan dari pembayaran premi. Selain itu, jika tertanggung bertahan hidup sampai akhir masa polis dan kontrak masih berlaku, pelanggan juga dapat memperoleh manfaat dari pemutusan kontrak.

  1. BNI

BNI menawarkan solusi cerdas sebagai produk asuransi untuk pendidikan terbaik. Anak-anak dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi dapat merasakan manfaat dari penyediaan layanan ini.

Jangka waktu premi yang dapat diharapkan berkisar antara 9 hingga 17 tahun dengan biaya Rp 5 juta per tahun. Sebagai salah satu bank pemerintah terbesar, BNILife juga memiliki asuransi pendidikan bernama SmartSolutions.

Produk ini memiliki dana pendidikan untuk tingkat dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Premi SD 20%, SMP 30%, SMA 40%, dan Perguruan Tinggi 100%. Nasabah dapat menyepakati tingkat pertanggungan dengan Bank BNI.

Periode pembayaran premi adalah dari 9 hingga 17 tahun untuk tertanggung, hingga 65 tahun. Jika tertanggung meninggal dunia dan asuransi tetap hidup, ahli waris akan menerima 100% dari nilai asuransi.

Asuransi tidak akan diasuransikan dan dana pendidikan akan tetap dibayarkan sesuai rencana. Ada juga asuransi insidental seperti asuransi kecelakaan, asuransi jiwa berjangka, dan asuransi kesehatan.

  1. Sequis

Sequis memiliki produk asuransi pendidikan terbaik, Edu Plus, hasil kerjasama dengan Bank BRI. Produk ini siap menjamin pendanaan pendidikan dan keselamatan jiwa. Premi hanya untuk 10 tahun dan Anda diasuransikan hingga 16 tahun.

Layanan asuransi untuk pendidikan terbaik yang ditawarkan oleh lembaga ini dapat memberikan perlindungan biaya pendidikan dan keamanan mata pencaharian. Selama pembayaran premi dilakukan dalam 10-16 tahun, pelanggan dapat memperoleh keuntungan hingga 200%

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …