Catat..! Ternyata Seperti Ini Ketentuan Pencairan Dana Asuransi Kesehatan

Setiap orang pasti berisiko sakit atau kehilangan sesuatu yang penting di masa depan. Salah satu cara untuk meminimalkan risiko di atas adalah dengan membeli sebuah asuransi. Dana klaim asuransi ini nantinya membantu melindungi Anda dari berbagai risiko yang tidak diinginkan seperti kerusakan properti, kebakaran, dan bahkan kecelakaan.

Sayangnya, masih banyak sekali orang yang beranggapan bahwa kebutuhan akan asuransi bukanlah suatu hal yang mendesak dan juga tidak penting. Tentu saja pola pikir ini perlu diubah, karena siapa pun bisa berisiko tertimpa musibah yang tidak terduga.

Apa itu klaim dana asuransi?

Klaim dana asuransi adalah suatu klaim oleh tertanggung berdasarkan suatu adanya perjanjian kontrak yang dibuat sebelumnya dengan perusahaan asuransi untuk menjamin pembayaran kompensasi selama premi dibayar oleh yang bersangkutan.

Sederhananya, klaim adalah suatu aplikasi secara formal yang diajukan oleh tertanggung kepada suatu perusahaan asuransi untuk dapat melakukan pembayaran kepada para penerima atau yang bersangkutan.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Sebagai pengklaim jasa asuransi, tentunya Anda akan berhak melakukan suatu klaim yang sesuai dengan bentuk atau jenis asuransi yang Anda klaim. Secara umum, setiap asuransi memiliki metode klaim, dan hampir sama tergantung dari jenis asuransi yang Anda miliki.

Berikut cara Klaim Dana Asuransi kesehatan;

Asuransi untuk kesehatan dapat membantu klien mendapatkan pengobatan. Terutama ketika datang ke prosedur mahal seperti terjadinya tindak operasi. Perusahaan asuransi terbaik biasanya memiliki berbagai macam produk asuransi kesehatan.

Misalnya, pada Asuransi Qoala menawarkan produk asuransi kesehatan berupa penggantian biaya rawat inap, rawat jalan, dan juga gabungan rawat inap dan rawat jalan. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk proses klaim dana asuransi kesehatan ke Qoala, Prudential dan juga perusahaan asuransi lainnya.

  1. Bayarlah premi yang disepakati pada asuransi kesehatan secara teratur dan gunakan asuransi kesehatan secara efektif.
  2. Pastikan penyakit yang Anda lamar tidak termasuk dalam pengecualian.
  3. Hal ini karena perusahaan asuransi kesehatan menerapkan pengecualian, jenis penyakit dan kondisi yang tidak ditanggung oleh pertanggungan asuransi. Misalnya saja biaya HIV/AIDS, biaya alat non medis seperti tisu, dan biaya non obat seperti suplemen makanan dan vitamin.
  4. Setelah mengetahui hal di atas, Anda dapat menghubungi agen asuransi yang Anda gunakan dan memberi tahu mereka bahwa Anda akan menerima perawatan. Agen asuransi Anda nantinya akan memberi tahu Anda langkah apa yang harus Anda ambil. Beberapa perusahaan asuransi memiliki perwakilan di rumah sakit yang dapat membantu aplikasi tersebut.
  5. Tanda terima untuk semua transaksi medis dapat disimpan untuk tujuan penggantian
  6. Jika Anda diizinkan meninggalkan rumah sakit, Anda dapat segera mendaftar dengan mengisi formulir aplikasi. Formulir ini tersedia untuk diunduh dari situs web perusahaan asuransi yang Anda gunakan.
  7. Sebagian besar perusahaan asuransi dapat menerima klaim dana asuransi kesehatan dalam waktu 30 hari setelah kecelakaan, jadi jangan menunda proses aplikasi.
  8. Ikuti setiap proses klaim dana asuransi. Secara umum ada tiga cara untuk melakukan ini:
    • Secara manual menyerahkan aplikasi asli dan tanda terima ke kantor asuransi kesehatan.
    • Unggah formulir aplikasi dan dokumen aplikasi secara online melalui situs web.
    • Unggah aplikasi dan dokumen
  9. Setelah mengirimkan faktur dan tanda terima, perusahaan asuransi akan memeriksa kelengkapan dokumen dan akan mengkonfirmasi dengan Anda.
  10. Setelah dokumen lengkap dan klaim diterima, asuransi akan membayar perawatan sesuai dengan perlindungan yang tercantum dalam polis.
Trending:  Asuransi Penyakit Kritis: Apa Itu Dan Siapa yang Membutuhkannya?

Agar Klaim Agar Tidak Di Tolak

Meskipun syarat pengajuan klaim dana asuransi sudah kita lengkapi dengan sangat baik, namun nyatanya masih juga ada perusahaan asuransi yang menolak klaim dana asuransi oleh client yang bersangkutan, namun ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar dana asuransi Anda tidak ditolak. Untuk mencegah aplikasi Anda ditolak, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Harap isi formulir dengan sangat hati-hati, jujur, dan jelas. Ini untuk perusahaan asuransi jiwa untuk mengkonfirmasi nanti. Anda tidak akan membayar klaim apapun jika formulir klaim ditemukan tidak benar
  • Apabila tertanggung melakukan bunuh diri. Hampir semua perusahaan asuransi secara konsisten menolak klaim bunuh diri. Alasan kematian sebagai akibat dari tindakan sendiri juga ditolak sebagai bunuh diri oleh banyak perusahaan asuransi lainnya. Misalnya, tertanggung meninggal karena kecelakaan, tetapi mengebut, pelanggaran aturan yang disengaja, kegagalan menggunakan peralatan keselamatan, dll.
  • Selain melakukan bunuh diri, klaim juga bisa saja dibatalkan jika tertanggung diketahui meninggal karena kejahatan. Ini seperti ditembak polisi saat merampok rumah. Klaim ahli waris kemudian ditolak oleh perusahaan asuransi. Hal ini berlaku tidak hanya bagi tertanggung, tetapi juga bagi ahli waris yang melakukan tindak pidana. Misalnya, ahli waris dengan sengaja membunuh tertanggung untuk mendapatkan uang asuransi.

Selain tidak membayar dan bunuh diri, tidak membayar premi dapat menyebabkan klaim asuransi jiwa ditolak. Di sinilah perusahaan asuransi menjadi takut ketika mereka menemukan pemegang polis dengan riwayat kriminal.

Jika tertanggung tidak membayar premi atau menderita kerugian, berarti perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk membayar kepada pemegang polis jika terjadi sesuatu. Pastikan asuransi jiwa Anda selalu berlaku.

Nah jadi diatas merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat melakukan klaim dana asuransi yang Anda miliki. Untuk lebih mudahnya Anda juga bisa langsung bertanya kepada pihak asuransi milik Anda agar tidak terjadi salah paham.

Trending:  Pengertian Klaim Asuransi, Tujuan, Cara Klaim, Tips Agar Bisa Diterima

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …