fbpx
Ciri Hosting Berkualitas

6 Ciri Hosting Berkualitas yang Harus Dipahami sebelum Membeli

Demi blog eksis, Anda harus memahami ciri hosting berkualitas. Sampai salah memilih penyedia jasa, Anda akan lebih rugi. Baik dari segi biaya, tenaga dan waktu sebab diperlukan berbagai perbaikan sebagai solusi.

Apalagi jika sampai salah membeli dengan harga tinggi untuk berlangganan. Ini akan sangat berpengaruh terhadap modal awal mengelola web atau blog Anda. Dan kesalahan seperti ini sering terjadi.

Banyak orang beranggapan bahwa harga mahal sebanding dengan kualitas. Ada benarnya, namun tidak menutup kemungkinan saat membeli layanan hosting justru Anda mendapat harga terjangkau dengan fitur lengkap.

Setiap perusahaan penyedia layanan memiliki sisi kelebihan dan kekurangan, ini wajar. Maka pada saat memilih salah satunya sebagai partner harus jeli. Mana paling sesuai dengan kebutuhan dan budget yang sudah disiapkan.

Mengenal 6 Ciri Hosting Berkualitas

Selain dari segi harga ada berbagai parameter lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli layanan. Di bawah ini adalah 6 ciri suatu penyedia layanan hosting berkualitas yang perlu Anda pahami.

  1. Profesional dan Terjamin

Ciri hosting berkualitas dan profesional bisa dilihat dari adanya data centre. Dari data centre tersebut dapat ditinjau koneksi internet pada situs web pelanggan. Sehingga dapat dilihat seberapa tinggi kecepatan loading maupun saat ada permasalahan jaringan.

Penyedia jasa hosting wajib memiliki power backup, ruang kontrol cuaca serta staf yang siap untuk selalu melakukan pantauan situs web pelanggan kapan saja. Meski terjadi bencana alam, situs atau blog pelanggan tetap online dan masih dapat diakses.

Jaminan bahwa situs selalu online juga menjadi poin pertimbangan. Anda harus bisa memastikannya dari layanan yang dibeli. Sebab meski hanya beberapa saat, jika terjadi offline sama saja Anda membakar uang.

  1. User friendly

Ciri hosting berkualitas berikutnya adalah dari user interface-nya. Sebisa mungkin pilih yang user friendly, sehingga lebih mudah digunakan. Setiap fitur menu dan navigasi dapat diikuti tanpa risiko kesalahan.

Kemudahan disini diantaranya dalam hal pemesanan, pemakaian, ketersediaan tutorial serta problem solving. Rata-rata orang akan malas membeli ketika menu pembelian serta transaksi terlihat rumit.

Pemakaian setelah pembelian juga perlu menjadi perhatian. Terutama bagi pemula, akan butuh banyak waktu mempelajari setiap fitur dan menu untuk menggunakan. Jika penyedia jasa tidak mendukung kemudahan, pelanggan akan butuh banyak waktu mempelajari.

Ciri hosting berkualitas yang cukup unik juga tampak dari adanya tutorial. Meski hanya berupa demo singkat, ini sangat penting. Sebab tidak semua pembeli bisa langsung paham terhadap bahasa teknis pada menu.

  1. Tersedia Control Panel

Melalui control panel setiap pengguna dapat masuk atau login kapan saja saat diperlukan. Ini penting karena setiap ada kendala, penambahan atau pengurangan fitur bisa dilakukan melalui control panel ini.

Ciri hosting berkualitas terkait control panel wajib memiliki fasilitas pendukung. Masing-masing fasilitas nantinya harus dapat digunakan guna optimasi lama web atau blog pelanggan dengan baik. Berikut diantaranya yang harus ada.

  • Upload, edit, delete file

Control panel harus memiliki menu upload, edit dan delete file. Sehingga pengguna bisa mengunggah data apa saja ke dalam blog. Membuat perubahan, penambahan, pengurangan sampai penghapusan jika diperlukan.

  • Pengaturan email

Memiliki situs resmi pasti diperlukan alamat email valid sebagai verifikasi. Anda sebagai pelanggan bisa melakukan pengaturan misalnya untuk privasi dari menu Control Panel yang tersedia.

  • Membuat, merubah, menghapus folder

Ciri hosting berkualitas juga harus didukung dengan menu perubahan folder atau directory. Ini adalah kabinet tempat Anda sebagai pengguna meletakkan data atau file serta mengelolanya supaya sistematis.

  • Membuat, merubah dan hapus subdomain

Wajib memiliki menu untuk membuat, merubah atau hapus subdomain. Selama penggunaan nantinya akan banyak perkembangan. Bisa saja Anda perlu menghapus subdomain, dan ini harus dapat dilakukan melalui hosting.

  • Melihat tampilan statistik

Tampilan statistik wajib ada, sebab ini yang nantinya jadi bahan evaluasi. Sejauh apa efektivitas dan efisiensi pengelolaan situs. Apakah menghasilkan traffic tinggi, atau tidak dan seperti apa kendala serta solusinya.

  1. Tersedia akses ke traffic log

Ciri hosting berkualitas selanjutnya adalah tersedianya akses ke traffic log. Serupa dengan menu statistik, disini Anda bisa mencatat semua visitor (pengunjung) situs web. Selain itu juga bisa mencatat search engine beserta keyword yang digunakan pengunjung.

Anda juga bisa memeriksa halaman mana yang mereka kunjungi, berapa lama berada di situs web dan informasi lainnya. Ini penting untuk selalu dipantau supaya bisa dilakukan langkah untuk mengoptimasi apabila ada kekurangan.

Kekurangan dari segi konten bisa dipantau dari durasi pengunjung. Ini merupakan kendala yang masuk kategori ringan. Namun jika menurunnya kualitas karena faktor kenyamanan dalam penggunaan platform Anda perlu lakukan perbaikan dengan bantuan penyedia hosting.

Misalnya kendala koneksi jaringan, server lambat, download upload bermasalah. Ini bisa dibantu dengan petugas khusus dari perusahaan. Apalagi buat Anda yang tidak memiliki basic IT, cukup hubungi CS jika mengalaminya.

  1. Kapasitas memadai

Kapasitas ini berkaitan dengan fungsi penyimpanan. Web atau blog memerlukan ruang lebih besar sebab akan menyimpan banyak data. Ciri hosting berkualitas adalah memiliki kapasitas sesuai kebutuhan pengguna.

Harus dalam kategori memadai baik untuk membangun web personal maupun profesional. Semakin besar skala kepentingan pembuatan web Anda akan membutuhkan lebih besar kapasitas. Nantinya ini akan berpengaruh terhadap server.

Jika kapasitas kurang memadai misalnya untuk web bisnis online, akan banyak kendala dihadapi. Seperti loading data lambat, beberapa konten tidak tersedia, mungkin juga data Anda terhapus dan tidak bisa diakses selamanya.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa penyedia jasa hosting menyediakan kapasitas besar? Paling mudah adalah dengan melihat deskripsi paket yang dibeli. Jika membeli paket premium tentu fasilitasnya lebih lengkap.

Tentunya untuk paket gratisan kapasitasnya sangat terbatas. Meski begitu bukan berarti tidak bisa digunakan. Jika untuk keperluan blog pribadi masih bisa mengakomodasi, minimal konten bisa dinikmati pengunjung.

  1. Pelayanan optimal

Pelayanan disini adalah support dari customer service dan tim teknisi. Dukungan ini merupakan ciri hosting berkualitas yang sangat dibutuhkan oleh pengguna pemula. Tempat dimana pelanggan baru ini akan melakukan berbagai konsultasi terkait pembelian hingga pemakaian layanan.

Customer service harus dapat dihubungi 24 jam nonstop. Memiliki pengetahuan dan mampu menjawab setiap pertanyaan dengan solusi paling tepat. Ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan ke pelanggan.

Kemudian teknisi, ini juga bisa dijangkau secara online. Saat kendala pemakaian tidak bisa diatasi sendiri berdasarkan panduan customer service, maka harus langsung diatasi secara remote. Keberadaan teknisi ini penting misalnya untuk masalah server.

Karena Anda membeli layanan dan biasanya untuk jangka panjang, maka sebisa mungkin menghindari potensi rugi. Lakukan konsultasi dengan penyedia layanan supaya bisa sesuai dengan kebutuhan. Selain juga mempelajari ciri hosting berkualitas sebagai acuan.