Epson LX-310 Printer, Spesifikasi, Harga, Keunggulan dan Kekurangan

Spesifikasi Epson LX-310 – Epson yang memiliki reputasi sebagai produsen printer, kini melakukan rasionalisasi dengan menggalakkan produksi printer yang memenuhi berbagai kebutuhan secara sungguh-sungguh.

Hal ini dibuktikan dengan diperkenalkannya printer dot matrix versi terbaru untuk kelas menengah. Ya, di awal tahun 2013, Epson resmi memperkenalkan dua varian printer dot matrix terbarunya, yaitu Epson LX-310 dan Epson LQ-310 yang diharapkan memiliki fitur yang lebih baik dari kompetitornya.

Kali ini, mari kita lihat lebih dekat atau review Epson LX-310 untuk melihat semua informasi yang tersedia.

Baca Juga: Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark dan Aplikasi 2022

Artikel Terkait:

Overview Epson LX-310

Epson LX-310 awalnya menargetkan pangsa pasar industri kelas menengah ke bawah. Tidak seperti pendahulunya, LQ-310 dirancang untuk penggunaan industri kelas atas dan dilengkapi dengan spesifikasi tinggi seperti kepala cetak 24-pin.

Printer Epson LX-310 ini memiliki fitur buffer data input 128KB yang tentunya dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Juga, karena printer ini ditujukan untuk pasar industri kelas menengah, printer ini hanya dilengkapi dengan printhead 9-pin, tetapi seperti yang kita semua tahu (baca tentang printer dot matrix di sini) hanya ada sedikit 9-pin dan 24-pin.

Baca Juga: Cara Membuat Stiker WA Tanpa Aplikasi Tambahan Paling Mudah 2022

Perbedaan printer matrix terletak pada kualitas cetak karakter dan hanya ketika digunakan untuk pencetakan gambar (pencetakan berbasis grafis). Kecepatan cetak printer ini bisa mencapai 357 karakter per detik dan 40% lebih cepat dari pendahulunya, printer dot matrix LX-300 atau printer dot matrix dengan printhead 24-pin.

Tidak hanya kecepatan dan hasil cetak yang jauh lebih unggul dari pendahulunya, Epson mengklaim bahwa LX-310 lebih andal 67% dari pendahulunya.

Menawarkan kecepatan tinggi dan hasil cetak yang didukung oleh keandalan yang tinggi, printer ini dapat secara efektif mendukung back office perusahaan. Model ini memiliki mean time to failure (MTBF) 10.000 POH (power-on time) dibandingkan model sebelumnya yang memiliki MTBF 6.000 POH.

Printer Dot-Matrix masih dibutuhkan oleh banyak perusahaan karena kehandalan dan biaya operasional yang rendah. Printer ini juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh model printer inkjet dan laser: kemampuan mencetak menggunakan kertas NCR atau menggunakan carbon copy untuk pencetakan duplikasi.

Trending:  Spesifikasi dan Harga HP Realme GT Master Edition Mei 2022

Epson LX-310 adalah harga yang bagus untuk bisnis kecil. Hanya sekitar 2 juta printer jenis ini yang bisa dibawa pulang.

Baca Juga: Cara Convert Youtube to MP3 Tanpa Aplikasi Dengan 9 Situs ini

Spesifikasi Epson LX-310

Review Epson LX-310 ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran detail tentang Epson LX-310. Berhubung belum ada artikel yang mengulas Epson LX-310 ini secara detail dan mendalam, mari kita simak juga Epson LX-310 ini. Rasanya tidak adil mencoba mendalami Epson LX-310 tanpa mempedulikan fitur-fitur yang ada. Berikut ini adalah fitur-fitur dari Epson LX-310.

Review Epson LX-310 dari segi spesifikasi :

1. Teknologi cetak (printing technology)

  • Metode Mencetak (Print Method)

Printer Epson LX-310 menggunakan metode Impact dot matrix yang banyak digunakan untuk mencetak catatan, dokumen perjalanan, tiket, dan lainnya.

  • Jumlah Pin

Jumlah pin menentukan kualitas cetak, dan printer ini menggunakan teknologi 9-pin untuk printhead-nya. Seperti dijelaskan di atas, perbedaan karakter printing antara teknologi 9-pin dan teknologi 24-pin tidak jauh berbeda. LX-310 dirancang untuk mencetak dokumen dengan grafik minimal dan lebih banyak teks.

Baca Juga: 7 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman Terbaik dan Terpercaya

  • Print Direction

Arah cetak adalah arah cetak printer, dan printer ini menggunakan teknologi pencarian dua arah. Teknik ini berfungsi untuk mencetak dokumen dari atas ke bawah.

  • Control Code

Printer Epson LX-310 menggunakan teknologi kode kontrol ESC/P, ESC/P adalah singkatan dari Epson Standard Code for Printers, kadang disingkat Escape/P. Kontrol ini merupakan kontrol standar untuk semua printer Epson yang dirancang oleh Epson sendiri. Teknologi ESC/P sendiri hanya digunakan pada printer dot matrix dan beberapa printer inkjet.

Teknologi ini telah berkembang jauh, dan Epson memperkenalkan teknologi ESC/P 2, yang dapat mendukung aktivitas seperti font yang dapat diskalakan dan meningkatkan kualitas cetak.

Baca Juga: Aplikasi Pembuat Poster, Desain yang Mudah Untuk Pemula

2. Kecepatan cetak (print speed)

  • Draf cepat: 390 cps (karakter per detik)
  • Draf kecepatan tipikal: 357 cps (karakter per detik)
  • Draf lambat: 347 cps (karakter per detik)
  • Draf: 223 cps (karakter per detik)
  • NLQ: 56 cps (karakter per detik)

3. Karakteristik Cetak (Print Characteristics)

  • Karakter Cetak: Tabel Miring, PC437 (Standar Eropa Amerika), PC850 (Multibahasa), PC860 (Portugis), PC861 (Islandia), PC863
  • (Prancis Kanada), PC865 (Nordik), Abicomp, BRASCII, Roman 8, ISO Latin 1, PC 858, ISO 8859
  • Font bitmap: Epson Draft: 10, 12, 15 cpi; Epson Roman & SansSerif: 10, 12, 15 cpi, proporsional
  • Font Barcode: EAN-13, EAN-8, Interleaved 2 dari 5, UPC-A, UPC-E, Kode 39, Kode 128, Postnet
  • Jumlah eksemplar: 1 asli + 4 eksemplar
Trending:  Daftar harga Printer HP dan spesifikasinya update Terbaru 2022

Baca Juga: Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Gampang No Ribet

4. Antarmuka dan input data buffer

  • Penyangga data masukan: 128KB
  • Antarmuka Dasar: Paralel Dua Arah (Mendukung Mode Nibble IEEE-1284) Dukungan Serial USB 2.0

5. Reliability (Ketahanan)

  • Rata-rata Volume Cetak Antara Kegagalan (MVBF): 20 juta baris
  • Waktu Rata-Rata Antara Kegagalan (MTBF): 10.000 POH
  • Masa pakai cetak kepala panjang: 400 juta goresan
  • Band Life: 4 juta karakter (14 titik/karakter)

6. Spesifikasi Kelistrikan (Electrical Specification)

  • Tegangan yang Diperlukan: AC 120/220-240V
  • Frekuensi: 50-60Hz
  • Konsumsi daya: 27W
  • Daya selama mode tidur: 1W

Baca Juga: Download Video Youtube Tanpa Aplikasi di Android, Dengan 10 Cara Ini

Fitur Tambahan

1. Mudah dioperasikan (Easy to operate)

Tidak seperti printer dot matrix konvensional, printer ini dilengkapi dengan driver yang memudahkan pengguna mengoperasikan printer. Printer juga memiliki panel kontrol dengan 4 tombol penyiapan dan 5 LED untuk setiap pekerjaan.

2. Ramah lingkungan

Ini adalah fitur baru yang dibawa Epson ke printer terbaru mereka, dan Epson memperhatikan aspek ramah lingkungan dalam menggunakan perangkat keras ini. Saat mengoperasikan printer ini, hanya menghasilkan panas antara 5 dan 35 derajat Celcius, dan kelembabannya sekitar 10 hingga 80% RH. Konsumsi energi yang dibutuhkan juga jauh lebih rendah di kelasnya.

Kelebihan dan Kekurangan LX310

Melihat spesifikasi yang ada, tentunya kamu bisa dengan mudah mengulas Epson LX-310 secara detail. Sekarang Epson akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan printer dot matrix ini.

Kelebihan:

  • High Processing Speed (kecepatan proses cetak yang tinggi)

LX-310 memiliki keunggulan kecepatan pencetakan yang cepat. Mengingat hampir semua dot matrix terlahir dengan proses pencetakan yang lambat, fitur ini tidak boleh dianggap remeh. Printer besutan Epson ini menepis anggapan tersebut. Berbekal data buffer 128KB, kecepatan cetak printer ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Ini tentu saja meminimalkan latensi.

  • Fast Print Speed (kecepatan cetak yang tinggi)

Selain kecepatan proses pencetakan, ada lagi kecepatan pencetakan. Perbedaan kecepatan cetak adalah proses menghasilkan dokumen dengan cepat. Throughput cetak adalah kecepatan pemrosesan data dari komputer ke printer. Mengingat printer ini dapat berjalan dengan kecepatan 357cps dalam keadaan normal, produktivitas tentu akan tetap terjaga.

Trending:  Printer HP Ink Tank 315, Spesifikasi dan Harga Terbaru 2022

Baca Juga: Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi, Reels, Story IG

  • Long-life Reliability (masa hidup yang lama)

Dengan MTBF tinggi sekitar 10.000 POH, masa pakai printer jenis ini akan jauh lebih lama. MTBF yang tinggi dapat menghemat pengeluaran untuk komponen printer seperti head atau pita dan juga mengurangi kesempatan untuk membeli printer baru.

Kekurangan:

  • Control code yang lama

Seiring waktu, Epson juga mengeluarkan jenis kode kontrol baru. Tidak dapat disangkal bahwa kode kontrol baru mungkin akan segera keluar. Jenis printer yang menggunakan kode kontrol metode ESC/P lama ini memiliki kemampuan pencetakan gambar yang buruk dan tidak dilengkapi dengan fungsi font yang dapat diskalakan.

Harga Terbaru Dari Printer Epson LX-310

Harga Printer Epson LX-310

– Baru : Rp 2.100.000

– Bekas : –

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP OPPO, VIVO, IPHONE, SAMSUNG, XIAOMI, INFINIX

Kesimpulan

Noelle Gonzales, Kepala Manajemen Produksi Epson Filipina, mengakui bahwa produk ini telah didedikasikan untuk jutaan pelanggan Epson di seluruh dunia dan memberikan kinerja yang unggul tanpa melupakan aspek keandalan.

Epson juga mulai membangun pangsa pasar dot matrix dengan sungguh-sungguh pada tahun 2009. Eksekutif Epson Filipina, nomor satu, juga menambahkan bahwa perusahaan cukup percaya diri untuk bersaing dengan yang lain dan mengklaim bahwa produknya sangat fungsional.

Apa yang dikatakan Noelle memang benar. Melihat spesifikasi di atas dan beberapa kelebihannya, maka akan memberikan produk yang sangat menjanjikan untuk kegiatan back office perusahaan.

Beberapa revolusi, seperti kecepatan proses pencetakan dan peningkatan kecepatan pencetakan, dapat sangat mendukung efisiensi kerja perusahaan. Namun, masing-masing keunggulan ini memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah printer ini dilengkapi dengan kode kontrol yang cukup ketinggalan zaman.

Jika pekerjaanmu terutama untuk mencetak dokumen back office seperti nota, faktur, dokumen perjalanan, dll maka kekurangan bukanlah masalah besar. Namun, jika perlu mencetak dokumen grafis, ada baiknya untuk berpikir dua kali karena kemampuan pencetakan Epson LX-310 tidak terlalu bagus dari segi grafis.

Artikel Lainnya:

Check Also

Indonesia Telah Mengantongi SKLO Untuk Server 5G

Jaringan 5G, pertama kali diluncurkan oleh provider telkomsel. Indonesia  telah mendapatkan  surat keterangan laik operasi …