Gampang Ditiru! Ini Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat untuk Pemula

Jika Anda masih pemula dan belum mengetahui cara memilih perusahaan asuransi maka jangan khawatir! Sebab, melalui ulasan artikel yang ada di bawah ini Anda bisa mendapatkan perusahaan asuransi yang tepat dan juga baik pastinya.

Pemula! Begini Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik dan Tepat

Manfaat utama dari asuransi sendiri tidak lain untuk memberikan perlindungan kepada Anda apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan. Untuk itu, Anda wajib memilih perusahaan asuransi yang tepat untuk mendapatkan perlindungan maksimal tentunya.

Sebenarnya saat ini sudah ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produknya sendiri. Namun meskipun begitu tidak sedikit orang yang masih bingung terhadap perusahaan asuransi yang baik dan tepat untuk merekas.

Apabila Anda merupakan  salah satu orang yang masih bingung, maka dari itu simak ulasan artikel yang ada di bawah ini terkait pemilihan perusahaan asuransi. Dengan begitu, nantinya Anda akan memperoleh produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pastinya.

  1. Cara Memilih Perusahaan Asuransi  : Perusahaan Terdaftar Di OJK

Ada banyak sekali faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih perusahaan asuransi tentunya. Baik itu dari segi harganya sendiri hingga ulasan yang diberikan dari nasabah sebelumnya.

Namun kedua hal tadi pastinya sangat tidak cukup untuk dijadikan penilaian mana perusahaan asuransi yang tepat untuk Anda nantinya. Maka dari itu langkah pertama yang wajib Anda lakukan terlebih dahulu yaitu memastikan bahwa perusahaannya terdaftar OJK.

Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan karena nantinya akan menyangkut kualitas dari perusahaan asuransi itu sendiri pastinya. Untuk mengeceknya Anda bisa mengunjungi situs website resmi milik OJK alias Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan bahwa perusahaan asuransi tersebut terdaftar di OJK melalui bagian asosiasi. Jika tidak, Anda bahkan juga bisa menanyakannya secara langsung pada layanan konsumen OJK melalui nomor telepon yang telah disediakan di web-nya tadi.

  1. Pastikan Risk Base Capital Minimal Sebesar 120 %

Cara memilih perusahaan asuransi yang wajib diperhatikan yaitu pastikan juga bahwa nilai RBC dari perusahaan asuransi tersebut minimal sebesar 120%. Dengan kata lain, rate base capital dari perusahaan tersebut setidaknya harus berada di atas 120% nantinya.

Sebab, hal itu menandakan bahwa perusahaan asuransi tersebut memang bagus dan juga tepat untuk Anda. Disisi lain, untuk mencari tahu kondisi keuangan maupun kewajibannya sendiri, Anda bisa mengeceknya sendiri melalui laporan neraca keuangannya.

Dimana nilai laporan keuangan tersebut biasanya akan disebarluaskan secara publik oleh perusahaan asuransi itu sendiri. Dengan begitu nantinya Anda bisa melihat berapa banyak keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan asuransi tersebut setiap tahunnya.

  1. Jangan Pilih Tawaran Asuransi Cash Plan

Selain kedua cara yang ada di atas tadi pastinya Anda juga harus menghindari jenis tawaran asuransi cash plan. Dimana tawaran produk asuransi yang satu ini nantinya hanya memberikan sedikit manfaat saja bagi Anda sendiri.

Sebab tawaran asuransi cash plan ini dihitung hanya berdasarkan lama rawat inap Anda saja. Dengan kata lain tagihan yang lain tidak ikut ter-cover melalui tawaran asuransi yang bernama cash plan ini.

Sebagai contoh, apabila Anda sedang dirawat inap selama 3 hari dengan biaya kamar sebanyak 1 juta, maka  asuransi yang ditanggung hanya ruangan itu saja. Selebihnya nantinya Anda akan menanggung biaya tagihannya sendiri tentunya.

Maka dari itu, jangan sampai Anda justru malah memilih tawaran perusahaan asuransi cash plan ini. Sebagai saran tambahan, lebih baik pilih saja jenis asuransi yang menawarkan tanggungan biaya di setiap plafonnya. 

  1. Gunakan Asuransi Keluarga

Satu hal yang harus Anda  garis  bawahi dari cara memilih perusahaan asuransi   yang satu ini yaitu jika sudah mempunyai keluarga. Tentunya lebih baik pilih jenis asuransi keluarga saja untuk menghemat anggaran biaya nantinya.

Belum lagi, hal tersebut pastinya akan sangat memudahkan diri Anda sendiri ketika membayarkannya kepada perusahaan asuransi.  Sebab, memilih asuransi keluarga akan jauh lebih efektif dan juga efisien untuk dilakukan pastinya.

Jika tidak percaya, coba bandingkan saja tawaran harga yang diberikan untuk setiap anggota dengan tanggungan satu keluarga. Pasti hasilnya akan jauh lebih hemat membeli produk asuransi satu polis bagi seluruh anggota keluarga.

Bahkan, apabila nanti ada 2 anggota keluarga Anda yang sedang jatuh sakit di waktu yang sama, Anda jauh lebih mudah saat mengurus asuransinya. Maka dari itu, gunakan produk asuransi keluarga saja dalam satu polis untuk menghemat waktu, tenaga, dan juga pikiran.

  1. Coba Asuransi Murni

Terakhir, cara memilih perusahaan asuransi   tersebut bisa Anda coba karena jauh lebih menguntungkan nantinya. Sebenarnya asuransi murni sering dikaitkan dengan jenis asuransi link tetapi pada dasarnya keduanya sendiri mempunyai perbedaan yang sangat jauh.

Dimana asuransi unit link sendiri menawarkan investasi dan juga kesehatan namun sayangnya harga yang dipatok begitu mahal. Lain halnya dengan asuransi murni, dimana nantinya sebagian dana yang digunakan untuk kesehatan bisa digunakan untuk investasi.

Apabila Anda telah mempunyai instrumen investasi keuangan sendiri lebih baik gunakan asuransi murni saja. Dengan begitu nantinya manfaat yang dapat Anda peroleh menjadi jauh lebih maksimal melalui asuransi murni tersebut pastinya.

Demikian cara memilih perusahaan asuransi  yang bisa Anda terapkan sedari awal. Meskipun masih pemula, namun tentunya tips tersebut sangat membantu Anda untuk mendapatkan perusahaan asuransi yang tepat dan juga baik nantinya.