Hp Lag Saat Main Game? Begini Solusinya

Sering mendapati hp lag saat main game? Hal tersebut sering terjadi apalagi jika Anda termasuk gamer aktif. Sebenarnya, bermain game di hp tidak akan menjadi masalah yang terlalu serius hingga mengganggu kinerjanya.

Namun, di beberapa game online yang tergolong berat rata-rata memiliki ukuran besar. Sehingga tidak jarang ruang penyimpanan hp menjadi penuh. Semakin penuh, tentu saja membuat terjadi perlambatan loading atau biasa disebut dengan lag.

Orang-orang pun rata-rata langsung bingung jika hp lag. Jika Anda salah satunya, jangan langsung mengira perangkat hp rusak. Ada kok cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu sebagai berikut:

Menghidupkan Fitur Developer Option

Jika mendapati hp Anda terasa lag atau loading lama saat main game, ada baiknya coba tingkatkan kinerjanya dulu. Caranya adalah sebelum main game, silahkan Anda hidupkan developer option pada hp.

Cara mengatasi hp lag satu ini memang cukup umum dilakukan. Namun, kemungkinan besar dari Anda juga belum mengetahui langkah-langkahnya. Pertama silahkan buka menu “pengaturan” pada hp.

Apabila sudah, langsung pilih “about phone” atau “tentang ponsel”. Setelah itu, silahkan tap dengan cara mengetuknya sebanyak 7 kali di atas nomor build. Langsung keluar dan klik opsi “sistem”.

Langkah mengatasi hp lag saat main game dengan fitur developer option berikutnya adalah geser terus kursor ke bawah hingga ketemu menu “force 4x MSAA”. Langsung hidupkan, dan restart hp Anda.

Copot Aplikasi Usang

Berikutnya mungkin adalah cara yang paling sederhana dan tak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Jadi Anda pasti pernah merasa penting untuk mengunduh salah satu aplikasi. Namun, seiring berjalannya waktu tiba-tiba tidak membutuhkannya lagi.

Sehingga jarang sekali Anda akses dan tak terpakai. Cara mengatasi hp lag saat main game berikutnya adalah Anda tinggal copot saja beberapa aplikasi yang bisa dikatakan sudah usang tersebut.

Ada baiknya Anda buat skala prioritas, mana aplikasi yang benar-benar penting dan tidak. Segera uninstall aplikasi yang sekiranya sudah lama tidak dipergunakan lagi. Selain memperbaiki kinerja hp, storage device Anda juga akan lebih lega.

Nonaktifkan Background Apps

Cara mengatasi hp lag  berikutnya adalah dengan menonaktifkan background apps. Saat menggunakan hp pastinya semua orang akan bosan jika hanya mengakses satu aplikasi saja.

Hanya saja, tak jarang orang-orang justru lupa untuk menutup sejumlah aplikasi setelah digunakan. Akibatnya aplikasi tersebut tetap terbuka dan menanti untuk dipakai lagi. Efeknya adalah penggunaan kinerja ponsel berlebihan.

Selain itu yang akan terjadi adalah penurunan kecepatan akses ponsel. Ruang RAM juga terkuras dan daya baterai cepat habis. Maka, cara mengatasi hp lag saat main game adalah hapus aplikasi yang masih ada di background.

Dengan begitu, kinerja hp menjadi optimal kembali. Lag saat main game di hp juga bisa segera diatasi dengan mudah dan cepat. Anda bisa mencobanya saat ini juga karena cukup praktis.

Upgrade Android System

Ada lagi salah satu cara mengatasi hp lag saat main game adalah silahkan upgrade Android System Anda. Dengan melakukan pembaruan software pada hp, tentunya akan sangat membantu dalam mengakses aplikasi termasuk game.

Apabila sistem pada hp sudah terbaharui, otomatis dapat menjaga stabilitas dan optimalisasi kinerja ponsel. Selain itu, setelah berhasil upgrade, perangkat Anda juga akan ditambahkan macam-macam fitur baru.

Hal ini akan membantu Anda makin mudah menjangkau akses penggunaan hp. Jadi periksa dulu, apakah Anda sudah melakukan update perangkat hp secara rutin. Jangan ragu untuk melakukannya karena bisa jadi salah satu mengatasi hp lag .

Memasang Aplikasi Booster

Hp yang tiba-tiba lag saat dipakai main game sebenarnya dapat juga diatasi dengan memasang aplikasi booster. Jika Anda pengguna hp Android, sudah banyak sekali pilihan aplikasi booster di Google Play Store.

Mengatasi hp lag saat main game pakai aplikasi booster cukup ampuh sehingga layak untuk Anda coba. Kalau bingung mau pilih aplikasi booster yang mana, ada beberapa alternatif terbaik. Seperti contohnya Swift Gamer, DU Speed Booster, Game Booster, dan lainnya.

Nonaktifkan Animasi

Kondisi lag atau patah-patah pada hp saat dipakai main game memang sering terjadi. Anda dapat mengatasinya dengan cara menonaktifkan animasi pada layar. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja hp.

Selain itu, dapat juga memperlancar aktivitas penggunaan Android dan pastinya mengatasi hp lag . Cara pengaplikasiannya adalah silahkan Anda buka developer system pada hp.

Setelah itu, scroll ke bawah hingga menemukan “windows animation scales”. Setelah itu, tetapkan skala animasi menjadi paling rendah. Hanya saja, Anda juga boleh langsung mematikannya.

Caranya adalah dengan memilih menu “animasi mati”. Bisa juga dengan mengubah nilainya menjadi 0,0x. Mengatasi hp lag saat main game satu ini sangat perlu dicoba karena banyak yang sudah membuktikannya dan berjalan dengan baik.

Update Game

Aplikasi-aplikasi hp termasuk game akan terus dievaluasi oleh para pengembangnya. Para developer berusaha untuk berinovasi dan menghadirkan fitur terbaru buat para penggunanya. Dengan begitu, aplikasi tetap diminati oleh banyak orang.

Bukan tidak mungkin, para pengembang tersebut rutin melakukan pembaharuan tiap aplikasinya. Dalam sebuah permainan game hp biasanya masih terdapat bug di dalamnya. Anda harus rajin update game supaya tidak terjadi lag saat game.

Sebab, setelah diupdate game hp otomatis akan menambahkan banyak fitur terbaru. Bug di dalam game tersebut pun biasanya dapat langsung diatasi. Lagipula memperbaharui game hp secara rutin juga akan berpengaruh pada grafis yang lebih memukau.

Itu dia tadi beberapa cara mengatasi hp lag saat main game. Mulai sekarang jika hp Anda patah-patah saat dipakai main game online jangan langsung panik. Bukan berarti itu rusak, Anda bisa mengatasinya pakai cara-cara di atas.