fbpx
Memasang Iklan Adsense Blog

Memasang Iklan Adsense Blog, Berikan Cuan Lewat Konten

Keberadaan iklan adsense blog dapat membantu Anda mendapatkan penghasilan dari konten yang diunggah. Barangkali dulu orang mengelola jurnal online sekedar untuk bersenang-senang, yakni hanya menulis buku harian tanpa mengharapkan penghasilan.

Namun, lama-kelamaan dengan semakin canggihnya teknologi pengelolaan jurnal online semakin berkembang menjadi ajang mencari cuan. Penulis perusahaan mendapatkan penghasilannya melalui gaji per bulan, sementara pengelola mandiri dapat uang dari ads.

Iklan Adsense Blog Melalui Menu Pengaturan Dashboard Blogger

Cara pertama melakukan pengaturan melalui menu Penghasilan dari dashboard blognya. Namun, berbagai langkah memasang iklan adsense blog ini hanya bisa digunakan untuk pengguna platform Blogger.

Menu penghasilan sudah tersedia secara otomatis sehingga Anda tidak membutuhkan tool tambahan apapun. Sekarang, tinggal melakukan beberapa petunjuk berikut:

  1. Masuk ke bagian Dashboard Bloggernya
  2. Coba masuk lagi ke menu Penghasilan
  3. Pilih Ya pada bagian Tampilkan iklan di blog
  4. Pilih opsi penempatan iklan sesuai keinginan Anda sebagai pengelola
  5. Jika semua sudah selesai diatur maka silakan klik perintah Simpan setelan

Bagi para pemilik akun Blogger, cara ini merupakan proses paling simple yang bisa dilakukan. Namun, apabila Anda ingin menempatkan ads pada posisi lebih bervariatif maka cara tersimple ini bukan jawabannya.

Karena penerapan iklan adsense blog dengan otak-atik menu Pengaturan masih memberikan tampilan ads terbatas. Sementara untuk menarik perhatian publik agar mau klik ads tersebut dibutuhkan strategi matang supaya cuan tidak terganggu.

Pertimbangan lainnya dalam penempatan ads adalah dibuat semenarik mungkin tanpa mengganggu keterbacaan konten oleh pengunjung. Jika ads menutupi konten maka tujuan utama dari penyampaian makna dalam artikel tidak akan tersampaikan.

Iklan Melalui Widget HTML/ JavaScript

Cara kedua bisa dengan menggunakan Widget HTML/ JavaScript yang dalam penerapannya membutuhkan kode khusus supaya ads dapat diposting. Uniknya, cara kedua ini bisa dilakukan untuk ads tertaut atau tidak ditautkan pada Blogger.

Dibandingkan cara sebelumnya, yang kedua memberikan variasi tempat lebih banyak untuk memasang iklan adsense blog. Serangkaian proses yang bisa dilalui dalam rangka pemasangan ads ini di antaranya:

  1. Masuk ke akun Adsense kemudian silakan membuat unit iklan baru
  2. Salin kode unit iklan yang sudah dirancang pada nomor satu
  3. Masuk ke Dashboard Bloggernya
  4. Arahkan kursor ke bagian Tata Letak
  5. Klik Tambahkan gadget pada bagian tertentu sesuai dengan kenyamanan Anda menempatkan ads-nya
  6. Silakan pilih antara Widget/JavaScript/Gadget HTML
  7. Silakan tempelkan atau paste kode unit iklan yang tadi disalin pada langkah nomor dua
  8. Klik Simpan untuk mengakhiri proses pemasangan adsense

Keunggulannya adalah Anda dapat menempatkan ads pada lokasi tertentu yang sesuai dengan keinginan. Pemasangan iklan adsense blog dengan cara ini memungkinkan Anda menarik audiens lebih banyak karena posisi bisa disesuaikan dengan kenyamanan visual.

Namun, perlu diketahui bahwa kebijakan Adsense adalah dengan tidak menambahkan judul apapun pada setiap iklan. Biasanya hanya ada kata Iklan dan Sponsor saja tanpa teks editing lainnya yang terpampang besar secara visual dalam sebuah dashboard Blogger.

Iklan Adsense Melalui Widget Adsense

Pembahasan ketiga ini berbeda dengan pembahasan kedua. Kebebasan untuk menempatkan tampilan iklannya sama. Selain itu, Anda juga bisa bebas memilih format maupun warna ads pada dashboard Blogger.

Kelebihan menempatkan iklannya pada posisi tertentu sesuai keinginan tentu lebih dulu harus dilalui dengan melakukan langkah-langkah tepat. Adapun langkah-langkah pemasangan iklan adsense blog yang tepat itu meliputi beberapa hal berikut:

  1. Masuk ke Dashboard Blogger
  2. Arahkan kursor langsung pada bagian Tata Letak
  3. Tambahkan gadget pada lokasi random sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda secara visual
  4. Lakukan pilihan pada Widget/Gadget Adsense
  5. Silakan atur format pewarnaan pada iklannya sesuai dengan keinginan dan pertimbangan tingkat dibaca oleh pengunjung
  6. Untuk mengakhiri prosedur, silakan klik perintah Simpan

Dalam rangka pemilihan warna, memilih warna mencolok dapat menjadi daya tarik untuk orang mau klik ads terpasang. Namun, pastikan pemilihan warna mencolok tersebut tidak mengganggu keterbacaan sehingga menyebabkan mata mudah sakit untuk melihat konten.

Anda dapat menyesuaikan pemilihan warna dengan konsep keseluruhan warna pada jurnal online. Tidak mungkin memilih warna hitam dengan tujuan menegaskan iklan adsense blog jika konsep keseluruhan warna pada jurnal online sendiri mengusung warna hitam gelap.

Sebagai ide, sebaiknya justru perpaduan warna hitam akan nampak jelas ketika digabungkan dengan putih atau merah tua. Terdapat banyak pilihan warna, Anda bisa memilihnya sendiri dan menyesuaikan dengan kesesuaian baca ketika dipasang ke Dashboard Blogger.

Menempatkan Ads di Bawah atau Atas Konten

Ads bisa dipasang pada bagian atas atau bawah postingan, tentunya dengan pengaturan tertentu. Tampilan ini mengharuskan Anda memasang kode unik sebagai template. Sebagai gambaran, kami berikan contoh langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Adsense, silakan buat unit iklan baru
  2. Salin kode dari unit iklan yang sudah dibuat pada nomor satu
  3. Parse kode dari yang sudah disalin pada nomor dua
  4. Paste atau tempelkan kode iklan adsense blog yang sebelumnya sudah diparse
  5. Masuk ke Dashboard Blogger
  6. Arahkan kursor ke bagian Tema
  7. Kemudian Edit HTML
  8. Silakan cari kode <data:post.body/>
  9. Jika ingin menempatkan ads pada bagian atas maka tempatkan kodenya pada bagian atas kode tersebut
  10. Sementara jika ingin menambahkan ads pada bagian bawah maka silakan letakan kode iklannya pada bagian bawah kode nomor delapan

Untuk memberikan spasi antara konten dengan ads bisa menambahkan </p> pada bagian depan maupun belakang konten yang diiringi ads-nya. Jika Anda ingin menampilkan iklan adsense blog di tengah-tengah, maka prosedurnya beda lagi.

Cukup tambahkan kode <center> pada bagian depan kode iklannya atau juga menyematkan kode </center> pada bagian belakang kode iklannya. Penyematan kode <data:post.body/> ini nantinya berperan penting untuk mengubah-ubah posisi ads di Blogger.

Contoh, ketika ingin menempatkan ads pada bagian tengah maka kodenya harus diubah. Kemudian jika ingin menempatkan ads di dalam feed maka terdapat kode tertentu juga yang harus disesuaikan dengan penempatan iklannya.

SEO dan Konsistensi Menarik Ads

Pemilik iklan bisa memiliki berbagai pertimbangan sampai akhirnya mau menempatkan promosi produk maupun layanan mereka pada jurnal online Anda. Berbagai pertimbangan tersebut bisa berkaitan dengan kesesuaian konsep jurnal online Anda dengan produknya.

Bisa juga alasan pemasangan iklan adsense blog mempertimbangkan peluang jurnal online Anda mengungguli berbagai jurnal online sejenis lainnya. Keunggulan ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya kekuatan konten SEO yang mendorong rank artikel di Google.

Sebuah jurnal online yang saat ini menghasilkan pendapatan merupakan jurnal online yang dalam rangka posting kontennya konsisten oleh pengelola. Konsistensi ini harus diupayakan sekali selama minimalnya satu tahun agar Google kebal terhadap algoritma kata kunci.

Ketika sudah melewati masa perjuangan satu tahun, konsistensi unggah konten harus dipertahankan. Karena ini salah satunya yang akan menjadi daya tarik bagi para investor atau pemilik iklannya mau memasangkan iklan adsense blog khusus pada jurnal online Anda.