Infinix Hot 11 Play, Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Infinix Hot 11 Play, Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Infinix Hot 11 Play – Infinix adalah pemasok smartphone ke Transsion Holdings yang berbasis di Hong Kong, salah satu pemain terkemuka dalam kisaran harga entry-level. Hal ini otomatis menjadi pesaing Xiaomi dan Realme.

Infinix merilis semakin banyak produk baru setiap tahun untuk memberikan solusi komunikasi dan teknologi yang luas kepada masyarakat. Salah satu seri yang paling diminati konsumen adalah INFINIX HOT. Pada akhir tahun 2021, Inifnix Hot 11 Play lahir.

Nama “Play” di sini berarti varian yang lebih sederhana daripada Infinix Hot 11 biasa. Mengingat banyak minat pada Infinix Hot 11 Play, kami telah memutuskan untuk mengungkapkan pro dan kontra.

Sedikit bocoran, salah satu kelebihannya adalah ukuran layarnya yang besar. Apakah kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut? Simak spesifikasi dan poin kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Baca Juga: Aplikasi trading Forex Terbaik Untuk pemula Wajib Coba

Spesifikasi Infinix Hot 11 Play

SPESIFIKASI INFINIX HOT 11 PLAY
Rilis Desember 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, XOS 7.6
Chipset MediaTek MT6765G Helio G35 (12 nm)
CPU Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM 4 GB
Memori 64 GB
Dimensi 171.8 x 78 x 8.9 mm
Layar IPS LCD, 6,82 inci, HD+
Kamera Utama 16MP (wide) + kamera sekunder
Kamera Depan 8 MP
Baterai Li-Po 6000 mAh
Warna Green, Gold, Blue, Black
Harga Rp 1,6 jutaan

Kelebihan Infinix Hot 11 Play

Salah satu ponsel termurah dan terbaik, Infinix Hot 11 Play menjamin kualitas yang akan membuatmu melongo. Apa aja sih? Berikut adalah poin plusnya.

1. Kapasitas baterai 6.000mAh

Rupanya, Infinix telah memutuskan untuk memberikan varian Play dari seri Hot 11 perlakuan yang sama. Pasalnya, seperti pendahulunya, Infinix Hot 10 Play, Infinix Hot 11 Play kembali mengemas baterai berkapasitas jumbo. Kebetulan, kapasitasnya 6.000mAh!

Menurut halaman spesifikasi resmi, ponsel terjangkau ini dapat mendukung waktu bicara hingga 53 jam. Perangkat Infinix juga bisa bertahan hingga 55 hari dalam mode standby.

Secara umum, Infinix Hot 11 Play berlangsung sepanjang hari hingga hari berikutnya dalam satu siklus pengisian daya. Dengan kata lain, HP ini adalah ponsel yang cocok untuk orang-orang dengan mobilitas terbatas, seperti pengemudi ojek online, atau mereka yang senang bermain game sepanjang hari.

Omong-omong, ponsel ini terbukti tahan lama saat bermain PUBG Mobile, bahkan saat bermain game. Seorang YouTuber bernama Ponbara memainkan game PUBG mobile di ponselnya selama 15 menit. Sebelum diputar, baterai ponsel saya 74%.

Ternyata baterai Infinix Hot 11 Play bekas hanya habis 3% setelah diputar alias masih ada sisa baterai 71%. Ini benar-benar kinerja baterai yang luar biasa. Sekarang kamu tidak perlu khawatir kehabisan baterai lagi saat mencoba menaikkan peringkat di Hangouts sepanjang hari.

Infinix Hot 11 Play juga memanfaatkan fitur hemat daya bernama Power Marathon Tech. Fitur ini mengaktifkan Ultra Power Mode saat level baterai hanya 5% untuk meningkatkan 25% sisa baterai cadangan. Fitur canggih ini memberikan telepon tambahan 37 jam waktu penggunaan.

Baca Juga: Situs dan Aplikasi Edit Foto Ucapan Ramadhan Beserta Caranya

2. Dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bagian belakang dan face unlock

Kehadiran pemindai sidik jari dan Face Unlock sudah menjadi hal yang lumrah di industri smartphone. Kami mulai dengan ponsel unggulan yang menawarkan sensor di layar, dan ponsel entry-level yang menampilkan sensor ini di belakang bodi.

Wajar jika HP memiliki sensor sidik jari di 2 juta ponsel. Namun, sebagian besar produsen smartphone masih enggan menawarkan sensor yang berguna ini ke sejuta ponsel, seperti Samsung Galaxy A03 Core, misalnya.

Jadi, Infinix Hot 11 Play memiliki sensor sidik jari di bagian belakang, yang merupakan kabar baik bagi yang ingin membelinya. Sensor ini pasti berguna saat membuka kunci layar atau mengakses aplikasi fintech seperti OVO.

Kini kamu bisa langsung menggunakan perangkat tanpa harus memasukkan password atau nomor pola yang ribet. Hp ini juga memiliki fitur face unlock melalui kamera depan.

Infinix Hot 11 Play menambah jajaran satu juta ponsel yang sudah menggunakan sensor sidik jari. Tanpa menghabiskan banyak uang, keberadaan ponsel Infinix telah membuat hidupmu jauh lebih mudah.

3. Desain bodi belakang yang menarik

Dengan adanya sensor sidik jari di bagian belakang, kamu pasti dapat menemukan celah atau lekukan di bagian belakang bodi, yang tentunya akan mempengaruhi estetika ponsel secara keseluruhan.

Upaya mencocokkan warna bodi dengan soft case yang akan digunakan mau tak mau perlu. Untungnya, HP ini tersedia dalam empat variasi warna yang lucu: Sunset Gold, Exploratory Blue, Polar Black, dan Haze Green.

Tema desain yang diterapkan pada ponsel ini adalah Desain Irama Gerak 3D, yang menampilkan garis reflektif dan desain simetris. Secara lahiriah, Infinix Hot 11 Play bukanlah opsi terburuk yang bisa didapatkan dalam kisaran harganya.

Baca Juga: 12 Aplikasi Yang Wajib Ada di HP Mahasiswa Agar Lebih Produktif

4. Ukuran layar 6,82 inci aman

Satu hal yang menarik untuk dilihat dari Infinix Hot 11 Play adalah ukuran layarnya, yang kira-kira setara dengan tablet. Sementara banyak pesaingnya tetap menggunakan 6,5 inci, ponsel ini sebenarnya memiliki diagonal 6,82 inci, membuat menonton film dan serial favoritmu jauh lebih menyenangkan.

Pada rasio aspek 20,5:9 ini, layar ditampilkan sebagai jenis panel IPS LCD dengan rasio aspek bodi sekitar 90,66%. Bezel terlihat cukup tebal hanya di bagian bawah, tetapi di bagian atas juga menandai celah dengan rumah kamera depan.

Resolusi yang diberikan layar dikenal sebagai HD+ atau 720 x 1640 piksel. Ini bukan resolusi terbaik mengingat beberapa ponsel, yang harganya hampir 2 juta unit, sudah mendukung resolusi Full HD+ (1080p). Infinix Hot 11 Play juga menawarkan tingkat kecerahan layar tipikal 440 nits.

5. Jumlah besar RAM + memori internal

Itu tidak lagi mengemas RAM 2GB dan memori internal 32GB yang sama dengan Infinix Hot 10 Play. Sekarang HP ini membuka opsi memori internal terendah di 64GB. Untuk varian kedua memiliki memori internal 128 GB. Kedua opsi ini dipadukan dengan RAM 4GB.

Dengan memori internal yang lebih besar, Infinix Hot 11 Play diyakini dapat menampung lebih banyak aplikasi dan file dibandingkan kompetitornya. Jenis memori internal eMMC 5.1 ini juga dapat diperluas melalui memori eksternal di slot terpisah. Sebuah microSD yang dapat dimasukkan ke dalam slot diketahui mendukung kapasitas hingga 512GB.

6. Performa chipset yang lebih baik dari generasi sebelumnya

Tak heran jika sebagian orang kecewa dengan performa Infinix Hot 10 Play yang hanya menggunakan MediaTek Helio G25 sebagai mesinnya. Chipset tersebut merupakan varian termurah dari seri Helio G yang didedikasikan untuk gaming.

Nah, Infinix juga memiliki chipset bawaan yang lebih bertenaga bernama Helio G35 untuk meningkatkan fitur performanya. Keduanya dimaksudkan untuk ponsel murah, tetapi Helio G35 memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi untuk CPU.

Dalam spesifikasinya, Helio G35 menawarkan konfigurasi prosesor 8-inti dengan empat inti ARM Cortex A53 yang kuat berjalan pada 2,3 GHz. Sedangkan untuk unit hemat daya, terdapat 4 core hemat daya ARM Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 GHz.

Helio G35 hadir dengan kartu grafis PowerVR GE8320 dan memiliki proses manufaktur 12nm. Untuk menunjang pengalaman membuka banyak aplikasi sekaligus, smartphone ini menggunakan RAM 4GB.

Chipset ini memungkinkan HP ini untuk menjalankan game yang membutuhkan kemampuan grafis tinggi, seperti PUBG Mobile. Berdasarkan apa yang dipantau video YouTube YT Exotic, Infinix Hot 11 Play dapat mencapai frame rate 25 FPS pada pengaturan Balance – Medium atau Smooth – Medium.

Ya, frame rate 25 FPS mungkin tidak memberikan pengalaman yang cukup baik, tetapi masih cukup tangguh mengingat harganya di kisaran jutaan. Karena beberapa rival dengan harga yang sama bahkan tidak menawarkan framerate yang baik ini saat bermain PUBG Mobile.

Baca Juga: 15 Aplikasi Untuk Pelajar Sekolah Menengah Terbaik 2022

7. Mendukung WiFi 5 dan Bluetooth 5.0

Konektivitas WiFi dan Bluetooth telah menjadi suatu keharusan untuk setiap ponsel. Tanpa kedua fitur ini, ponsel akan kesulitan mengirim atau menerima data antar perangkat. Untungnya, Infinix Hot 11 Play menyediakan fitur WiFi 5 Dual Band, yang dapat terhubung ke pita jaringan 2,4GHz dan 5GHz.

Sementara itu, versi Bluetooth juga merupakan salah satu versi terbaru, Bluetooth 5.0. Sebagai referensi, versi Bluetooth yang lebih umum pada titik harga ini adalah Bluetooth 4.2.

Infinix Hot 11 Play memperkenalkan versi terbaru dengan jarak deteksi yang lebih jauh dan latensi yang lebih rendah. Konon, perangkat ini tidak akan mengecewakan saat dihubungkan ke earphone nirkabel. Suara yang kamu dengar lebih sinkron.

Kekurangan dari Infinix Hot 11 Play

Meski memiliki banyak kelebihan, tak bisa dipungkiri bahwa HP ini merupakan ponsel entry-level dengan segala keterbatasannya. Jangan lupa untuk meninjau kontra di bawah ini sebelum membeli, daripada menyesal kemudian.

1. Tanpa pengisian cepat

Ya, baterai pada Infinix Hot 11 Play sebenarnya sangat besar. Semua orang akan mengakuinya. Namun, ini biasanya memengaruhi waktu pengisian daya yang jauh lebih lambat daripada ponsel lain.

Ini diperparah oleh fakta bahwa tidak ada pengisian cepat, fitur yang harus dimiliki setiap ponsel. Faktanya, HP ini hanya menyediakan 5V/2A (pengisian 10W), dan dengan kapasitas 6.000mAh, dibutuhkan lebih dari 3 jam untuk mengisi penuh.

Bagi pengguna yang merasa fast charging adalah suatu keharusan, beberapa ponsel dengan harga 1 juta unit sudah menawarkan fast charging 18W, dua di antaranya adalah Redmi 9T dan Infinix Hot 11s NFC.

2. Hitung konfigurasi kamera minimum

Ini bukan smartphone tanpa kamera di bagian depan dan belakang. Itu murah, tetapi Infinix Hot 11 PLAY juga memiliki kamera untuk memuaskan hasrat dan minat dalam fotografi.

Sekilas, HP ini tampak memiliki konfigurasi tiga lensa di bagian belakang. Padahal, ponsel ini hanya mengemas konfigurasi kamera ganda.

Namun, tidak jelas apa yang akan dilakukan lensa pendamping. Infinix Hot 11 Play diketahui mengusung kamera utama 13MP f/1.8 dengan kemampuan wide angle dengan ukuran sensor 1/3,1 inci. Kamera kedua hanya disebut sebagai Magic AI Portrait, tanpa mengetahui apa resolusinya.

Tidak banyak orang yang lebih bersandar pada ponsel lain seperti Redmi 9C. Bahkan di titik harga yang sama, Redmi 9C dibekali kamera 13 juta (wide), 2 juta (makro), dan 2 juta (kedalaman).

Baca Juga: 10 Aplikasi Untuk Mencatat Tugas Sekolah Terbaik dan Mudah

3. Tidak Ada NFC

Singkatnya, NFC, yang merupakan singkatan dari Near Field Communication, merupakan salah satu fungsi penting ponsel sebagai sarana transmisi antar perangkat. Ini mirip dengan Bluetooth. Bedanya, Bluetooth membutuhkan proses pairing terlebih dahulu, sedangkan NFC tidak.

NFC juga dapat dengan mudah mendeteksi isi saldo kartu eMoney dan eToll, membuat hidup lebih mudah bagi mereka yang sering memarkir kendaraan 4WD mereka di bawah tanah atau bepergian ke luar.

Dalam beberapa kasus, NFC juga dapat digunakan untuk menyalin kredensial dari kartu pintu kantor dan apartemen untuk membuka kunci pintu dengan ponsel juga. Fitur ini biasa disebut sebagai NFC multifungsi.

Pada awalnya, NFC tampak eksklusif, karena hanya dimiliki oleh ponsel kelas atas dan menengah. Seiring berjalannya waktu, NFC sepertinya sudah mulai merambah dengan ponsel murah dibanderol minimal satu juta rupiah. Sayangnya, Infinix Hot 11 Play tidak menawarkan ini.

Infinix telah memutuskan untuk menawarkan NFC dalam varian seri lainnya, Infinix Hot 11s NFC. Pengguna dapat memilih Hot 11s NFC, tetapi ini adalah opsi yang tidak terlalu menggiurkan dengan harga yang hampir melewati angka $2 juta.

Alternatif yang lebih cocok adalah Tecno Spark 7 NFC yang dibanderol hanya Rp 1,3 juta. Kamu dapat menemukan detail lebih lanjut di daftar ponsel yang dilengkapi NFC termurah kami.

Kesimpulan

Terlalu banyak informasi yang bisa kami berikan tentang kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 11 Play. Ini adalah salah satu HP termurah dan salah satu pesaing terkuat bagi mereka yang mencari HP bagus tanpa anggaran besar.

Bahkan, layarnya sangat besar sehingga sulit untuk memuat 2 juta atau 3 juta ponsel. Kehadiran baterai 6.000mAh juga menjadi pelengkap yang baik untuk mendukung ukuran layarnya.

Infinix Hot 11 Play yang hadir dengan chipset Helio G35 tidak serta merta menjadikannya ponsel berperforma buruk. Kemampuan untuk memainkan PUBG Mobile meskipun frame ratenya di bawah rata-rata adalah pertanda baik.

Apakah kamu menemukan pro dan kontra dari Infinix Hot 11 Play di artikel ini? Jangan lupa untuk mengunjungi dan membandingkan daftar HP Infinix terbaru dan juga daftar 1 juta HP teratas lainnya.

Artikel Lainnya: