Cara Agar HP Tidak Ngelag

Inilah 9 Cara Agar HP Tidak Ngelag

Di era ini, ada banyak smartphone kelas atas. Namun sayangnya masih ada sebagian orang yang tidak bisa menghindari masalah lemot atau lag. Jadi, penting untuk mengetahui cara agar HP tidak ngelag untuk menghindari masalah ini.

Masalah kelambatan telepon terjadi karena sejumlah alasan, termasuk menginstal terlalu banyak aplikasi, menurunkan kesehatan baterai, dan kehabisan RAM. Namun, beberapa masalah ini disebabkan oleh banyak virus yang menyusup ke sistem HP yang memperlambat atau menunda. Sekarang tidak perlu khawatir lagi. Di bawah ini kami jelaskan beberapa cara agar HP tidak ngelag. Baca artikelnya sampai habis yuk!

Bagaimana Cara Agar HP Tidak Ngelag

Ada beberapa cara agar HP tidak lemot supaya kalian dapat menggunakan smartphone mereka dengan lebih nyaman.

1. Perhatikan Kapasitas Memori

Setiap smartphone memiliki spesifikasi memori yang berbeda. Spesifikasi ini dapat mempengaruhi kinerja smartphone. Selain RAM, kalian juga perlu mengetahui berapa banyak memori yang dimiliki untuk menghindari masalah lambat atau lag. Jadi terserah sobat bagaimana caranya agar hp sobat tidak terlalu banyak menyimpan data agar hp sobat tidak lag.

2. Gunakan Aplikasi Antivirus

Cara agar HP tidak ngelag selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus. Cara ini penting untuk mencegah virus merusak sistem HP. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sobat tidak disarankan untuk menginstal lebih dari satu aplikasi antivirus di HP. Pasalnya, aplikasi antivirus terus berjalan di latar belakang ponsel, yang menghabiskan lebih banyak RAM dan dapat memperlambat kinerja HP.

3. Rajin Membersihkan Sampah, Cache, dan File yang Tidak Digunakan

Teman-teman juga bisa rajin membersihkan HP dari sampah, cache dan file yang tidak terpakai agar ponsel tidak delay. Ini karena file-file ini dianggap ‘sampah’ oleh sistem HP dan dapat memperlambat atau menunda telepon jika dibiarkan tanpa pengawasan untuk waktu yang lama.

Trending:  Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A03, Keunggulan dan Kelemahan

4. Pembaruan Sistem dan Perangkat Lunak

Memperbarui sistem secara teratur adalah salah satu cara agar HP tidak ngelag. System and Software Update (Pembaruan Perangkat Lunak) Apabila ada notifikasi, kami sarankan untuk segera melakukan pembaruan. Metode ini bertujuan untuk memperbaiki masalah apa pun yang mungkin kalian temui dengan sistem yang lebih lama. Karena pembaruan perangkat lunak pasti akan memberikan peningkatan yang lebih andal dan menyertai fitur-fitur baru.

5. Kurangi Penggunaan Widget

Tahukah kalian bahwa mengurangi penggunaan widget sebenarnya bisa menjadi cara mengatasi hp ngelag? Tapi apa sebenarnya widget itu? Widget adalah tampilan aplikasi mini yang dapat kalian sematkan di aplikasi lain atau layar beranda.

Widget tidak hanya mempercantik layar utama, tetapi juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa membukanya. Ini dapat mempercepat akses, tetapi menggunakan widget sebenarnya menghabiskan lebih banyak konsumsi RAM. Akibatnya HP sobat akan melambat atau lag. Jadi, kurangi penggunaan widget untuk menghindari lag di HP.

6. Hapus atau Hentikan Aplikasi yang Tidak Perlu

Secara umum, kita selalu tergoda untuk menginstal berbagai aplikasi yang hanya kita gunakan sekali atau dua kali. Kebiasaan ini dilakukan karena sangat menarik untuk dicoba aplikasinya. Bahkan, aplikasi yang baru diinstal seringkali memiliki fitur yang bisa dibilang hampir sama dengan aplikasi yang diinstal sebelumnya. Akibatnya, aplikasi yang tidak perlu memenuhi ruang penyimpanan HP.

Oleh karena itu, kalian harus mengambil langkah-langkah untuk menghindari penundaan telepon dengan menghapus atau menghentikan aplikasi yang tidak digunakan dan memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi lain.

7. Menggunakan Memori Eksternal

Menggunakan memori eksternal bisa menjadi salah satu cara agar HP tidak ngelag. Salah satu penyebab HP lambat adalah kapasitas memori menjadi penuh dan sistem HP menjadi semakin sulit untuk dioperasikan. Solusinya adalah dengan menggunakan memori eksternal agar HP tidak mudah lemot.

Trending:  8 Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Atau Lemot, Semua Android

8. Lakukan Reset Pabrik

Salah satu cara yang bisa kalian pilih untuk menghindari penundaan pada HP adalah dengan melakukan reset pabrik secara teratur. Cara ini bertujuan untuk membersihkan segala penumpukan pada sistem HP. Metode untuk mencegah ponsel tertunda selama reset pabrik mungkin berbeda tergantung pada model HP. Karena setiap tipe atau merk HP memiliki settingan tersendiri. Jadi, kalian bisa mempelajari tentang reset pabrik di situs web resmi jenis ponsel yang digunakan.

9. Jangan Menjalankan Baterai HP Sampai 0%.

Melindungi HP dari lag sama pentingnya, tetapi perhatikan penggunaan baterai. Apakah kalian sering lupa waktu saat bermain game atau menggunakan media sosial? Jika kebiasaan ini terus berlanjut, bisa jadi kalian kecanduan gadget. Ini dapat memiliki efek negatif karena baterai HP lebih mudah habis. Bahkan bisa menggunakan HP sampai baterai habis. Nah, kebiasaan ini bisa jadi salah satu penyebab HP lemot. Jadi, perlu mengambil langkah-langkah untuk mencegah ponsel dari lag dengan tidak membiarkan baterai turun ke 0%. Sebaiknya segera isi daya baterai saat sudah mencapai 20%.

Jika HP kalian lambat atau lag, mungkin akan terganggu. Jadi, itulah beberapa cara agar HP tidak ngelag dari atas. Jika cara di atas sudah diikuti dan HP masih lemot, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya dengan ponsel baru.

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …