Inilah Asuransi Kerugian dan Jenisnya

Berbicara mengenai ansuransi, di Indonesia sendiri telah banyak beredar berbagai macam jenis ansuransi yang mana ada ansuransi kesehatan, ansuransi umum, ansuransi rumah, ansuransi pendidikan dan lain-lainnya. Beberapa diantaranya adalah ansuransi jiwa dan ansuransi kerugian. Yang menjadi pembeda antara antara asuransi jiwa dengan asuransi kerugian terletak pada obyek pertanggungannya.

Untuk kali ini, yang akan dibahas adalah jenis yang mana suatu perjanjian yang memberikan ganti kerugian bagi tertanggung apabila barang atau objek pertanggungan mengalami kerusakan akibat peristiwa yang tak terduga.dan perusahaan ansuransi tersebutlah yang mempunyai tanggung jawab sebagai penanggung kerugiannya.

Pengertian lainnya menyebutkan bahwa, perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian yang terjadi, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang timbul dari peristiwa yang tidak pasti tersebut . dan perlu Anda ketahui juga bahwa, objek pertanggungan dalam asuransi kerugian adalah berupa barang atau properti, seperti rumah, mobil, dan pabrik, apartemen, ruko,  serta kewajiban hukum terhadap pihak ketiga.

Adapun jenis-jenis dari ansuransi kerugian ini adalah :

  1. Asuransi Kebakaran

Jenis asuransi pertama ada asuransi kebakaran yang mana jenis asuansi ini adalah produk asuransi yang berguna untuk melindungi properti dari risiko kebakaran. Barang yang ditanggung asuransi ini yaitu berupa bangunan, rumah, pabrik, serta benda bergerak yang meliputi kendaraan bermotor serta kapal. Jenis asuransi ini berguna untuk memberikan proteksi terhadap pelaku usaha yang memiliki aset berupa bangunan, pabrik, perkantoran, pertokoan, rumah sakit, rumah makan hingga bangunan lain yang punya nilai ekonomi tinggi.

Asuransi kebakaran juga menanggung kebakaran yang disebabkan oleh petir, ledakan, atau kejatuhan pesawat terbang. Jadi, tidak murni karena kebakaran yang ditimbulkan karena faktor internal tetapi juga faktor eksternal. Umumnya asuransi pengangkutan barang juga menjamin perlindungan terhadap alat angkut yang digunakan. Sebagai contoh, jika kapal yang digunakan untuk mengangkut barang tenggelam, maka asuransi kerugian akan menanggung kerugian atas hilangnya kapal maupun barang yang diangkutnya.

Trending:  Yuk, Siapkan Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak

2. Asuransi Kerugian Kendaraan Bermotor

Jenis lainnya yaitu asuransi kendaraan bermotor.Jenis asuransi ini akan mengganti biaya kerugian akibat kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor Anda.Ada dua jenis risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi kendaraan bermotor, yaitu kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor tersebut dan tanggung jawab hukum tertanggung kepada pihak ketiga yang bersangkutan.

  1. Asuransi Properti

Jenis Asuransi selanjutnya ini bertujuan untuk melindungi kerusakan pada properti yang merupakan bagian dari asset yang Anda miliki. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap herta benda dari risiko kebakaran, bencana alam, hingga kerusakan lain yang bisa datang saja terjadi secara tiba-tiba.

  1. Asuransi Kerugian Kelautan

Asuransi kelautan  merupakan jenis perlindungan kepada risiko kehilangan-kehilangan benda yang ada di laut, termasuk kehilangan pada saat perjalanan di laut. Asuransi ini berguna untuk melindungi aktivitas ekspor, impor, pengiriman barang, hingga pemilik barang pindahan. Asuransi ini juga dapat melindungi risiko kerugian atau kerusakan barang selama pengkutan atau pengiriman berlamgsung.

  1. Asuransi Pengangkutan

Jenis ini menjamin kerugian akibat terjadinya kerusakan atau kehilangan barang yang diangkut selama pengangkutan dari satu tempat ke tempat lainnya.

  1. Asuransi Kerugian Kredit

Asuransi ini berhubungan dengan dunia perbankan yang berfokus pada asuransi jaminan kredit. Produk yang dicover oleh asuransi kerugian ini yaitu benda bergerak dan benda tak bergerak yang bisa mengalami risiko kerugian kapan saja bagi pemilik barang atau pemberi kredit tersebut.

  1. Asuransi Aneka

Jenis ansuransi selanjutnya adalah jenis ansuransi aneka, yang mana jenis ansuransi merupakan ansuransi perlindungan yang diberikan selain yang sudah di-cover oleh asuransi kebakaran dan asuransi pengangkutan barang. Jumlahnya memang lebih banyak karena ada berbagai macam jenis jaminan ansuransi perlindungan dengan objek tertanggung yang berbeda beda. Berikut ini adalah jenis ansuransi yang ada di ansuransi aneka yaitu ada ansuransi pencurian, ansuransi kecelakaan, ansuransi perjalanan, kendaraan bermotor, property all risk, ansuransi bencana gempa bumi, ansuransi profesi, ansuransi tanggungan tergugat, ansuransi mesin dan peralatan, ansuransi konstruksi, ansuransi pemasangan mesin, perlaatan elektronik dan masih banyak yang lainnya.

Trending:  Apa Itu Asuransi Kredit Berikut Jenis Dan Manfaatnya?

Adapun Tips Untuk Memilih Produk Asuransi Kerugian Yang Tepat Adalah :

1. Pilih barang yang hendak diasuransikan

Sebelum memilih produk asuransi kerugian, pastikan Anda telah mengetahui barang apa yang akan diasuransikan. Misalnya, jika Anda ingin mengasuransikan kendaraan, maka Anda bisa menginput kendaraan tersebut ke dalam barang yang hendak diasuransikan.

2. Pilih perusahaan asuransi terbaik

Tips memilih asuransi kerugian selanjutnya, pastikan Anda memilih asuransi terbaik dan terpercaya. Dengan demikian, Anda dapat memiliki perlindungan terbaik sesuai biaya premi yang mampu Anda bayarkan.

  1. Pilihlah Produk Asuransi Yang Paling Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Jika ingin memiliki asuransi kerugian, pastikan Anda memilih paket produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan memilih paket produk, maka Anda bisa mendapat pelayanan dan fasilitas potongan terbaik. Anda juga diasarankan untuk memilih first loss insurance. Hal tersebut bertujuan agar premi yang dibayarkan terjangkau.

Berdasarkan penjelasan diatas itulah tadi, terkait asuransi kerugian, perlu diingat sebelum Anda mengajukan ansuransi kerugian, Anda perlu memperhatikan dengan betul jenis kerugian apa yang sedang Anda alami, baru Anda bisa mengajukannya.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …