Kekurangan Dan Kelebihan Asuransi

Kekurangan Dan Kelebihan Asuransi – Kelebihan menabung dengan asuransi adalah dapat disimpan secara sistematis. Kerugiannya adalah Anda tidak dapat mengubahnya secara bebas dan Anda akan kehilangan uang jika membatalkan lebih awal.

Asuransi jiwa untuk tujuan menabung meliputi asuransi pelajar/asuransi anak, asuransi dwiguna, asuransi anuitas, dan asuransi seumur hidup. Selain itu, asuransi dalam mata uang asing, di mana asuransi serupa dikontrakkan dalam mata uang asing, dan asuransi jenis investasi, di mana aset dikelola dalam bentuk saham, ditambahkan.

Meskipun jumlahnya kecil, namun seringkali disertai dengan asuransi kematian, yang membayar asuransi kematian saat Anda meninggal, dan biayanya ditambahkan ke premi asuransi (tidak termasuk asuransi pensiun). Jika Anda menabung dengan asuransi, ketahuilah bahwa biayanya akan lebih merugikan daripada deposito dan tabungan.

Beberapa manfaat asuransi adalah:

Anda pasti dapat menghemat uang sekolah dan pensiun

Ketika Anda membuat kontrak asuransi, premi tetap secara otomatis dipotong bulanan atau tahunan melalui transfer rekening bank, dll., dan jumlah yang dijanjikan dibayarkan pada tanggal jatuh tempo atau tanggal kontrak. Dengan kata lain, Anda bisa menyimpannya secara sistematis dan pasti.

Sulit digunakan untuk tujuan selain tujuan

Karena deposito dan tabungan dapat digunakan secara bebas, mereka dapat digunakan untuk tujuan selain biaya pendidikan, seperti perjalanan dan mobil. Dengan asuransi, ada banyak sistem di mana uang dibayarkan ketika uang dibutuhkan, seperti biaya jatuh tempo yang sesuai dengan masuknya anak, dan itu juga merupakan keuntungan yang sulit digunakan untuk tujuan selain tujuan yang dimaksudkan.

Namun, ia memiliki kelemahan berikut.

Sulit untuk mengubah rencana

Sulit untuk mengubah rencana asuransi ketika Anda ingin mengurangi pembayaran premi karena pendapatan Anda berkurang, Anda ingin istirahat selama 3 tahun, atau Anda ingin meningkatkannya. Ada beberapa perubahan yang dapat dilakukan dalam kondisi tertentu, tetapi beberapa orang membatalkan tanpa menyadarinya. Jika Anda merasa sulit untuk membayar premi asuransi Anda, jangan langsung membatalkan dan pastikan untuk berbicara dengan perusahaan asuransi Anda untuk opsi lain.

TRENDING:  Apa Asuransi? Dan Apa Manfaat Untuk Penggunanya

Kerugian pembatalan

Anda mungkin harus mengambil asuransi endowmen atau asuransi anuitas dan membatalkannya dalam beberapa tahun setelah bergabung karena suatu alasan.
Dalam beberapa kasus, hanya setengahnya yang kembali. Ini adalah perbedaan besar antara asuransi dan deposito dan tabungan.

Di sisi lain, asuransi tidak dapat diambil masuk dan keluar secara bebas.