Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Fitur ini belum dirilis sejak kamera pertama kali di-porting ke ponsel. Bahkan terus berkembang hingga bisa bersaing dengan kamera DSLR. Nah, kali ini tim kami menyiapkan review kamera terbaik HP Samsung A51. Termasuk juga kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51.

Tahun 2020 adalah tahun kebangkitan HP kelas menengah. Jika tidak, pengguna dapat menemukan berbagai perangkat yang mengisi kelas ini. Selain itu, masing-masing vendor telah meluncurkan HP kelas menengah terbaik untuk mendominasi pasar dan memenangkan persaingan.

Tak mau ketinggalan, Samsung Mobile telah meluncurkan seri Galaxy A51. Ponsel ini adalah jantung dari perusahaan di kelas ini. Dengan menerapkan teknologi terkini, desainnya terlihat mewah dan harganya cukup terjangkau.

Selain itu, banyak media asing yang juga membocorkan performa kamera Galaxy A51. Bahkan, beberapa menjadikannya sebagai ponsel kamera dengan harga terbaik di tahun 2020.

Baca Juga: 9 Aplikasi Translate Semua Bahasa Terbaik dan Gratis di Android

Sebenarnya jika dilihat dari usianya, Galaxy A51 terbilang cukup tua. Samsung Mobile meluncurkan versi internasional dari perangkat ini pada akhir tahun 2019. Sementara itu, Samsung Indonesia memulai penjualannya pada awal tahun 2020.

Tetapi bagi pembaca yang mencari ponsel untuk fotografi, yang satu ini mungkin layak dipertimbangkan. Sebelum membeli, perhatikan terlebih dahulu spesifikasi Samsung Galaxy A51, harga, dan penjelasan kami mengenai kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Samsung menggunakan bahan unik yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Glass Stick. Pengguna bisa mendapatkan kesan premium saat memegang perangkat. Bahkan, harganya jauh lebih murah dibandingkan material yang membalut bodi Samsung Galaxy S21 series.

Itu sebabnya Galaxy A51 mencuri begitu banyak perhatian. Dipadukan dengan lapisan rangka aluminium, pasti menambah nuansa kemewahan perangkat.

Trending:  Inilah Tips Memilih Kamera Terbaik Yang Bisa Anda Coba!

Di sisi layar, ia memiliki panel OLED 6,5 inci bawaan. Layar HP samsung ini mampu menghasilkan grafis berkualitas Full HD+ dengan resolusi 2.400×1080 piksel. Cukup mengejutkan mereka memilih layar OLED untuk sebuah ponsel dengan harga 4 juta rupiah. Di sisi lain, kristal juga menambah daya tarik perangkat.

Kamu dapat menemukan lubang punch di tengah layar. Lubang itu dikelilingi oleh cincin logam perak. Beberapa pengguna mungkin menganggap desain lubang punch ini cukup mengganggu. Tapi, menurut penulis, desain ini malah membuatnya semakin menarik.

Punch hole ini merupakan wadah untuk kamera 32MP. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan foto selfie yang lebih tajam dan maksimal dengan kamera ini. Bahkan jika menggunakan TikTok untuk merekam klik video, hasilnya mungkin lebih jelas.

Baca Juga: 7 Aplikasi Menjual Gambar Foto Terbaik Untuk Menghasilkan Uang

Balikkan perangkat dan kamu akan menemukan modul berbentuk persegi. Modul ini memiliki 4 kamera belakang dan 1 LED flash. Keempat kamera belakang masing-masing mendukung lensa utama 48 megapiksel f/1.7, lensa sudut ultra lebar 12 megapiksel, lensa makro 5 megapiksel, dan sensor kedalaman 5 megapiksel.

Dari segi performa, Samsung Galaxy A51 mengandalkan chipset yang dikembangkan perusahaan. Jenis chipset yang digunakan di Galaxy A50s selain SoC Exynos 9611. Bedanya hanya mendukung RAM dan ROM yang lebih besar.

Pengguna juga memiliki lebih banyak kebebasan untuk menggunakan perangkat sesuai dengan kebutuhan mereka yang berbeda. Itu karena Samsung A51 memiliki RAM 8GB pada ROM 128GB. Ini menjanjikan untuk menjadi cukup luas dan nyaman. Benar?

Berdasarkan upaya penulis, kamu dapat memainkan berbagai game berat menggunakan Galaxy A51. PUBG Mobile, Mobile Legends: Dari Bang Bang hingga COD Mobile.

Trending:  Spesifikasi dan Harga HP Realme 8i Kelebihan, Kekurangannya

Hanya saja hasilnya sedikit mengecewakan ketika penulis menggunakannya untuk memainkan Genshin Impact. HP cenderung panas dan sering merusak gambar.

Bahkan untuk penggunaan sehari-hari, kombinasi dapur pacu sudah pasti cukup menunjang aktivitas penggunanya. Bahkan, kamu tidak perlu khawatir dengan ponsel yang lambat atau baterai yang mudah terkuras.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Pengubah Suara dan Efek Keren, Unik

Harga Samsung Galaxy A51Terbaru

Belum ada pemotongan harga sejak Samsung Indonesia pertama kali memperkenalkan model ini pada tahun 2020. Menurut penelusuran penulis di situs resmi Samsung Indonesia, harga Galaxy A51 terbaru masih di kisaran Rp 4.399 juta.

Untungnya, penulis telah menemukan variasi harga yang lebih luas di e-commerce. Bahkan ada toko online yang menjual Samsung Galaxy A51 dengan harga di bawah 4 juta rupiah. Tawaran yang sangat menggiurkan bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Dibandrol dengan harga 4 jutaan, Samsung Galaxy A51 memang layak untuk dipilih banyak pengguna. Baik suka video game, streaming, atau blog. Spesifikasi komponen telah terbukti dapat mengakomodasi semua kebutuhanmu.

Namun bukan berarti ponsel ini bukan tanpa kelemahan. Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51.

Baca Juga: Situs dan Aplikasi Edit Foto Ucapan Ramadhan Beserta Caranya

Kekurangan

  • Kemampuan kamera makro terbatas
  • Tidak ada peningkatan kecepatan pengisian dan kapasitas baterai dibandingkan Galaxy A50
  • Kualitas speaker buruk
  • Beberapa fitur Android utama hilang dari One UI 2.0

Kelebihan

  • Performa tangguh dalam desain premium
  • Dukungan Android 10
  • Layar Infinity-O Panel AMOLED yang Menakjubkan
  • Peningkatan kualitas kamera ultra lebar
  • Jack headphone 3,5 mm
  • Bisa menjalankan game berat seperti PUBG Mobile.

Kesimpulan

Menurut penulis, Samsung Galaxy A51 layak disebut sebagai salah satu ponsel kelas menengah terbaik. Perpaduan spesifikasi komponen, performa dan harga yang murah membuat ponsel Samsung ini sangat diminati.

Trending:  Spesifikasi dan Harga HP Vivo V21 5G Terbaru Mei 2022

Namun, dengan munculnya Galaxy A51 5G yang dirilis pada Agustus 2020, prospeknya pasti berubah. Dengan perbedaan sekitar satu juta atau lebih, kamu bisa mendapatkan perangkat dengan konfigurasi yang sama. Perbedaan namanya tentu saja pada dukungan konektivitas 5G.

Jadi, dari sudut pandang kami, sepertinya kami perlu berpikir lebih dalam untuk membeli perangkat ini.

Jadi, inilah yang perlu diketahui tentang Samsung A51. Dan setelah membaca kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51 di atas, semoga membantumu dalam memutuskan perangkat yang akan dibeli.

Artikel Tekait:

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …