Kenali Investasi Deposito : Pilihan yang tepat untuk generasi millennial

Investasi Deposito – Berinvestasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dengan mudah. Cara ini kini semakin populer di kalangan masyarakat karena banyak yang memanfaatkannya sebagai salah satu bentuk passive income.

Investasi datang dalam berbagai bentuk, termasuk emas, saham, dan real estat, serta investasi deposito.

Sebagian orang sering mendengar kata deposito ketika ingin melakukan deposit di bank. Secara umum, ada banyak jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank, salah satunya adalah deposito berjangka.

Mengapa deposito dianggap sebagai investasi? Mengapa tabungan ini berbeda dengan tabungan biasa? Simak penjelasan detailnya di bawah ini!

Baca Juga: 10 Cara Belajar Investasi Saham Untuk Pemula

Mengenal investasi deposito

Badan Pengawas Keuangan (OJK) menjelaskan dalam situs resminya bahwa deposito berjangka adalah suatu bentuk simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan setelah lewat jangka waktu tertentu dan terdapat syarat-syarat tertentu. Jenis investasi ini juga dapat dilakukan dalam mata uang Rupiah atau mata uang asing.

Deposito disebut investasi karena bukan hanya uang yang disimpan di bank. Bank dapat mengelola dana dan investor menerima bunga atas simpanan yang disimpan. Keuntungan dari bunga deposito dapat diambil bersamaan dengan biaya deposito.

Misalnya, Pins memiliki uang tunai 20 juta rupee dan menyimpannya di bank. Kemudian Pins memilih tenor deposito enam bulan. Ini berarti bahwa Anda tidak dapat mengambil uang selama waktu ini.

Setelah itu, di akhir masa kontrak, bisa ditarik Rp 20 juta beserta bunganya. Besaran bunganya sendiri berbeda-beda untuk setiap bank.

Apa Perbedaan Tabungan dan Deposito

Keduanya merupakan bentuk simpanan yang ditawarkan oleh bank, tetapi simpanan berjangka dan tabungan adalah hal yang berbeda. Deposito berjangka adalah bentuk investasi dan tabungan adalah uang yang disimpan di bank. Inilah perbedaan antara deposito dan tabungan.

target tabungan

Perbedaan paling mudah antara kedua jenis tabungan ini adalah tujuan penggunaannya. Pelanggan yang memilih untuk menyimpan ditujukan untuk melakukan investasi dan keuntungan. Tabungan lebih banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tabungan lebih fleksibel

Tabungan biasa tidak memiliki jangka waktu tetap atau masa kontrak dengan bank. Ini berarti Anda dapat menarik uang yang Anda masukkan ke rekening tabungan Anda kapan saja dan meningkatkan jumlahnya sebanyak yang Anda suka. Berbeda dengan deposito dengan tenor, ada penalti yang harus dibayar jika nasabah menarik uang sebelum waktu kontrak.

Keduanya merupakan bentuk simpanan yang ditawarkan oleh bank, tetapi simpanan berjangka dan tabungan adalah hal yang berbeda. Deposito berjangka adalah bentuk investasi dan tabungan adalah uang yang disimpan di bank. Inilah perbedaan antara deposito dan tabungan.

Baca Juga: Cryptocurrency Murah : Cara berinvestasi dalam mata uang digital

Bunga deposito lebih tinggi

Deposito berjangka menjadi pilihan investasi karena menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Biasanya, bunga yang dapat Anda peroleh dari simpanan Anda adalah 5-7% per tahun. Tabungan Umum menawarkan bunga antara 0,5% dan 2% per tahun. Hal ini membuat deposito lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan tabungan.

Jangka waktu setoran

Tidak ada batasan waktu khusus untuk tabungan rutin. Seorang nasabah dapat memiliki rekening yang selalu aktif selama saldonya bukan nol. Berbeda dengan deposito dengan tenor tertentu. Periode ini adalah kontrak dengan bank ketika pelanggan mendaftar untuk deposit.

Setoran minimum saat mendaftar

Perbedaan selanjutnya antara tabungan dan deposito berjangka adalah jumlah deposito. Bank membutuhkan setoran awal yang lebih rendah untuk tabungan, biasanya antara Rp 100.000 dan Rp 500.000. Untuk setoran, jumlah setoran awal lebih besar dan Rp. Dari 5 juta Rp. Antara 10 juta.

Jenis deposito investasi

Jika Pins tertarik untuk berinvestasi melalui deposito, ada 3 jenis investasi yang tersedia:

1. deposito berjangka

Jenis investasi ini paling banyak dipilih oleh klien kami. Deposito berjangka, seperti namanya, adalah jenis deposito yang disimpan dalam jangka waktu tertentu. Investasi itu sendiri dilakukan sesuai dengan kontrak, dan simpanan nasabah hanya dapat diterima pada tanggal jatuh tempo.

Manfaat Deposito Berjangka

  • Penghematan Lebih Aman

Banyak dari kita menabung untuk hal-hal seperti membeli rumah, mobil, atau membayar pendidikan. Tapi saat Anda sedang menabung, Anda jarang tergoda untuk mencuri uang. Deposito berjangka membuat uang Anda lebih aman dan tidak mudah ditarik sebelum jangka waktu tertentu.

Sebenarnya Anda bisa menerima deposito berjangka kapan saja, namun perlu Anda pikirkan kembali bahwa jika Anda menyimpan uang sebelum jatuh tempo, Anda akan dikenakan sanksi dan tidak akan menerima bunga.

  • Pilihan investasi termudah

Deposito berjangka memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan produk perbankan lainnya. Ini pasti sangat menguntungkan karena semakin banyak uang yang Anda simpan, semakin tinggi tingkat bunga yang Anda dapatkan.

  • investasi risiko rendah

Investasi deposito berjangka memiliki tingkat kegagalan yang lebih rendah dibandingkan investasi lain seperti saham dan obligasi. Sementara saham memiliki risiko kerugian yang lebih besar, yang mengkhawatirkan, deposito berjangka relatif aman karena Anda tidak perlu melihat pergerakan harga yang terus berubah.

  • Pendapatan per tenor deposito

Laba per tenor adalah keuntungan selanjutnya dari deposito berjangka dimana sulit untuk menarik uang secara tepat waktu. Namun, Anda dapat memperoleh keuntungan dengan menyetorkan uang kembali ke rekening deposito berjangka Anda. Jadi tetap mendapat perhatian sesuai tenor.

Ketentuan umum untuk memulai deposito berjangka

Setelah Anda mengetahui pro dan kontra dari deposito berjangka, Anda mungkin tertarik untuk mulai berinvestasi. Sebelum itu, ada beberapa persyaratan umum yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan deposito berjangka.

  • Buat rekening tabungan di bank tempat Anda akan membuka deposito berjangka.
  • Harap menunjukkan asli atau fotokopi KTP seperti KTP/SIM/paspor.
  • Kirim sejumlah uang untuk setoran awal.

Cara Menghitung Suku Bunga Term Deposit

Anda mungkin sudah membayangkan keuntungan memulai tabungan berjangka Anda. Cara menghitung suku bunga deposito berjangka sangat mudah:

  • Keuntungan Term Deposit : Suku Bunga Term Deposit X Nominal Deposit X Hari (Periode Deposit)
  • Pajak deposito : tarif pajak X bunga deposito
  • Yield Term Deposit : Nominal Investasi + (Bunga Term Deposit – Pajak)

Berikut adalah beberapa cara untuk menghitung suku bunga deposito berjangka. Cara lain untuk mendapatkan tingkat bunga yang cukup tinggi dan menghindari denda adalah dengan membagi dana yang ingin Anda gabungkan menjadi beberapa deposito dengan jatuh tempo yang berbeda.

Baca Juga: Cryptocurrency terbaik untuk diinvestasikan

Yang penting adalah memilih investasi yang terbaik untuk Anda. Jika investasi jangka panjang adalah apa yang Anda cari, deposito berjangka adalah pilihan yang bagus.

Kekurangan Deposito Berjangka

Tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Seperti halnya deposito berjangka, alternatif investasi untuk pemula ini memiliki beberapa kelemahan.

  • Anda tidak terlibat langsung

Dalam deposito berjangka, Anda bertindak sebagai pemilik dana yang tidak terlibat dalam pengelolaan dana yang Anda pegang. Padahal, keuntungannya sangat besar, tetapi bank adalah pengelola penuh dari simpanan tersebut. Anda mungkin tidak mendapatkan manfaat penuh di sini karena Anda harus terus membayar pajak dan biaya pengelolaan atas penghematan yang Anda lakukan. Berbeda dengan reksa dana dan saham. Anda akan terlibat langsung dalam pengelolaannya.

  • ancaman inflasi

Tahukah Anda bahwa setiap hari nilai uang tidak sama dan cenderung menurun. Di sini Anda akan menghadapi harga kebutuhan sehari-hari yang melonjak dan nilai uang akan menurun. Demikianlah apa yang dimaksud dengan inflasi. Mata uang turun ke titik terendah. Inflasi mempengaruhi tingkat suku bunga deposito karena bunga harus digunakan untuk menutupi defisit. Ini akan mempengaruhi pendapatan deposito berjangka Anda, yang mungkin turun.

  • keuntungan rendah

Deposito berjangka menawarkan pengembalian yang tinggi ketika nilai tabungan Anda juga tinggi, tetapi tidak menguntungkan jika tabungan Anda rendah. Dibandingkan dengan saham, real estate, dan investasi lainnya, keuntungan dari deposito berjangka kecil, tetapi memiliki stabilitas investasi yang tinggi.

2. Sertifikat deposito

Sertifikat deposito adalah jenis deposito yang disertakan dengan sertifikat. Sertifikat yang diperoleh dapat dipindahtangankan karena tidak memiliki nama orang atau lembaga tertentu. Pengeluaran uang juga berbeda dengan deposito berjangka karena dapat dilakukan di muka, bulanan atau pada saat jatuh tempo.

Keuntungan Sertifikat deposito
Selain produk keuangan yang menggiurkan ini, ada beberapa manfaat lainnya, antara lain:

  • mudah diangkut

Plus pertama mudah ditransfer. Karena sertifikat tidak memiliki kepemilikan, siapa pun yang memiliki tabungan ini dapat menarik uang tanpa pergi ke bank.

  • mudah untuk berdagang

Instrumen keuangan ini dapat diperdagangkan secara bebas. Karena tidak ada status kepemilikan, simpanan ini tidak rumit untuk dikelola dan mudah dijual.

Ini juga membayar bunga di muka, memberi klien kebebasan untuk berinvestasi di pasar modal lain.

  • Kurangnya Sertifikat Deposito

Karena tidak ada status kepemilikan, Anda dapat dengan mudah berpindah tangan dalam instrumen keuangan ini. Hal ini memudahkan sertifikat hilang atau dicuri. Pasalnya, produk simpanan ini bisa dengan mudah lolos jika jatuh ke tangan yang salah.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus untuk penyimpanannya. Jika Anda tidak ingin menyimpannya, Anda dapat membayar biaya perawatan dan memasukkannya ke dalam kotak deposit bank.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Trading Saham Dari Pemula Sampai Sukses

3. deposito on-call

Terakhir, deposito on-call berbeda dari jenis investasi lainnya karena periode deposit yang lebih pendek. Jenis deposito ini mengeluarkan sejumlah besar uang atas nama pelanggan, dan jangka waktu kontrak biasanya kurang dari satu bulan.

Uang kemudian dapat ditarik sesuai dengan kontrak, dan pelanggan memberi tahu bank terlebih dahulu.

Keuntungan dari deposito on-call
Jika Anda memiliki banyak uang, program deposit on-call kami menawarkan sejumlah penawaran eksklusif untuk klien kami. Berikut adalah rincian lebih lanjut tentang manfaat Deposito Oncall:

  • cara aman untuk menabung

Deposito adalah salah satu fasilitas penyimpanan uang teraman yang ditawarkan oleh bank. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda simpan, bank menjamin bahwa dana ini dapat dipanggil kapan saja tanpa terkena pelanggaran keamanan dan sejenisnya. Selain itu, dana simpanan ini dilindungi langsung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

  • Anda dapat menarik dana dalam waktu singkat.

Deposito on-call kepada pelanggan adalah salah satu fasilitas terbaik yang dapat ditawarkan bank. Deposit ini dapat ditarik dalam waktu singkat berapapun nominalnya. Tidak seperti deposito biasa, deposito Oncall dapat ditarik melalui kartu ATM, dan dapat ditarik kapan saja, di mana saja seperti rekening tabungan umum.

  • Suku bunga tinggi dan bisa dinegosiasikan

Keuntungan lain dari call deposit adalah kemampuan untuk menyesuaikan tingkat suku bunga. Saat menyetor dana dengan bank on-call, Anda dapat mendiskusikan tingkat bunga yang Anda inginkan dengan bank.

Nantinya, pihak bank juga akan memberikan informasi tentang batas maksimal bunga deposito Anda. Untuk alasan ini, tarif panggilan biasanya lebih tinggi daripada tabungan biasa.

  • Deposit tersedia dengan harga yang berbeda.

Selain dana yang dapat ditarik sewaktu-waktu dengan suku bunga tinggi, dana deposito on-call dapat ditarik dengan kurs lainnya. Misalnya, kami menggunakan nilai tukar Rupiah untuk menyimpan simpanan paket tunggu kami.

Penarikan dapat dilakukan dalam USD, Dolar Singapura, Yen, Won, dan berbagai mata uang sesuai kebutuhan. Namun, ketika mendaftar untuk program deposit on-call, Anda harus terlebih dahulu menghubungi bank Anda tentang varian valuta asing yang mungkin mereka tawarkan.

  • Salah satu strategi investasi terbaik

Cold post dengan berbagai kemudahan merupakan salah satu strategi investasi terbaik. Selain suku bunga, Anda juga dapat menggunakan jenis deposito ini untuk berinvestasi di Forex.

Jadi, jika nilai tukar Rupiah menguat, Anda bisa mengumpulkan uang di bank dan menukarkannya dengan USD. Di sisi lain, jika nilai tukar Rupiah turun, Anda dapat menarik USD dan menukarnya dengan Rupiah.

Baca Juga: Aplikasi trading Forex Terbaik Untuk pemula Wajib Coba

Cara mendaftar deposit di bank

Pin yang ingin diinvestasikan dalam deposito dapat didaftarkan ke bank mana pun pilihan mereka. Prospek saat ini dapat berinvestasi dalam dua cara: dengan mengunjungi cabang secara langsung atau dengan membuka rekening secara online. Metodenya sendiri sedikit berbeda dan Anda bisa mendapatkan detail lebih lanjut di bawah ini.

Deposit ke kantor cabang

Cara pertama untuk membuka rekening tabungan adalah dengan mengunjungi kantor bank secara langsung. Ketika Finn menggunakan metode ini, semua proses dilakukan oleh staf bank. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan persyaratan yang diperlukan seperti KTP, NPWP, deposit, materai, dll.
  • Mengunjungi kantor bank dan mengantre.
  • Komunikasikan tujuan kepada staf bank.
  • Tentukan tenor dan jenis deposito.
  • Silahkan isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan akurat.
  • Ikuti instruksi polisi.
  • Lakukan setoran awal.
  • Seorang perwakilan akan memproses aplikasi deposit Anda.

Pembukaan rekening melalui mobile banking

Pin juga dapat disimpan melalui layanan mobile banking atau melalui aplikasi ponsel Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda tidak perlu datang ke bank dan Anda bisa membuka rekening sendiri. Sebagai contoh, berikut cara membuka deposit di mobile banking Bank Mandiri:

  1. Buka aplikasi Livin’ by Mandiri dan login.
  2. Pilih menu ‘Buka Rekening Baru’ lalu ‘Deposit Mandiri’.
  3. Setelah memahami ketentuan deposit, klik ‘Buka Akun’.
  4. Pilih sumber akun Anda dan isi formulir pendaftaran.
  5. Baca syarat dan ketentuan yang berlaku dan centang kotak untuk menyetujui.
  6. Masukkan MPIN Anda untuk mengonfirmasi.
  7. Permintaan rekening tabungan ditangani oleh Bank Mandiri.

Deposito adalah bentuk investasi yang dapat Anda lakukan dengan membuka rekening di bank. Perhatikan cara membuatnya di atas, dan juga bank mana yang harus dipilih. Pastikan PIN Anda terdaftar di bank terpercaya dan menawarkan banyak keuntungan.

Check Also

Cara Investasi Rumah Yang Stabil dan Menguntungkan

Cara Investasi rumah paling menguntungkan – Beberapa orang mungkin berpikir bahwa kegiatan ini biasanya dilakukan …