Kenali Perbedaan Antara Asuransi Korporasi Dengan Asuransi Individu Untuk Bisnis

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki bisnis, salah satu hal hebat yang dapat Anda lakukan untuk karyawan Anda. Anda bisa memberi mereka bantuan komprehensif melalui asuransi korporasi.

Asuransi selalu menjadi pilihan pertama yang penting untuk Anda tawarkan kepada spara pegawai. Saat ini, istilah asuransi sudah tidak asing lagi. Namun, karena ada begitu banyak program, tidak diragukan lagi bahwa ini terkadang membingungkan.

Dalam hal asuransi, ada rencana asuransi individu dan asuransi perusahaan. Manakah pilihan terbaik untuk Anda persiapkan dan bagikan? Lihat petunjuk yang mungkin bisa dimaksimalkan dengan baik melalui ulasan berikut ini.

Apa Itu Asuransi Bisnis?

Asuransi perusahaan adalah jenis asuransi untuk sekelompok karyawan atau pekerja yang mencakup anggota keluarganya. Asuransi perusahaan sering disebut sebagai asuransi korporasi atau berkelompok.

Dengan asuransi perusahaan ini, perusahaan akan mengasuransikan karyawannya. Umumnya, asuransi perusahaan adalah bentuk asuransi murni tanpa komponen investasi. Hal ini tentunya akan sangat praktis dan mudah diimplementasikan.

Apa Itu Asuransi Pribadi?

Seperti namanya, asuransi individu adalah jenis asuransi untuk individu, tetapi asuransi individu umumnya juga mencakup anggota keluarga individu. Beli pertanggungan ini terlepas dari lokasi kerja Anda sebagaimana seharusnya berkas asuransi akan diurus.

Membeli asuransi individu tentu akan memberikan Anda lebih banyak keleluasaan dalam memilih produk mana yang akan dipilih. Namun premi ini biasanya lebih tinggi dari asuransi korporasi.

Apa Perbedaan Antara Asuransi Korporasi Dan Individu?

Terdapat beberapa perbedaan signifikan antara asuransi korporasi dan individu. Perbedaan dari sudut pandang Anda sebagai pemilik bisnis, dan juga dari sudut pandang karyawan sebagai penerima manfaat asuransi. Perbedaan tersebut antara lain:

Penetapan Premi

Mengingat penentuan premi, asuransi kelompok menetapkan premi yang sama untuk semua umur. Sementara itu, premi  individu umumnya semakin tua usia seseorang, semakin tinggi  premi yang  dibayarkan.

Trending:  Melindungi Mobil Anda dengan Asuransi Mobil Toyota Avanza

Besaran Premi

Premi asuransi korporasi cenderung lebih murah karena dengan  polis perusahaan yang langsung menerima 3 klien atau lebih. Ini akan menguntungkan mereka sebagai pemasok produk dan Anda sebagai konsumen dengan beragam kemudahan.

Jadi meskipun Anda memiliki banyak karyawan di bisnis Anda, biaya untuk membeli asuransi akan dianggap lebih terjangkau. Sedangkan asuransi individu umumnya akan lebih mahal karena pemegang polis  individu dapat menentukan apa yang diinginkan.

Manfaat yang Ditawarkan Asuransi Korporasi

Selanjutnya, yang membedakan asuransi individu dengan pertanggungan kelompok adalah manfaat yang ditawarkan. Jika Anda memiliki asuransi perorangan, Anda juga akan mendapatkan manfaat sesuai dengan  yang tertera dalam polis.

Manfaat dari asuransi individu ini bersifat tetap. Sedangkan dengan asuransi korporasi, Anda sebagai pemilik usaha dapat mengubah batas pertanggungan sesuai dengan kemampuan Anda. Manfaat dari asuransi kelompok ini disesuaikan.

Proses Berbeda

Kemudian, ketika Anda memilih untuk membeli asuransi individu, Anda akan melalui proses underwriting. Underwriting sendiri merupakan proses penilaian dan pengklasifikasian tingkat risiko yang ada pada calon nasabah.

Pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak risiko tersebut. Oleh karena itu, dalam asuransi pribadi, latar belakang calon nasabah diperiksa terlebih dahulu dan perusahaan asuransi dapat menerima atau menolak klaim Anda.

Dalam asuransi jenis korporasi, aplikasi asuransi mobil biasanya disetujui. Penanggung tidak melakukan penyaringan individu terhadap calon nasabah asuransi kelompok. Mereka hanya memeriksa perusahaan yang memiliki cakupan ini.

Produk yang berbeda

Dalam asuransi kesehatan kelompok, Anda dapat mengajukan pertanggungan jika memiliki penyakit tertentu tanpa masa tunggu. Jumlah asuransi akan dibayarkan langsung kepada Anda oleh perusahaan asuransi sesuai polis yang telah diisi.

Sedangkan pada asuransi kesehatan perorangan, untuk penyakit khusus biasanya ada masa tunggu 12 bulan atau satu tahun. Selain itu, asuransi kesehatan kelompok dapat mencakup kondisi yang sudah ada sebelumnya dengan kondisi tertentu.

Trending:  Asuransi Penyakit Kritis: Apa Itu Dan Siapa yang Membutuhkannya?

Sementara itu, asuransi kesehatan individu dibandingkan asuransi korporasi umumnya tidak mencakup kondisi yang sudah ada sebelumnya. Apa pun yang bisa ditanggung harus melalui masa tunggu.

Beda Persiapan Asuransi Korporasi

Menyiapkan rencana asuransi individu seringkali membutuhkan lebih banyak persiapan. Dan ketika memilih asuransi individu, karyawan baru seringkali harus memilih paket asuransi mereka sendiri.

Sedangkan pada asuransi kelompok, karyawan hanya menerima. Dengan cakupan grup, Anda dapat melindungi karyawan Anda, yang juga membuat pekerjaan mereka lebih mudah.

Jenis-jenis Asuransi Usaha

Asuransi Korporasi memberikan jaminan perlindungan bagi pelaku usaha. Pilih produk asuransi terbaik dari perusahaan asuransi yang terpercaya dan tentunya paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  1. Energi, melindungi sepenuhnya aset operasi perusahaan yang beroperasi di sektor energi lepas pantai dan domestik terhadap risiko yang mungkin timbul di masa depan.
  2. Kebakaran dan Properti, memberikan lindung nilai terhadap kerugian properti perusahaan, bangunan dan isinya.
  3. Marine, perlindungan menyeluruh dari pembuatan kapal hingga operasi angkutan laut.
  4. Penerbangan dan Satelit, memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko yang terkait dengan operasi penerbangan dan peluncuran satelit.
  5. Teknik, memberikan kompensasi atas keterlambatan proyek konstruksi selama konstruksi, serta kerusakan yang tidak disengaja pada peralatan elektronik.
  6. Kredit dan jaminan, perlindungan tertanggung terhadap risiko tidak dapat dikembalikannya suatu kredit oleh debitur.
  7. Aneka, menawarkan perlindungan dari tuntutan pihak ketiga, risiko kerugian finansial dan biaya ganti rugi atas kehilangan dan kerusakan barang berharga akibat pencurian yang berhubungan dengan tindakan kekerasan/pemaksaan.
  8. Kesehatan, perlindungan kesehatan yang menyeluruh bagi karyawan perusahaan.

Sekian ulasan terkait perbedaan antara asuransi korporasi dengan asuransi individu untuk bisnis yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi yang menarik untuk digunakan sebaik-baiknya.

Trending:  Mengenal Asuransi Penyakit Kritis Dan Tips Memilihnya

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …