Kenapa di Laptop Tombol Fn Tidak Berfungsi? Simak Cara Mengatasinya

Masalah umum dengan pemilik laptop, terutama setelah pembaruan sistem atau instalasi manual Windows 10, 8 dan Windows 7, adalah bahwa tombol Fn tidak berfungsi.

Sebagian besar laptop memiliki tombol Fn terpisah, dan dalam kombinasi dengan tombol di baris atas keyboard (F1 – F12), kamu dapat melakukan tugas umum terkait laptop (menghidupkan dan mematikan Wi-Fi, mengubah kecerahan layar, dll), atau sebaliknya Tindakan bekerja tanpa menekan, tekan tombol fungsi F1-F12.

Tutorial ini merinci alasan paling umum mengapa tombol Fn tidak berfungsi dan cara memperbaiki situasi ini di Windows untuk merek laptop paling umum Asus, HP, Acer, Lenovo, Dell dan yang paling menarik Sony Vaio.

Kenapa di Laptop Saya Tombol Fn Tidak Berfungsi?

Pertama – kami menjelaskan alasan utama mengapa tombol Fn pada keyboard laptop tidak berfungsi. Biasanya, masalah ditemukan setelah menginstal (atau menginstal ulang) Windows, tetapi ini tidak selalu terjadi. Situasi yang sama dapat terjadi setelah menonaktifkan program selama autostart atau setelah beberapa pengaturan BIOS (UEFI).

Dalam kebanyakan kasus, situasi tidak berfungsinya Fn disebabkan oleh alasan berikut:

  • Perangkat lunak untuk driver dan tombol fungsi khusus produsen laptop tidak akan diinstal, terutama setelah menginstal ulang Windows dan kemudian menggunakan paket driver. Misalnya, kamu mungkin memiliki driver khusus untuk Windows 7 dan telah menginstal Windows 10 (solusi yang mungkin dijelaskan di bagian Pemecahan Masalah).
  • Kunci Fn mengharuskan menjalankan proses utilitas pabrikan untuk dijalankan, tetapi program ini telah dihapus dari Windows AutoPlay.
  • Perilaku tombol Fn telah berubah di BIOS notebook (UEFI). Beberapa laptop dapat mengubah pengaturan Fn di BIOS, bahkan ketika BIOS direset.

Penyebab paling umum adalah nomor satu, tetapi mari kita lihat semua opsi untuk setiap merek laptop yang disebutkan dan skenario yang mungkin untuk menyelesaikan masalah di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET di PC dan HP

Tombol Fn pada laptop Asus

Tombol Fn pada laptop Asus bertanggung jawab atas pengoperasian tombol Fn pada laptop Asus yaitu merupakan kumpulan software dan driver ATKPackage – ATKACPI dan utilitas kunci akses terkait dapat diunduh dari situs web resmi Asus.

Selain komponen yang diinstal, autostart harus memiliki utilitas hcontrol.exe (secara otomatis ditambahkan ke autostart ketika ATKPackage diinstal).

Cara Download Driver Tombol Fn dan Driver Function Key untuk Laptop Asus

  • Dalam pencarian internet (disarankan oleh Google), ketik «support your portable model». Biasanya hasil pertama adalah halaman unduh driver resmi untuk model kamu dari asus.com.
  • Pilih sistem operasi yang benar. Jika versi Windows kamu tidak terdaftar, pilih yang paling dekat dengan mu. Sangat penting untuk mencocokkan versi Windows yang memiliki unit bit (32-bit atau 64-bit). Lihat Cara Menemukan Bit Windows. for-bit (dokumentasi untuk Windows 10, tetapi versi sistem operasi yang lebih lama juga berfungsi).
  • Ini opsional, tetapi item 4 dapat meningkatkan peluang kamu untuk berhasil. Unduh dan instal driver dari bagian “Chipset”.
  • Unduh dan instal paket ATK dari ATK.
Trending:  Kenapa tv indihome tidak bisa Dibuka, Ini Cara Memperbaikinya

Maka mungkin perlu me-restart laptop mu dan jika semuanya berjalan dengan baik, kamu akan melihat tombol Fn di laptop mu berfungsi.

Jika kamu mengalami masalah, kami memiliki bagian tentang masalah paling umum untuk memperbaiki tombol fungsi yang tidak berfungsi.

Notebook HP

Tombol Fn dan tombol fungsi terkait di baris atas HP Pavilion dan notebook HP lainnya memerlukan komponen berikut dari situs web resmi untuk berfungsi sepenuhnya.

  • Kerangka Kerja Perangkat Lunak HP, Tampilan Pada Layar HP, dan Perangkat Lunak Luncur Cepat HP di bagian Solusi Perangkat Lunak.
  • Utilitas – Alat dukungan HP Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) di bagian Alat.

Namun, beberapa item mungkin tidak tersedia untuk model tertentu.

Cari di Internet untuk “your_model_of_Notebook” untuk mengunduh perangkat lunak yang diperlukan untuk notebook HP mu. Biasanya hasil pertama adalah halaman resmi untuk model laptop kamu di support.hp.com.

Dari sini, cukup klik “Go” di bawah “Software and Drivers”. Kemudian pilih versi sistem operasi (jika versi kamu tidak terdaftar – pilih kronologi terdekat dan harus sesuai dengan versi) dan unduh driver yang diperlukan.

Opsional: BIOS notebook HP mu mungkin berisi entri yang mengubah perilaku tombol Fn. Kamu dapat menemukannya di bagian “Pengaturan Sistem”.

Mode Tombol Tindakan – Saat Mati, tombol fungsi hanya berfungsi saat Fn ditekan, saat Hidup, tombol berfungsi tanpa ditekan (F1-F12 mengharuskan Fn untuk ditekan).

Baca Juga : Aplikasi Download Video YouTube di iPhone

Acer

Jika tombol Fn tidak berfungsi pada laptop Acer, biasanya cukup memilih model laptop di situs dukungan resmi https://www.acer.com/ac/ru/RU/content/support ( «Pilih perangkat » Nomor seri kamu dapat secara manual menentukan model) dan sistem operasi (jika versi mu tidak terdaftar, unduh driver terdekat dengan ukuran bit yang sama seperti yang diinstal pada laptop mu).

Unduh program Launch Manager di bawah “Applications” di daftar unduhan dan instal di laptop kamu (beberapa kasus juga memerlukan driver chipset dari halaman yang sama).

Trending:  Download Video Tiktok Tikmate Tanpa Watermark

Jika program sudah diinstal sebelumnya tetapi tombol Fn tidak berfungsi juga, pastikan Launch Manager tidak dinonaktifkan di Windows AutoPlay dan coba instal Acer Power Manager dari situs resmi.

Lenovo

Model dan generasi laptop Lenovo yang berbeda memiliki perangkat lunak yang berbeda yang berfungsi dengan tombol Fn. Cara termudah menurut saya adalah jika tombol Fn tidak berfungsi di Lenovo: Buka mesin pencari «your_model_of_laptop + dukungan» dan buka halaman dukungan resmi (biasanya halaman pertama dalam hasil pencarian).

Klik “Lihat Semua” di bawah “Unduhan Populer” dan lihat apa yang dapat kamu unduh dan instal di laptop mu untuk versi Windows yang dibutuhkan dari daftar di bawah.

  • Integrasi fungsi hotkey untuk Windows 10 (32-bit, 64-bit), 8.1 (64-bit), 8 (64-bit), 7 (32-bit, 64-bit) – http://support.lenovo.com / ru / en / downloads / ds031814 (hanya notebook yang didukung, tercantum di bagian bawah halaman sebelumnya).
  • Lenovo Energy Management – untuk sebagian besar laptop modern
  • Utilitas Tampilan Pada Layar Lenovo
  • Konfigurasi Lanjutan dan Driver Antarmuka Manajemen Daya (ACPI)
  • Jika hanya kombinasi Fn + F5, Fn + F7 tidak berfungsi, coba instal driver Wi-Fi dan Bluetooth resmi tambahan dari situs web Lenovo.

Info Tambahan: Pada beberapa laptop Lenovo, kombinasi Fn+Esc mengubah mode tombol Fn, opsi ini juga ada di BIOS – Mode Hotkey di bagian Pengaturan. Notebook ThinkPad mungkin memiliki opsi BIOS “Tukar tombol Fn dan Ctrl” yang menukar tombol Fn dan Ctrl.

Dell

Tombol fungsi pada XPS, Dell Inspiron, Latitude, dan laptop lainnya ini biasanya memerlukan rangkaian driver dan aplikasi berikut:

  • Aplikasi Dell QuickSet.
  • Aplikasi Lampu Dell Power Manager
  • Layanan Dell Foundation – Aplikasi.
  • Tombol Fitur Dell – Untuk laptop Dell lama tertentu yang dikirimkan dengan Windows XP dan Vista.

Untuk menemukan driver yang dibutuhkan untuk laptop mu, lakukan hal berikut:

  1. Tentukan model laptop kamu di bagian dukungan situs web Dell http://www.dell.com/support/home/ru/ru/ (tersedia menggunakan deteksi otomatis atau melalui “Lihat Produk”).
  2. Pilih “Drivers and Downloads” dan ubah versi OS jika perlu.
  3. Download aplikasi yang diperlukan saja dan instal di komputer mu.

Driver adaptor nirkabel asli dari situs web Dell mungkin diperlukan agar kunci Wi-Fi dan Bluetooth berfungsi dengan baik.

Informasi Tambahan: BIOS (UEFI) laptop Dell kamu mungkin memiliki entri Perilaku Tombol Fungsi Lanjutan yang mengubah cara kerja tombol Fn. Item ini mengaktifkan fungsi multimedia atau tindakan tombol Fn-F12. Program Windows Mobility Center standar mungkin memiliki pengaturan untuk tombol Dell Fn.

Trending:  Pengertian Software Serta Fungsi, Jenis Dan Spesifikasi

Baca Juga : Spotify Rilis Miniplayer Dapat Putar Lagu tanpa Keluar Aplikasi.

Tombol Fn Pada Laptop Sony Vaio

Terlepas dari kenyataan bahwa laptop Sony Vaio tidak lagi diproduksi, ada banyak pertanyaan tentang menginstal driver, bahkan ketika mengaktifkan tombol Fn, karena driver di situs resmi sering menolak untuk menginstalnya bahkan pada sistem operasi yang sama dengan laptop. Ini akan dikirimkan setelah penginstalan ulang, apalagi Windows 10 atau 8.1.

Tiga komponen berikut dari situs resmi biasanya diperlukan agar tombol Fn berfungsi di Sony (mungkin tidak tersedia di semua model):

  • Driver Parser Diperpanjang Firmware Sony
  • Perpustakaan bersama Sony
  • Utilitas laptop sony
  • Kadang-kadang – Layanan acara Vaio.

Kamu dapat mengunduhnya dari situs web resmi https://www.sony.ru/support/ru/series/prd-comp-vaio-nb (atau cari “your_portable_model + support” di mesin pencari jika model mu adalah: kamu bisa (tidak di situs Rusia). Situs web resmi Rusia:

  • Pilih model laptop kamu
  • Pilih sistem operasi mu dari tab “Software dan Unduhan”. Windows 10 dan 8 mungkin terdaftar, tetapi terkadang driver yang diperlukan hanya tersedia jika kamu memilih sistem operasi yang disertakan dengan laptop mu.
  • Unduh perangkat lunak yang diperlukan.

Namun, masalah mungkin muncul. Driver Sony Vaio tidak selalu ingin diinstal. Ada artikel terpisah tentang topik ini: Cara Menginstal Driver di Laptop Sony Vaio.

Kemungkinan Masalah dan Solusi Saat Menginstal Software dan Driver Untuk Tombol Fn atau Function Key

Kesimpulannya, berikut adalah beberapa masalah umum yang mungkin kamu temui saat memasang komponen yang diperlukan untuk tombol fungsi laptop:

  • Driver tidak akan menginstal karena merekam versi sistem operasi yang tidak didukung (yaitu Windows 7 saja dan memerlukan tombol Fn pada Windows 10) – unzip penginstal exe menggunakan program Universal Extractor dan secara manual di folder unzip Cari penginstal mandiri yang melakukannya tidak melakukan pemeriksaan versi sistem atau driver itu sendiri untuk diinstal.
  • Bahkan setelah menginstal semua komponen, tombol Fn masih tidak berfungsi. Pastikan tidak ada opsi terkait pengoperasian tombol Fn, HotKey di BIOS. Coba kamu instal chipset resmi dan driver manajemen daya nya dari situs web produsen.

Baca Juga : 13 Aplikasi Menggambar di iPad dan iPhone Terbaik, Agar Makin Jago

Akhir Kata

Semoga cara mengatasinya tombol Fn tidak berfungsi bermanfaat. Jika tidak, jika memerlukan informasi lebih lanjut, kamu dapat bertanya di komentar, tetapi sebutkan model laptop yang tepat dan versi sistem operasi yang diinstal.

Originally posted 2022-04-07 13:21:43.

Check Also

Cara Buka Blokir PSE Kominfo Menggunakan Google Chrome

Cara Buka Blokir PSE Kominfo Menggunakan Google Chrome

Berikut adalah beberapa tips atau cara buka blokir PSE menggunakan Google Chrome untuk mengakses situs …