Ketahui Macam-Macam Asuransi Yang Bisa Melindungi Bisnis Kecil Anda

Asuransi ternyata tidak hanya perihal kesehatan, jiwa, kecelakan dan lainnya saja lho! Ternyata ada macam-macam asuransi yang bisa melindungi bisnis kecil Anda kedepannya. Asuransi ini sangat berguna ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau di luar dugaan Anda.

Selain itu, bagi pemilik bisnis baik kecil maupun besar, memang ada baiknya untuk menyiapkan berbagai strategi dan antisipasi yang bisa melindung roda putar bisnis Anda kedepannya.

Macam-Macam Asuransi Yang Bisa Melindungi Bisnis Kecil Anda

Ada banyak macam-macam asuransi yang bisa melindungi bisnis kecil Anda kedepannya. Hal ini sangat penting terutama untuk Anda yang bergerak di sektor bisnis lokal. Berikut adalah beberapa macam asuransi bisnis yang bisa Anda ketahui.

Asuransi Kewajiban Umum

Asuransi kewajiban umum, juga dikenal sebagai asuransi kewajiban bisnis atau komersial, adalah pertanggungan penting untuk berbagai klaim, termasuk cedera tubuh, kerusakan properti, cedera pribadi atau iklan, pembayaran medis, operasi produk yang diselesaikan, dan kerusakan tempat yang disewakan kepada Anda.

Hampir setiap pemilik usaha kecil atau kontraktor harus memiliki salah satunya adalah asuransi kewajiban umum. Saat membeli asuransi bisnis kecil dan membandingkan kebijakan, ingatlah bahwa tarif Anda akan bergantung pada fitur spesifik bisnis Anda.

Kebijakan Pemilik Bisnis Atau Business Owners Policy (BOP)

Jika Anda menginginkan asuransi kewajiban umum dan pertanggungan properti, Anda dapat mengemasnya bersama dalam polis asuransi pemilik bisnis, yang juga dikenal sebagai BOP. BOP menyediakan cakupan kewajiban untuk cedera pelanggan, kerusakan properti, dan klaim terkait produk, selain bangunan komersial dan cakupan properti bergerak.

Banyak BOP juga mencakup cakupan gangguan bisnis, yang membayar pendapatan Anda yang hilang jika Anda menutup klaim yang ditanggung. Jenis cakupan ini sangat ideal untuk pemilik usaha kecil dan menengah seperti restoran, toko ritel, dan grosir. Ingatlah bahwa macam-macam asuransi berupa asuransi BOP tidak mencakup karyawan Anda.

Trending:  Penting! Ketahui Asuransi Korporasi Jika Anda Merupakan Seorang Karyawan

Macam-Macam Asuransi Kewajiban Praktik Ketenagakerjaan Atau Employment Practices Liability Insurance (EPLI)

Usaha kecil dengan karyawan sering mendapat manfaat dari asuransi kewajiban praktik ketenagakerjaan. Jenis asuransi ini melindungi Anda jika seorang karyawan mengajukan klaim kepada Anda untuk disiplin atau pemutusan hubungan kerja yang salah.

Tidak hanya itu macam-macam asuransi jenis ini juga bisa jaminan jika terjadi pelecehan seksual, diskriminasi, evaluasi yang lalai, pelanggaran kontrak kerja, salah urus tunjangan karyawan, atau penderitaan emosional yang salah.

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan EPLI sebagai cakupan yang berdiri sendiri, sedangkan yang lain menawarkannya sebagai dukungan untuk BOP mereka. Syarat dan ketentuan polis Anda akan tergantung pada cakupan yang Anda pilih. Jenis bisnis Anda, jumlah karyawan, dan berbagai faktor risiko semuanya berperan dalam biaya EPLI.

Asuransi Kewajiban Profesional

Macam-macam asuransi selanjutnya adalah asuransi kewajiban profesional, juga dikenal sebagai asuransi kesalahan dan kelalaian atau errors and omissions (E&O). Asuransi ini berfungsi melindungi bisnis yang menawarkan layanan profesional.

Bisnis B2C sering menggunakan cakupan E&O untuk melindungi dari klaim yang menyatakan bahwa layanan mereka menyebabkan klien mengalami kesulitan keuangan atau cedera tubuh.

Asuransi malpraktik dokter adalah jenis umum dari asuransi kewajiban profesional. Jenis ini juga penting bagi penyedia layanan profesional seperti konsultan dan penasihat keuangan. Biaya untuk asuransi kewajiban profesional akan bervariasi tergantung pada industri dan profesi.

Macam-Macam Asuransi Kewajiban Profesional Kontraktor

Jika bisnis Anda berada di industri desain-bangun atau manajemen konstruksi, Anda diharuskan membeli beberapa bentuk asuransi kewajiban profesional kontraktor. Cakupan ini melindungi para profesional dari kesalahan konstruksi atau kerugian yang terjadi saat merancang, merekayasa, dan membangun sebuah bangunan.

Trending:  Inilah Jenis-jenis Asuransi yang Perlu Anda Ketahui

Itu juga dapat melindungi Anda dari kesalahan yang dibuat oleh vendor pihak ketiga yang terkait dengan suatu proyek. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba macam-macam asuransi satu ini.

Asuransi Kewajiban Direktur dan Pejabat

Jika bisnis Anda memiliki dewan direksi atau komite penasihat perusahaan, Anda menginginkan asuransi D&O. Asuransi ini melindungi aset direktur dan pejabat Anda jika mereka secara pribadi dituntut untuk tindakan yang salah dalam manajemen perusahaan.

Misalnya, kegagalan untuk mematuhi undang-undang tempat kerja, penipuan, pencurian kekayaan intelektual, pernyataan yang tidak benar tentang aset perusahaan, atau penyalahgunaan dana perusahaan. Ada baiknya Anda memiliki asuransi satu ini untuk melindungi bisnis Anda kedepannya.

Asuransi Tanggung Jawab Manajemen

Asuransi kewajiban manajemen adalah kombinasi pertanggungan yang digunakan untuk melindungi perusahaan swasta, publik dan nirlaba untuk berbagai eksposur tingkat dewan. Ini melindungi terhadap risiko mengelola bisnis dan dibeli oleh organisasi dengan dewan direksi.

Paket asuransi kewajiban manajemen tipikal mencakup pertanggungan untuk kewajiban praktik ketenagakerjaan, kewajiban fidusia, dan kewajiban D&O. Jadi, lebih paham bukan mengapa ada banyak macam-macam asuransi yang perlu Anda ketahui?

Asuransi Kewajiban Produk

Asuransi kewajiban produk memberikan perlindungan dan keamanan lebih dari garansi atau jaminan produk standar. Cakupan ini melindungi bisnis Anda jika suatu produk menyebabkan kerusakan atau cedera pada pihak ketiga, atau jika bisnis Anda menghadapi tuntutan hukum terkait produk.

Misalnya, jika produk Anda memiliki baterai lithium yang terbakar, melukai konsumen, mereka dapat menuntut Anda. Asuransi kewajiban produk melindungi Anda dalam hal ini. Setidaknya Anda tahu bahwa ada macam-macam asuransi yang tentunya Anda perlu pertimbangkan untuk miliki.

Itulah macam-macam asuransi yang bisa Anda berikan untuk bisnis kecil Anda maupun besar yang berkembang secara global. Dengan demikian, langkah kedepannya untuk bisnis Anda akan jauh lebih jelas dan terjamin dengan adanya asuransi yang tepat. Jadi, mau pilih asuransi yang mana untuk bisnis Anda? Semoga membantu!

Trending:  Gampang Ditiru! Ini Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat untuk Pemula

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …