Ketahui Tips Mengembalikan File Yang Sudah Dihapus!

Era globalisasi banyak membawa pengaruh besar pada kehidupan sehari-hari. Termasuk teknologi yang semakin maju dan semakin canggih setiap harinya. Tidak dapat disangkal bahwa kemajuan teknologi memabuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah dan praktis. Bahkan kini bisa menyimpan data, foto, video hanya dalam satu genggaman saja. Tidak jarang sebagaian dari kita tidak sengaja menghapus data, foto atau video penting di ponsel secara tidak sengaja. Apa saja tips mengembalikan file yang sudah dihapus? Simak beberapa caranya.

Cara Mengembalikan File Yang Dihapus Tanpa  Menggunakan Aplikasi

Cara ini sangat perlu diketahui oleh pengguna ponsel atau orang-orang pada masa ini, untuk mempermudah pengembalian foto dan video penting yang secara tidak sengaja terhapus. Bisa juga digunakan untuk mengembalikan foto serta video yang dulu sempat dihapus dan ingin dilihat kembali. Sebenarnya beberapa ponsel sudah memiliki teknologi ini, ya tidak semua. Jadi mari kita bahas tips mengembalikan file yang sudah dihapus.

  1. Pulihkan Kembali

Beberapa ponsel saat ini sudah semakin canggih dan dirancang semakin baik. Salah satu fitur yang disediakan bisa memulihkan kembali foto serta video yang sudah dihapus. Salah satu penyedia fitur ini adalah hp vivo, setelah menghapus foto dan video kamu bisa mengunjungi galeri, scroll sampai bagian paling bawah sampai menemukan ‘sampah’, klik sampah tadi kamu akan menemukan apa yang tadi sudah dihapus, klik sala satu foto, kemudian tandai foto dan video yang ingin dipulihkan, langkah terakhir pilih ‘pulihkan’.

  1. Gunakan Google Photos

Meski google foto juga berupa aplikasi tapi umumnya sudah tersedia pada setiap ponsel. baik itu Samsung, Vivo, Oppo, dan merk ponsel terkenal lainnya. Google photo bisa kamu gunakan juga lho untuk mengembalikan foto yang sudah kamu hapus. Cara ini juga bisa terbilang ampuh mengembalikan foto yang sudah terhapus sebelumnya, karena google photos akan menyimpan foto serta video pada trash selama 60 hari dengan syarat sudah mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi dari aplikasi ini.

Trending:  Aplikasi Stiker Idul Adha WASticker 2022 Gratis

Langkah pertama yang harus dilakukan membuka aplikasi google photos atau foto, ketuk garis tiga di bagian atas, tap ikon tempat sampah, tandai foto yang ingin dipulihkan dengan cara menekan lama pada foto sampai tanda centang muncul, tap ikon panah melingkar di bagian atas, tunggu sampai proses selesai.

Aplikasi Pengembali File Yang Telah Dihapus

Menggunakan cara tanpa aplikasi bisa berhasil dibeberapa ponsel. Bagi hp yang tidak menggunakan cara di atas dapat menggunakan aplikasi di bawah ini untuk mengembalikan foto serta video yang sudah telah dihapus sebelumnya.

  1. Dumpster

Dumpster bisa kamu unduh pada playstore ataupun App store dengan mudah. Memiliki ukuran terbilang kecil hanya 14 MB, sudah banyak yang mengunduh aplikasi ini sekitar 10 jt pengguna. Sebenarnya aplikasi ini sama seperti google photos berfungsi memback-up data yang sudah terhapus tadi. Cukup buka aplikasi dan pilih foto-foto yang perlu disimpan pada aplikasi. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan yang diinginkan, tidak hanya foto tetapi juga video, audio, file penting bisa kamu simpan pada aplikasi ini.file yang sudah terhapus tadi akan di sortir sesuai formatnya jadi kamu akan lebih mudah mencari data yang diingkan.

  1. Undeleter Recover File

Selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan foto, video, audio bahkan file yang telah terhapus. Berukuran 17 MB dan memiliki cara penggunaan cukup mudah, beri izin terlebih dahulu aplikasi untuk akses root. Kemudian pilih ‘Restore file’ dan cari lokasi tempat data tersimpan bisa internal maupun eksternal. Pengguna bisa memilih diantara dua pilihan; Jouranl Sacan berfungsi untuk meng-scan seluruh data yang telah dihapus. Deep Scan berfungsi untuk memulihkan data sesuai keinginan (bisa dipilih) dengan cara menekan ‘Scan’, aplikasi akan langsung menampilkan list data yang sudah terhapus. Pilih foto, video, audio atau data yang ingin dipulihkan kemudian tekan logo yang berada di pojok kanan atas.

  1. Restore Image

Ukuran aplikasi hanya 2.6 MB sangat berguna untuk mengembalikan foto  yang sudah terhapus. Kamu bisa mengembalikan foto dengan mudah tanpa akses root pada ponsel. Cukup unduh aplikasi pada playstore atau Apps Store, kemudian buka lokais folder foto yang sudah dihapus. Lalu, kamu bisa langsung memilih foto mana yang ingin dipulihkan. Tap ‘restore’ untuk mengembalikan foto. Tunggu sampai proses selesai dan foto yang sudah terhapus tadi akan terpulihkan.

  1. Recover Deleted All Photos

Merupakan salah satu aplikasi pemulih foto, kontak, video, serta dokumen atau file terbaik. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menghapus data penting aplikasi ini dapat langsung memulihkannya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mendeteksi data, foto, video atau audio duplikat sehingga kamu bisa menghapusnya dan membuat ruang ponsel menjadi lebih luas.

Trending:  6 Aplikasi Jawab Soal Dapat Uang dan Menambah Pengetahuan

Setelah mengetahui tips mengembalikan file yang sudah dihapus baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa menggunakan aplikasi. Langkah-langkah di atas sangat mudah diikuti dan aplikasinya bisa kamu unduh sekarang juga pada playstore. Lakukan pemulihan foto, video, data atau filedengan cara simpel dapat menggunakan aplikasi-aplikasi berukuran kecil atau bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh ponsel. Gunakan juga aplikasi yang memiliki fungsi lain untuk membuat sistem operasi pada ponsel menjadi lebih maksimal atau lebih membuat ruang penyimpanan menjadi lebih luas, sehingga ponsel jauh lebih nyaman saat digunakan.

Check Also

Cara Menonaktifkan WA Sementara Di HP Realme Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan WA Sementara Di HP Realme Dengan Mudah

Ingin tahu cara menonaktifkan WA sementara di HP Realme? Tidak bisa dipungkiri Whatsapp saat ini …