Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Keyboard merupakan salah satu komponen penting yang berhubungan dengan pengoperasian laptop. Akan terasa sangat menyebalkan jika tiba-tiba keyboard laptop tidak berfungsi sebagian ketika digunakan.

Keyboard yang bermasalah akan membuat sesuatu yang Anda kerjakan menjadi semakin lama terselesaikan. Terlebih jika ada salah satu tombol huruf atau angka tidak bisa digunakan. Alternatif paling mudah adalah dengan melakukan copas pada sebuah tulisan.

Keyboard laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya tentu ada penyebabnya. Sebelum melakukan perbaikan, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab keyboard tidak berfungsi.

Bisa jadi laptop Anda terkena tumpahan benda cair atau kemasukan debu yang membuat bantalan keyboard rusak. Keyboard bermasalah juga bisa disebabkan adanya beberapa software yang tidak kompatibel sehingga tidak bisa berfungsi normal.

Ini Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Keyboard laptop yang bermasalah ternyata bisa diatasi sendiri dengan cara yang mudah. Berikut penjelasan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

  1. Restart Laptop Jika Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Cara mudah ketika keyboard mendadak eror adalah melakukan restart laptop. Cara ini tidak hanya untuk mengatasi keyboard yang eror saja, namun juga bisa menjadi solusi jika ada permasalahan lainnya.

Cara melakukan restart laptop bisa melalui tombol daya di start menu. Setelah restart ulang, cobalah untuk melakukan pengetikan ulang dengan menggunakan tombol yang bermasalah. Jika sudah kembali normal, maka masalah Anda sudah teratasi.

  1. Periksa Driver

Penyebab Keyboard laptop tidak berfungsi sebagian kemungkinan terjadi karena driver sedang eror. Hal ini bisa terjadi ketika Anda sedang mengintal suatu software namun ada virus di dalamnya.

Lakukan pengecekan melalui Device Manager di bagian keyboard laptop. Jika ada simbol peringatan seperti tanda segitiga kuning, maka titik permasalahan ditemukan pada bagian driver keyboard.

Trending:  Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Cara mengatasiny adalah dengan melakukan pembaruan atau install ulang driver laptop Anda. Diharapkan setelah melakukan pembaruan, keyboard bisa digunakan dengan normal. Lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.

  • Buka ‘Device Manager’ di kotak start menu lewat kolom pencarian
  • Tekan ‘Enter’ dan perhatikan bagian ‘Keyboards’ jika ada simbol segitiga kuning
  • Klik dua kali pada bagian ‘Keyboards’ untuk mencari driver
  • Pilih menu driver dan klik ‘Update Driver’
  1. Periksa Tombol Num Lock

Jika kedua cara diatas sudah dicoba tapi keybord laptop masih tetap eror maka Anda bisa mengecek tombol Num Lock. Jika tombol Num Lock ini tidak aktif atau tidak sengaja menyala, maka keyboard  tidak berfungsi.

Untuk melakukan pengaturan Num Lock tekan tombol Fn dan NumLk secara bersamaan. Kombinasi pengaturan 2 tombol ini bisa saja berbeda tergantung jenis laptop Anda.

  1. Lakukan System Restore

Keyboard laptop tidak berfungsi sebagian bisa jadi dikarenakan ketika Anda selesai melakukan penginstalan suatu program. Solusinya adalah melakukan system restore pada laptop Anda.

Jika laptop Anda menggunakan Windows 7 dan Windows 8, maka lakukan system restore dengan mengetikkan recovery pada menu start. Jika Anda menggunakan Windows XP, maka buka Start Menu, klik All Program, Accessories, dan System Tools secara berurutan.

  1. Periksa Konektor

Langkah selanjutnya yaitu melakukan pengecekan konektor. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan konektor keybord kotor, terlepas, atau renggang.

Konektor keyboard laptop yang bermasalah akan menyebabkan kinerja keybord menjadi tidak normal. Untuk memperbaikinya, Anda perlu membuka keyboard dengan berbekal video dari YouTube.

  1. Lepas Baterai Laptop

Masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian bisa disebabkan karena kondisi baterai. Arus listrik yang konslet bisa menjalar ke komponen keyboard sehingga menyebabkan eror. Solusinya adalah mencabut baterai laptop serta kabel adapter.

Trending:  Daftar Rekomendasi Laptop untuk Video Editing Terbaik 2022

Diamkan laptop dalam keadaan mati selama 1 menit. Lalu hidupkan laptop dengan menekan tombol power dan tahan selama 1menit. Kemudian pasang kembali baterai seperti semua dan mulai hidupkan laptop.

  1. Bersihkan Kotoran dan Debu

Penyebabnya ada kemungkinan karena tombol bagian bawahnya kotor. Kotoran bisa dari debu atau tanpa sengaja terkena jatuhan makanan. Kotoran atau debu biasanya terselip diantara tombol-tombol dan menutupi komponen di dalamnya.

Cara membersihkan yang paling mudah adalah dengan membalikkan atau memiringkan laptop sekitar 45-75 derajat. Goyangkan laptop agar kotoran keluar atau berjatuhan. Bisa juga dengan menggunakan alat khusus seperti kuas atau vakum kecil.

  1. Gunakan On Screen Keyboard

Solusi untuk keyboard laptop tidak berfungsi sebagian jika dalam kondisi terdesak adalah memanfaatkan On Screen Keyboard. Fungsinya sama dengan keyboard pada umumnya, hanya penggunaannya bisa menggunakan dengan mouse atau touchpad.

Mengaktifkan On Screen Keyboard bisa dilakukan lewat Start Menu, klik Program, Accessories, Accessibility, dan pilih On Screen Keyboard secara berurutan. Bagi yang tidak terbiasa, mungkin akan terasa kurang nyaman ketika menggunakannya.

  1. Gunakan Keyboard Eksternal

Solusinya adalah menggunakan keyboard eksternal. Anda bisa membelinya di toko perlengkapan komputer atau secara online dengan harga yang terjangkau.

Untuk menggunakannya, Anda perlu menyambungkan dengan kabel USB agar semua tombol aktif. Sayangnya keyboard eksternal cukup membuat Anda ribet. Hal ini karena Anda harus membawa keyboard tambahan ketika bepergian kemana-mana.

Ada beberapa penyebab yang membuat keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya. Namun Anda tidak perlu khawatir dan panik karena Anda bisa mencoba mengatasi sendiri tanpa membawanya ke service center.

Check Also

Teknik Komputer Jaringan

Teknik Komputer Jaringan Adalah

Istilah TKJ atau Teknik Komputer Jaringan tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian anak muda, …