Khutbah Idul Fitri Terbaik Sepanjang Masa, Tema Tentang Iman dan Taqwa

Berikut adalah khutbah Idul Fitri terbaik sepanjang masa tentang Iman dan Taqwa sejak Ramadhan 2022.

Datangnya bulan Ramadhan menjadikan seluruh umat Islam menjadi pribadi yang lebih baik, menjaga lidah, nafsu, dan menjauhi perbuatan yang dilarang oleh Allah dll.

Namun hal ini tidak hanya dilakukan selama Ramadhan, saya berharap setiap muslim menjadi pribadi yang lebih baik setelah Ramadhan.

Demikian materi khutbah idul fitri 2022 terbaik sepanjang masa pada artikel kali ini mengangkat topik tentang Iman dan Taqwa setelah ramadhan.

Baca Juga : Cara Convert Youtube to MP3 Tanpa Aplikasi Dengan 9 Situs ini

Khutbah Idul Fitri terbaik sepanjang masa yang pernah dikutip oleh 1suara.com di bhembook.com.

Berikut sedikit penjelasan tentang khutbah idul fitri beserta contoh khutbahnya.

Sebelumnya, alangkah baiknya kamu baca dulu artikel ini. Karena kemungkinan ada kesalahan dalam khutbah ini jadi jangan lupa dibaca dulu. Terima kasih dan simak berikut ini!

Artikel Terkait :

Khutbah Idul Fitri Bahasa Jawa Bikin Jemaah Menangis, Topik Silaturahmi

Khutbah Idul Fitri Paling Menyentuh Hati 2022, 1443 H

Khutbah Idul Fitri Tentang Kematian dan Mengingat Dosa

Khutbah Idul Fitri Sedih, Mengharukan Tema Tentang Orang Tua

Khutbah Idul Fitri PDF 2022, 1443 H Link Download Tema Terbaru

Download Khutbah Idul Fitri 2022 1443 H, Kumpulan Ceramah

Download Khutbah Idul Fitri 2022 PDF 1443 Hijriyah

Khutbah Idul Fitri Singkat Teks Khotbah Buat di Rumah Dengan Keluarga

7 Aplikasi Khutbah Idul Fitri Terbaik dan Khutbah Gratis Lainnya Android

Kumpulan Materi Khutbah Idul Fitri 2022 PDF 1443 Hijriyah

Khutbah Idul Fitri Terbaik Sepanjang Masa

RUKUN KHUTBAH

Rukun Khutbah hari raya sama dengan khutbah Juma’t juga yaitu:

Memuji Allah SWT
Shalawat Kepada Rasulullah SAW
Washiat untuk orang-orang mukmin (Taqwa)
Membaca Ayat Al quran
Berdo’a Untuk Kaum Muslimin

Juga, ini adalah salah satu khutbah Idul Fitri terbaik tentang Iman dan Taqwa.

KHUTBAH I

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ
اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ وَفَّقَنَا ِلإِتْمَامِ شَهْرِ رَمَضَانَ وَأَعَانَناَ عَلىَ الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ وَجَعَلَنَا خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ للِنَّاسِ. نَحْمَدُهُ عَلَى تَوْفِيْقِهِ وَهِدَايَتِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُ الْمُبِيْنُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ خَاتَمُ النَّبِيِّيْنَ

اللهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ اَذْهَبَ عَنْهُمُ الرِّجْسَ وَطَهَّر

أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ، وَأَحُسُّكُمْ عَلَى طَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ: أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ، بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

بَارَكَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هذا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Baca Juga : 7 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman Terbaik dan Terpercaya

KHUTBAH II

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ ,اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ، أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لآإِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ .

اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ .

فَيَا عِبَادَ اللهِ، اِتَّقُوا اللهَ. أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. وَاتَّقُوا اللهَ مَااسْتَطَعْتُمْ وَسَارِعُوْا إِلَى مَغْفِرَةِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ . يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُون . وَقَالَ أَيْضًا: إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

Trending:  Mengapa Harga bitcoin jatuh? Akankah harga bitcoin pulih? Inilah yang dikatakan para pedagang dan investor

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْياَءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ، اللّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ إِيْمَانًا كَامِلاً وَيَقِيْنًا صَادِقًا وَقَلْبًا خَاشِعًا وَلِسَانًا ذَاكِرًا وَتَوْبَةً نَصُوْحًا. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

عِبَادَ اللهِ , إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ

MATERI KHUTBAH

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Sama seperti doa mencegah perbuatan jahat, setiap tindakan memiliki tujuan dan isinya sendiri. Oleh karena itu, puasa juga untuk menanamkan jiwa yang mengabdi kepada Allah. Mengapa puasa bisa membuat kita beriman? Ia menghindari nafsu, bahkan hal-hal yang sesuai dengan hal-hal mendasar, karena jika seseorang menghindari hal-hal yang benar, ia tidak hanya dapat menghindari kedurhakaan;

Apa itu taqwa? Laa ya’shuunalloha maa amarohum wayaf’aluuna maa yu’marun.

Jadi ketakwaan ini juga merupakan standar tertinggi dari harkat dan martabat manusia. Martabat manusia tergantung pada seberapa tinggi itu. Inna akramakum ‘indallâhi atqâkum.

Hadirin sekalian, Ramadhan tentunya lebih dari sekedar sebuah gerakan. Waktu untuk rahmat (rahmah), pengampunan (maghfirah) dan pembebasan dari api neraka (itqun minan nar), serta sarana untuk menempa diri. Sehingga hari raya setelah Ramadhan disebut Idul Fitri, dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT dan kemudian disucikan kembali. Setelah pahala yang kita terima selama Ramadhan, Allah juga mengampuni sekaligus menghapus dosa-dosa kita, seperti Al ‘Afu.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Poster, Desain yang Mudah Untuk Pemula

Hadirin sekalian, anggota sholat Idul Fitri diberkati oleh Allah SWT!

Allah Berfirman dalam Al Quran, pad surat az zariyat, ayat : 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja)”

Tafsiran Jalalain:

Arti dari ayat ini tidak bertentangan dengan fakta bahwa orang-orang kafir tidak menyembah-Nya. Karena tujuan sebenarnya dari ayat ini bukanlah untuk menegaskan keberadaannya. “Saya mengasah pena ini sehingga saya bisa menulis.” Dan kenyataannya adalah terkadang Anda tidak menggunakannya.

Tafsir Al Misbah:

Saya tidak menciptakan Jin dan manusia untuk kepentingan saya sendiri, saya menciptakan mereka untuk menyembah saya. Dan ibadah sangat bermanfaat bagi mereka.

Ulama membagi perilaku manusia setidaknya menjadi empat garis besar.

Ibadah

Sholat, puasa, zakat, membaca Al-Qur’an dan haji termasuk dalam kategori ibadah, murni apa yang kita lakukan untuk mengantisipasi keridhaan Allah.

Adat (kebiasaan)

Semua kebiasaan atau kebutuhan kita sehari-hari termasuk dalam kategori seperti tidur, makan, mencari nafkah, dll. Hanya karena Allah SWT kita bisa membawa kebiasaan ini ke dalam ibadah ketika kita niat.

Namun di sisi lain, jika kebiasaan ini menjadi penghambat ibadah kita kepada Allah, maka akan berubah menjadi gapla atau bahkan kemaksiatan kepada Allah SWT.

Ghaflah (Lalai)

Kelalaian ini membuat kita sulit untuk beribadah, bahkan muara pun terkadang maksiat. Bapak-bapak, bahkan bapak-bapak yang suka drama termasuk dalam kategori Gapla walaupun memiliki gambar alat kelaminnya, mengarah pada imoralitas.

Ketika kita dipanggil untuk sholat di masjid ketika kita tidur atau duduk dan istirahat dan tidak sholat berjamaah di masjid ketika kita dipanggil untuk sholat, ini termasuk ghaflah, dan mengabaikan waktu sholat juga bisa menjadi dosa. Ketika semua perbuatan dunia ini membuat Al-Qur’an tidak terbaca, inilah gapla yang mengarah pada maksiat.

Baca Juga : Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Gampang No Ribet

Pada yaumil mahsyar nanti ada yang dibangkitkan oleh Allah dalam keadaan buta, sebagaimana firman Allah

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى (١٢٤)قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنْتُ بَصِيرًا (١٢٥)قَالَ كَذَلِكَ أَتَتْكَ آيَاتُنَا فَنَسِيتَهَا وَكَذَلِكَ الْيَوْمَ تُنْسَى (١٢٦)

Trending:  Cara Buat SKU Agar Dapat Modal Bisnis UMKM

“Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.”

“Dia berkata, “Ya Tuhanku, mengapa Engkau kumpulkan aku dalam keadaan buta, padahal dahulu aku dapat melihat?”

Dia (Allah) berkata, “Karena itu tanda-tanda kami datang kepada Anda di masa lalu, tetapi Anda mengabaikannya, dan hari ini Anda juga diabaikan.”

5 Langkah Seorang Muslim Berinteraksi dengan Al-Qur’an

Muslim yang hanya membaca Al Quran
Bacaan Muslim dan Mentadabburi Al-Qur’an
Muslim membaca Quran dan menghafal Mentha Daburi
Muslim yang membaca, Mentadabburi, menghafal dan mengamalkan Quran
Muslim yang membaca Al-Qur’an, Mentadabburi, menghafal, mengamalkan dan mengajar

Maksiat

Setiap perbuatan yang bertentangan dengan apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah termasuk dalam kategori ini, meninggalkan shalat 5 waktu adalah dosa, dan meninggalkan shalat Jumat adalah dosa.

مَنْ تَرَكَ صَلاَةً مَكْتُوبَةً مُتَعَمِّداً فَقَدْ بَرِئَتْ مِنْهُ ذِمَّةُ اللَّهِ

“Barangsiapa meninggalkan shalat yang wajib dengan sengaja, maka janji Allah terlepas darinya”.

Jamaah salat Idul Fitri diberkati oleh Allah!

Sejalan dengan momen Idul Fitri ini, ustadz mengajak seluruh jamaah untuk selalu meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan yang telah kita lalui adalah bulan pelatihan yang diberikan oleh Allah SWT, dan bulan berikutnya adalah bulan setelah pelatihan. Kita bisa melihat tanda-tanda Ramadhan ini baru saja kita lewati bulan depan.

Bapak-bapak dan ibuk-ibuk sekalian yang saya hormati!

Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأرْضِ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka)bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” QS. Al-Qashash: 77

Baca Juga : Download Video Youtube Tanpa Aplikasi di Android, Dengan 10 Cara Ini

Ayat ini juga menjelaskan ayat sebelumnya.

إِنَّ قَارُونَ كَانَ مِنْ قَوْمِ مُوسَى فَبَغَى عَلَيْهِمْ وَآتَيْنَاهُ مِنَ الْكُنُوزِ مَا إِنَّ مَفَاتِحَهُ لَتَنُوءُ بِالْعُصْبَةِ أُولِي الْقُوَّةِ إِذْ قَالَ لَهُ قَوْمُهُ لَا تَفْرَحْ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْفَرِحِينَ

“Sesungguhnya Qarun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya, ‘Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri’.” (QS. Al-Qashash:76)

Menurut Ibn Abbas, Karun adalah sepupu Nabi Musa dan ayah dari Nabi Musa, atau Imran, adalah saudara laki-laki ayah Karun, yang pada awalnya taat tetapi kemudian tidak menaati Tuhan. Jangan seperti Karun yang melupakan ibadah kepada Allah karena sibuk mencari nafkah dan sibuk dengan hal-hal duniawi. Jelas dari ayat sebelumnya bahwa Allah memerintahkannya untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk akhirat. Karena dunia hanyalah formalitas untuk memuaskan kehidupan kita sehari-hari.

Tapi bapak-bapak dan ibuk-ibuk, kenyataan hari ini justru sebaliknya. Ketika para dewa memanggil “hayya ‘alash shalah” di masjid, hanya beberapa orang yang langsung lari ke masjid. Meski mendiang Ashshalatu khairun minan naum di waktu subuh, Rasulullah sangat menganjurkan shalat berjamaah.

Ada ulama yang meyakini bahwa shalat berjamaah adalah sunnah muakad, atau bahkan di mazhab Hanbali atau beberapa imam Hanbali, shalat berjamaah itu fardhu ‘ain dan sebagian atau mungkin sebagian besar Syafi’iyah berpendapat demikian.

Sholat berjamaah ini adalah Pad Kipaya. Rasul Allah tidak meninggalkan shalat berjamaah kecuali shalat sunnah. Dimulai dengan kedatangan pertama Isra Miraj di bawah Jibril, ia menjadi seorang imam Muslim dan sakit sampai kematiannya, Abu Bakar menjadi imam sholat dan dia menjadi pemimpin sholat. Bapak-bapak dan ibuk-ibuk, mengapa kita tidak pergi ke masjid? Jangan menunggu sampai diantar ke masjid untuk shalat di masjid, tetapi segeralah pergi ke masjid ketika dipanggil untuk shalat.

Trending:  Where to Find Research Papers for Sale

Masih bisa dimaklumi jika wanita salat di rumah, tapi kalau pria salat di mesjid? Apakah Anda ingin pergi dengan ibu Anda? Bisa-bisa menjadi mukmin yang shalihah.

Bapak-bapak dan ibuk-ibuk yang saya hormati!

Sufi, Hasan al Basri, pernah ditanya apa rahasia zuhud Anda, menjawab:

“Hati saya selalu damai karena saya tahu tidak ada yang akan mengambilnya. Saya sibuk berbuat baik karena saya tahu bahwa tindakan saya tidak dilakukan oleh orang lain.”

Oleh karena itu, bahkan jika kita sangat membutuhkan apa yang telah Tuhan berikan kepada kita, kita tidak boleh dengan sungguh-sungguh mencari hal-hal duniawi, tetapi berusaha untuk pekerjaan baik. Kita merasa perilaku kita tidak cukup untuk masuk surga, tapi apakah kita sudah melakukan perilaku sunnah lainnya? amal? membaca quran? Kapan terakhir kali? Sholat malam, sholat tahajud?

Kapan terakhir kita sholat tahajud? Atau apakah kita tidak pernah mengucapkan shalat Tahajud dalam hidup kita? Rasulullah bersabda:

“Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit”

Sidang Jamaah shalat Idul Fitri yang dirahmati oleh Allah!

Akhirnya, hadirin sekalian, saya, sebagai seorang pemuda, mengirim pesan berikut kepada Anda semua dalam pesan Al-Qur’an.

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”

Kalian adalah panutan bagi generasi muda kita, dan keberhasilan ayah kita di generasi ini adalah karena keberhasilan kakek-nenek kita di generasi sebelumnya. Lebih buruk lagi, shalat Jumat tidak akan berjalan jika jemaah Anda repot-repot pergi ke masjid, atau jika Anda tidak sering shalat atau bahkan tidak shalat. Bagaimana saya bisa melakukannya?

Karena dakwah yang paling berkesan bagi anak adalah dakwah bil hal dari orang tua. Jadi, jika kita ingin mengubah kondisi lingkungan kita, seperti metafora kepemimpinan, pertama-tama kita harus mulai dari diri kita sendiri.

Oleh karena itu, sekalipun kita sekarang merasa mengabaikan perintah Allah, segeralah bertaubat dan bangun sepertiga malam untuk shalat tahajud dan memohon ampun kepada Allah atas segala dosa kita. Dalam Al-Qur’an, Allah menyebut kita penuh dosa.

Bapak-bapak dan ibuk-ibuk, rasul berkata bahwa kita pergi ke surga bukan karena perbuatan saleh kita, tetapi karena sesuatu. Karena Allah bergembira di dalam kita, bagaimana Allah bisa bergembira di dalam kita? Kita juga harus bergembira karena Allah, bergembira dengan perintah dan kewajiban-Nya, dan bergembira dengan apa yang dilarang-Nya.

“Radhiallahu ‘anhum wa radhu ‘anhu”. Allah ridho terhadap mereka, dan mereka pun ridho terhadap perintah Allah, ini lah ciri-ciri penghuni syurga, semoga kita semua menjadi penghuni syurganya Allah.. Amin, amin ya rabbal ‘alamin…

Wassalamualaikum wr wb..

Akhir Kata

Nah itulah khutbah Idul Fitri terbaik sepanjang masa. Terima kasih yang sudah mengunjungi artikel ini dan semoga bermanfaat.

 

Artikel Lainnya :

Aplikasi Tadarus Al-Quran Ramadhan Terbaik 2022

Aplikasi Kalender Imsakiyah Ramadhan 2022/1443H

10 Aplikasi Ramadhan Terbaik, Bikin Ibadah Puasa Jadi Nyaman

11 Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan, Simak Disini Agar Cuan

Arti Marhaban Ya Ramadhan, Sering di Ucapkan Saat Menjelang Puasa

Niat Mandi Wajib Puasa Ramadhan, Tata Cara, Dan Doa Mandi Junub

Link Grup WA Sahur Ramadhan 2022 Ramai dan Bikin Puasa Jadi Seru

Check Also

Tak Perlu Antri, Cukup dirumah dengan Aplikasi Perpanjang SIM Online

Tak Perlu Antri, Cukup dirumah dengan Aplikasi Perpanjang SIM Online

Aplikasi perpanjang SIM online – Korps Lalu Lintas atau Korlantas Polri telah meluncurkan layanan SIM …