Kriteria Template SEO Friendly Agar Blog Ramai Pengunjung

Kriteria Template SEO Friendly Agar Blog Ramai Pengunjung

Bagi seorang blogger, kriteria template SEO friendly yang baik harus sudah hafal di luar kepala. Sebab, template merupakan aspek penting yang membuat blog terlihat menarik atau tidak.

Lebih dari itu, template bisa menjadi faktor pengunjung tetap bertahan membaca artikel di blog Anda. Oleh sebab itu, dalam proses pemilihannya Anda tidak boleh sembarangan atau asal terlihat menarik saja.

Sederhananya, template blog sendiri adalah desain tampilan blog yang menampilkan layout secara konsisiten. Dari mulai letak postingan, navigasi, aksesoris, hingga warna template semuanya diatur dalam template.

SEO atau search engine optimization dapat membuat blog Anda memiliki visibilitas di mesin mencari. Dengan begitu, blog lebih mudah berada di halaman utama mesin pencari. Seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya.

Untuk mengetahui apa saja kriteria template blog yang SEO friendly, simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Blogger, Ini Cara Membuat Artikel Menarik dan Enak Dibaca!

Tips Memilih Kriteria Template SEO Friendly untuk Blog yang Baik

Saat memilih template, Anda perlu memilih template yang sesuai dengan platform tempat Anda membuat blog. Misalnya membuat blog di Blogspot, maka pilih template khusus untuk Blogspot.

Atau misalnya Anda membuat blog di WordPress, maka pilih template khusus untuk WordPress. Jika Anda menggunakan template yang tidak sesuai peruntukannya, maka template tersebut tidak berfungsi.

Anda bisa mendapatkan template ini secara gratis maupun berbayar. Biasanya, template berbayar memiliki tampilan lebih menarik dan lebih banyak. Sehingga, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan niche blog.

Setelah itu, Anda juga harus memilih template yang bisa membuat nyaman pengunjung yang mengunjungi blog Anda. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan kriteria template SEO friendly sebagai berikut:

  1. Template User Friendly

Kriteria yang pertama adalah template harus user friendly. Artinya adalah template template tersebut mudah dipahami oleh setiap pengunjung yang mengunjungi blog Anda. Beberapa poin yang membuat template user friendly adalah:

  • Memiliki warna yang netral dan nyaman di mata. Akan lebih baik jika latar belakang warna template adalah putih dengan teks berwarna hitam. Hindari template berwarna mencolok karena kurang disuai pengunjung.
  • Memiliki font tulisan yang normal dan enak dibaca. Artinya, font pada template tidak terlalu kaku atau berlebihan.
  • Setiap menu menggunakan bahasa target pengunjung. Atau, Anda bisa menggunakan tools penerjemah agar bahasa di blog bisa diubah sesuai negara pengunjung.
  • Memiliki ikon yang jelas dan menjelaskan fungsinya.
  1. Responsif untuk Semua Perangkat

Kriteria template SEO friendly berikutnya adalah harus responsif untuk semua perangkat. Termasuk di dalamnya adalah ponsel, PC, dan tablet. Template yang responsif artinya adalah tampilannya bisa menyesuaikan dengan perangkat.

Tentunya Anda pernah menemukan website yang hanya responsif terhadap PC. Ketika membukanya di ponsel, tampilannya masih seperti di PC.

Tulisannya tampak kecil-kecil dengan layout yang terlalu luas. Sehingga untuk membacanya, Anda harus memperbesar tampilan layarnya.

Untuk mengetahui Template tersebut responsif atau tidak sesuai kriteria template SEO friendly, Anda perlu mengecek sebelum membelinya. Cara mengeceknya adalah dengan melihat versi demo dari Template tersebut.

Setiap pengembang Template saat ini sudah menyediakan versi demo dari template yang dibuatnya. Tugas Anda adalah melihat tampilan untuk masing-masing perangkat. Jika memang responsif pada semua perangkat, maka baru membelinya.

  1. Kecepatan Loading Tinggi

Anda tentunya tidak suka saat loading mengunjungi blog yang loadingnya sangat lama. Oleh sebab itu, kriteria template SEO friendly adalah yang memiliki kecepatan loading tinggi.

Sebab tidak sedikit penyebab loading blog yang lambat adalah karena Templatenya terlalu berat. Hal ini akan berdampak buruk bagi website anda, terutama di mata mesin pencari reputasi blog Anda akan tinggi.

Meski misalnya audiens menemukan blog anda, besar kemungkinan mereka tidak akan betah belama-lama menunggu loading. Hal ini menyebabkan website Anda sepi pengunjung.

Sebagai pemilik blog, Anda bisa mengecek kecepatan website melalui pagespeed.web.dev. Jika kecepatan website di bawah 90%, berarti Template tersebut kurang optimal atau ada aksesoris yang terlalu berat.

  1. Layout Rapi

Saat memilih template, pastikan Anda memilih yang memiliki layout rapi sebagai salah satu kriteria template SEO friendly. Sebab tampilan layout yang rapi dapat membuat pengunjung merasa nyaman.

Layout dikatakan rapi jika memiliki susunan yang runut dari mulai header hingga footer. Selain itu, ukuran setiap komponen ada layout juga seimbang. Jangan ada yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Sebab, hal tersebut tidak enak saat dilihat. Susunannya layout blog secara urut di antaranya adalah:

  • Header adalah bagian atas blog yang terdiri dari logo, nama bloh, dan menu. Beberapa Template bahkan menyertakan deskripsi blog pada bagian header.
  • Blog post yaitu bagian yang berisi postingan blog atau artikel. Bagian ini menjadi kriteria template SEO friendly, pastikan blog postnya terlihat rapi dan memudahkan pengunjung memilih postingan yang ingin dibaca.
  • Sidebar terletak di bagian samping template blog. Fungsinya adalah untuk menambahkan gadget atau aksesoris yang bisa memudahkan pengunjung. Biasanya sidebar akan terlihat jelas pada mode PC.
  • Footer terletak di bagian paling bawah biasanya berisi menu pelengkap dalam website. Misalnya adalah disclaimer, privacy and policy, siTemplatep, dan masih banyak lainnya.
  1. Navigasi Mudah dan Jelas

Kriteria template SEO friendly berikutnya adalah navigasi yang mudah atau friendly navigation. Fungsi dari navigasi adalah untuk memudahkan pengunjung untuk mengunjungi halaman satu ke halaman lainnya.

Navigasi yang jelas dapat dilihat dari adanya tombol selanjutnya, berikutnya, tab pencarian, dan mengelompokkan artikel berdasarkan kategori. Dengan begitu pengunjung lebih mudah mencari artikel yang diinginkan.

Blog yang memiliki navigasi kurang jelas hanya akan membuat bingung pengunjung. Sehingga, mereka tidak bisa leluasa untuk mengeksplor blog tersebut.

  1. Bisa Menambahkan Media Sosial

Kriteria template SEO friendly yang perlu diperhatikan berikutnya adalah memiliki bagian khusus untuk media sosial. Saat ini menambahkan media sosial ke dalam sebuah blog menjadi hal yang sangat penting.

Selain dapat menjadi media promosi, media sosial juga bisa membuat pengunjung bisa leluasa berinteraksi dengan Anda. Bahkan dengan adanya media sosial di blog, memudahkan klien untuk menghubungi Anda.

Sebab, tidak jarang klien akan mencari blog yang sesuai dengan kriterianya dan menghubungi secara personal. Media sosial yang penting untuk dipasang di antaranya adalah whatsapp, instagram, dan facebook.

  1. Bisa Diakses Semua Browser

Kriteria template SEO friendly yang paling penting adalah bisa diakses melalui semua browser. Seperti misalnya Mozila, Chrome, Operamini, Bing, dan masih banyak lainnya.

Sebab, pengguna internet tidak hanya menggunakan satu browser. Mereka menggunakan berbagai macam browser untuk mengakses blog Anda.

Jika tidak dapat diakses menggunakan salah satu atau beberapa browser, maka akan menutu peluang kenaikan trafik. Akibatnya adalah blog Anda akan sepi pengunjung.

Oleh sebab itu, pastikan blog Anda bisa diakses melalui berbagai browser. Cara mengeceknya ini adalah dengan mencari blog Anda dari browser berbeda secara manual.

Template yang responsif membuat blog Anda bisa diakses melalui berbagai web browser. Oleh sebab itu, pemilihan Template untuk blog sangat penting dan berpengaruh pada trafik.

Saat membuat blog, Anda harus mempertimbangkan pemilihan Template yang cocok. Pastikan memenuhi kriteria template SEO friendly agar bisa menarik lebih banyak pengunjung.