Manfaat Asuransi Hari Tua Untuk Kenyamanan Di Masa Depan

Banyak orang yang merencanakan keuangannya sampai di hari tua, salah satunya adalah dengan mengikuti asuransi hari tua. Dengan harapan ketika di masa tua tidak perlu mencemaskan financial saat sudah tidak dapat produktif lagi bekerja.

Sebagaimana motivasi seseorang untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil salah satunya adalah adanya jaminan kehidupan yang stabil, contohnya adalah adanya jaminan hari tua. Sehingga ketika memasuki masa pensiun tidak perlu khawatir karena masih mempunyai penghasilan.

Manfaat Asuransi Hari Tua

Meskipun Anda bukan seorang pegawai negeri, dengan membeli asuransi hari tua maka Anda juga akan merasakan hal yang sama. Bahkan juga mempunyai manfaat lain yang sangat menguntungkan bagi Anda sesuai dengan produk yang dipilih. Beberapa manfaat pentingnya adalah sebagai berikut:

  1. Mendapat Santunan Hingga Meninggal Dunia

Keuntungan yang pertama dengan membeli asuransi hari tua adalah Anda akan mendapatkan bantuan uang santunan. Baik pada saat masa pensiun tiba sampai dengan uang santunan ketika Anda meninggal dunia. Dengan besaran santunan sesuai kesepakatan Anda dengan pihak asuransi di awal pengajuan.

Mengenai besaran santunan asuransi ini juga dipengaruhi oleh besarnya premi yang harus dibayar setiap bulan. Sehingga Anda dapat memilih sesuai kemampuan Anda dalam membayar premi dan mengetahui besaran yang akan didapatkan kelak.

  1. Asuransi Hari Tua Membantumu Mempertahankan Gaya Hidup

Kemudian manfaat yang kedua adalah dapat membantu Anda mempertahankan gaya hidup. Salah satunya ketika Anda mempunyai gaya hidup yang sangat sulit untuk dihilangkan karena sudah menjadi kebiasaaan yang melekat. Contohnya adalah seperti membeli buku, main golf, jalan-jalam dan lain sebagainya.

Ketika sudah mulai memasuki masa pensiun dan tidak lagi memiliki pemasukan tentu akan sulit membiayai gaya hidup tersebut. Dengan membeli asuransi  maka Anda tidak akan merasa kesulitan memenuhi gaya hidup tersebut karena masih mempunyai pendapatan.

  1. Menikmati Masa Tua Yang Lebih Bahagia

Ketika masih dalam masa produktif yang mana tenaga masih kuat untuk mencari uang dan membayar premi angsuran. Maka saat hari tua dan tidak lagi mempunyai tenaga yang kuat untuk menghasilkan uang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan maka tidak perlu berlelah-lelah lagi.

Trending:  Ketahui Jenis Polis Asuransi Yang Wajib Dimiliki Anak Muda

Dengan mengikuti asuransi hari tua Anda tinggal menikmati tabungan yang sudah Anda kumpulkan dari masa muda. Tidak perlu bersusah payah bekerja lagi demi memenuhi kebutuhan hidup yang terus berjalan.

  1. Asuransi Hari Tua Melindungi Dari Berbagai Macam Risiko

Ketika mulai memasuki masa pensiun semakin banyak resiko yang mengancam kehidupan Anda, baik dari sisi masalah kesehatan, kecelakaan ataupun hal yang lainnya. Karena berbagai hal dalam kehidupan ini yang diluar kendali dan tidak dapat dihindari.

Ditambah lagi saat usia sudah mulai tua, maka akan makin rentan terhadap berbagai penyakit yang mungkin datang. Contohnya adalah komplikasi penyakit, cacat, sakit parah bahkan sampai meninggal dunia. Itulah pentingnya membeli asuransi hari tua di masa muda demi kenyamanan di hari tua.

Karena saat sudah mempunyai asuransi maka saat masa pensiun tiba Anda tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai resiko yang terjadi. Misalnya saat sakit dan dirawat di rumah sakit, maka tidak perlu lagi kerepotan mencari biaya untuk pembayaran di biaya perawatan karena sudah dicover asuransi.

Resiko Mencairkan Asuransi Hari Tua Terlalu Dini

Kemudian setelah tahu manfaatnya maka Anda juga harus tahu kerugian yang mungkin terjadi. Contohnya adalah ketika Anda ingin mencairkan asuransi hari tua Anda terlalu dini, yang akan memberikan dampak buruk seperti dibawah ini:

  1. Biaya Hidup di Masa Tua Kurang Tercukupi

Nilai uang akan semakin meningkat di masa yang akan datang sehingga di masa tua tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tujuan dari mengumpulkan dana pensiun adalah mempunyai uang yang cukup saat sudah tidak lagi produktif bekerja.

Sehingga ketika proses dalam mengumpulkan dana tersebut tiba-tiba berhenti begitu saha maka impian masa tua yang mempunyai kestabilan finansial tidak dapat terwujud. Alangkah baiknya kalau tidak mencairkan asuransi hari tua terlalu dini.

  1. Proses Investasi Bisa Menjadi Semakin Berat

Pencairan yang terlalu dini juga membuat nilai investasi menjadi semakin berat. Contohnya adalah ketika target dana pensiun yang diambil adalah Rp 10 miliar dengan jangka waktu untuk  mengumpulkan dana pensiun selama 20 tahun.

Trending:  Pengertian Asuransi, Objek serta Asas-asas yang Melandasinya

Namun ketika baru masuk tahun kelima terpaksa dicairkan beserta seluruh investasi asuransi hari tua tersebut karena berbagai hal. Maka waktu yang tersisa berkurang menjadi 15 tahun saja dan uang yang harus disisihkan akan menjadi lebih besar karena tenor investasi yang makin pendek.

Hal ini tentu menyebabkan proses investasi menjadi semakin berat dan ketika tak lagi mampu menyisihkan maka caranya adalah mengurangi target. Namun dengan dana pensiun yang lebih rendah, maka harus menurunkan standar maupun gaya hidup di masa tua.

  1. Tabungan Untuk Keluarga Jadi Makin Berkurang

Ketika seseorang mengikuti asuransi  sebagai tabungan di masa tua, maka biasanya akan mengalihkan dana tersebut untuk keluarga yang ditinggalkan ketika meninggal dunia namun masih mempunyai dana yang tersisa.

Namun ketika dana yang ada sudah dicairkan sebelum waktunya dan orang yang bersangkutan sudah tidak bisa mencari nafkah. Misalnya meninggal dunia di usia yang produktif, maka aset yang rencananya disediakan untuk keluarga akan semakin berkurang.

Ketika mempunyai kondisi keuangan yang sehat, seperti arus kas yang memadai, utang dalam batas wajar, dana darurat yang cukup, dan sudah memiliki Asuransi jiwa sebagai proteksi, maka alangkah baiknya kalau tidak mencairkan Asuransi hari tua di tengah jalan.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …