manfaat hosting untuk blog

Manfaat Hosting untuk Blog Bagi Seorang Pemula

Apa manfaat hosting untuk blog atau blogging? Bagi anda yang nantinya terjun dalam dunia blogging akan merasakan bahwa semua data dalam blog menjadi salah satu aset paling berharga. Sebab itu merupakan hasil kerja keras selama berbulan-bulan mungkin bertahun-tahun.

Meski hanya berupa tulisan artikel, postingan gambar, audio visual dan konten sederhana lainnya namun ini sangat berarti. Jika sampai data di dalamnya hilang, maka akan sulit untuk kembali membangun dari awal.

Mengingat untuk membuat blog populer dan diterima oleh banyak visitor tidak mudah. Butuh berbagai perencanaan mulai dari desain sampai konten. Belum lagi menjaga konsistensi frekuensi postingan sampai meningkatkan kualitas isinya.

Disinilah manfaat dari hosting untuk blog berperan. Upaya Anda selama beberapa waktu yang mungkin juga menyita tenaga sampai biaya bisa terbayar setara. Kedepannya lebih mudah mengelola data dan meningkatkan performa web untuk tujuan produktif.

10 Manfaat Hosting untuk Blog

Bukan hanya untuk pemilik toko online atau web profesional saja, hosting ternyata memiliki manfaat besar bagi para blogger. Bukan sekedar demi kepentingan penyimpanan data namun juga mempermudah dalam pengelolaan data. Berikut 7 manfaatnya.

  1. Alternatif dan Solusi Penyimpanan

Ini merupakan manfaat hosting untuk blog paling utama. Dimana pengguna bisa menyimpan media dengan praktis dan dapat diakses kapan saja dimana saja selama terhubung internet. Hosting dengan fitur sederhana sudah memenuhi untuk manfaat satu ini misalnya yang disediakan oleh Shared Hosting.

Lebih optimal lagi kapasitas penyimpanannya jika Anda menggunakan web hosting berbayar. Layanan yang akan Anda dapatkan masuk kategori premium. Ada banyak fitur pendukung di dalamnya demi keleluasaan pengelolaan sebab bisa menggunakan nama domain sendiri.

  1. Mempermudah Pengelolaan

Memiliki fitur kustomisasi yang bisa dikelola melalui control panel (cPanel) yang dapat disesuaikan menurut kebutuhan. Ingin membuat blog sekedar menyalurkan hobi menulis, membuat portofolio, membuat tutorial sampai toko online semua bisa dioptimalkan.

Manfaat hosting untuk blog ini seperti RAM pada perangkat HP atau komputer. Merupakan pusat memori dimana Anda bisa mengelolanya untuk keperluan tertentu. Saat dibutuhkan untuk memanggil kembali postingan lama bisa dengan mudah dilakukan.

  1. Melindungi dari Serangan Hacker

Manfaat hosting selanjutnya adalah melindungi dari peretasan. Meski pengguna baru, namun tidak menutup kemungkinan data Anda dicuri oleh orang lain kemudian digunakan untuk tujuan-tujuan tidak baik.

Tapi dengan hosting, data dijamin aman. Minim resiko pencurian maupun penghapusan oleh platform karena suatu kendala tertentu. Dengan begitu blog Anda bisa tampil lebih maksimal dengan dukungan berbagai data didalamnya.

  1. Meningkatkan Performa SEO

Manfaat hosting untuk blog tidak lepas dari keperluan penerapan SEO. Anda tentu ingin blog jadi populer dan dikenal secara luas baik didalam maupun luar negeri. Selain menunjukkan eksistensi popularitas bisa mendatangkan keuntungan finansial.

Keuntungan didapat karena traffic Anda meningkat dan semakin tinggi setiap harinya. Jumlah pengunjung inilah yang nantinya akan jadi sumber penghasilan. Meski pada awalnya blog hanya untuk keperluan personal, namun bisa mendatangkan penghasilan.

Ini merupakan salah satu tujuan mengapa semakin banyak orang menekuni dunia blogger. Dari mana saja, kapan saja, tanpa terikat waktu kerja bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar dan berkesinambungan.

  1. Mempermudah Akses bagi Pengunjung

Manfaat hosting untuk blog akan tampak pada aktivitas pengunjung. Performa sebuah blog atau web ditentukan oleh seberapa bagus hosting yang digunakan, sebab saat menggunakannya pengunjung akan dimudahkan.

Setiap pengunjung bisa leluasa mengakses semua info dan data didalamnya meski kadang-kadang ada banyak iklan. Pengunjung dapat membaca info berupa teks, menikmati gambar bahkan mendownload dengan mudah.

  1. Membuat Alamat Email Lebih Profesional

Blog yang mempunyai hosting otomatis akan memiliki domain juga, meski keduanya berbeda. Terhubung dengan alamat email yang sebelumnya digunakan untuk mendaftar sebagai pengguna platform.

Penting untuk membuat alamat email lebih profesional terutama bagi Anda pebisnis online. Ini akan meningkatkan kepercayaan visitor terhadap kualitas pengelolaan Anda. Juga dapat menjaring banyak konsumen.

Salah satunya akan tampak dari tingginya interaksi. Mulai dari aktivitas like, komen, share, hingga tanya jawab di forum yang tersedia di halaman utama. Tingginya interaksi ini akan mudah menarik perhatian pengguna internet lain untuk menjadi pengunjung juga.

  1. Meningkatkan Performa Blog

Manfaat hosting untuk blog akan nampak pada performanya. Salah satunya karena kapasitas yang semakin diperbaiki. Akan ada banyak fitur bisa dinikmati oleh pengunjung Anda, membuat mereka nyaman berlama-lama berinteraksi didalamnya.

Dari pengalaman menggunakan tersebut setiap pengunjung akan membuat ulasan positif. Ini akan meningkatkan rating. Secara bersamaan, blog Anda akan semakin tinggi visibilitasnya di mesin pencarian.

Makin mudah ditemukan oleh peselancar dunia internet. Popularitas semakin meningkat, ini adalah keuntungan yang banyak diidamkan oleh para blogger. Dari tingkat performa ini bisa Anda manfaatkan untuk promosi.

  1. Menjamin Blog dalam Kondisi Baik

Memiliki ruang penyimpanan sendiri akan menjamin kondisi blog atau web selalu optimal. Kontrol dan pengelolaannya bisa dilakukan dengan mudah. Minim kendala baik pada saat maintenance maupun saat diakses oleh para pengunjung.

Kondisi ini dapat menjamin eksistensi Anda di dunia digital dalam jangka panjang. Kedepannya ketika akan merubah format blog menjadi komersial akan lebih mudah. Misalnya menyisipkan promosi produk sendiri maupun menjadi affiliate.

Manfaat hosting untuk blog juga bisa dalam tujuan sosial. Misalnya kampanye gerakan sosial, open donasi khusus untuk anak-anak putus sekolah dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan.

  1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Karena data yang selalu terhubung dari server dan hosting, memungkinkan setiap pengguna bisa mengakses kapan saja dan dimana saja dengan jaringan internet. Kebutuhan pengelolaan dapat dilakukan secara realtime online.

Begitu juga bagi para pengunjung, manfaat hosting untuk blog bisa juga dirasakan dari kecepatan loading data. Pengunjung bisa mendownload info dengan lebih cepat dan optimal dari segi kualitas.

  1. Publikasi Data

Menggunakan hosting terutama bagi blog memungkinkan penggunaan CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal dan sejenisnya guna mempublikasikan data dan media. Data serta media yang sebelumnya disimpan bisa dinikmati orang lain dengan mudah.

Publikasi ini sebenarnya adalah tujuan utama para blogger. Memberikan akses data sebagai bahan edukasi, hobi maupun sebagai jalur promosi dan kampanye. Dipilih platform online karena jangkauan lebih luas dibanding publikasi data secara offline.

Bahkan bagi perusahaan, pengelolaan platform online yang dilakukan rata-rata juga demi keperluan publikasi. Terlepas apakah perusahaan bergerak dalam bidang komersial, sosial kemasyarakatan dan sebagainya.

Bagi kelas perusahaan bahkan rela menyewa hosting dengan harga tinggi untuk keperluan publikasi tersebut. Harapannya dari upaya menyewa bisa berimbas positif terhadap kualitas dan kemajuan perusahaan.

Mengingat perkembangan dan kemajuan teknologi di bidang informasi semakin cepat berubah, pengguna internet harus mampu beradaptasi. Salah satunya dengan memahami manfaat hosting untuk blog dalam berbagai skala kebutuhan.