Inilah Daftar Masalah Umum Pada Smartphone

Smartphone adalah salah satu teknologi masa kini yang keberadaannya sudah tidak asing lagi. Semua orang dari berbagai kalangan sudah menggunakan teknologi ini. Hanya saja beberapa di antara mereka tidak tau tentang masalah umum pada smartphone.

Penggunaan smartphone secara terus menerus mengakibatkan munculnya berbagai masalah. Di mana, dari masalah-masalah itulah smartphone mengalami penurunan kualitas. Pada akhirnya beralih menggunakan smartphone baru.

Bagi Anda yang kurang paham mengenai masalah pada smartphone harus membaca artikel ini sampai habis. Sebab, selain masalahnya ada juga ara mengatasinya.

Deretan Masalah Umum Pada Smartphone

Memori Penyimpanan Sudah Penuh

Masalah umum pada smartphone yang pertama adalah memori penyimpanan yang penuh. Hal ini kadang menjadi masalah besar ketika Anda harus menyimpan file penting. Masalah ini nampaknya memang sering menimpa banyak orang.

Salah satu penyebabnya antara lain sering mengunduh video atau tidak menghapus sampah di dalam smartphone. Sebenarnya, pembersihan sampah harus dilakukan secara rutin, agar tidak menumpuk dan membuat memori penyimpanan menjadi penuh.

Cara membersihkan cache, cukup menghapusnya di file manajer. Jika memang masih banyak legonya, maka Anda bisa mencari alternative lain, yaitu menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi.

Baterai yang Cepat Habis

Masalah lainnya adalah baterai yang cepat habis. Hal ini sangatlah mengganggu, terlebih jika memang smartphone sedang dalam keadaan dipakai. Tentunya akan sangat menghambat produktivitas.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mematikan fitur yang tidak terpakai. Selain itu, Anda juga bisa mengatur kecerahan untuk mengatasi masalah ini.

Menjadi Lebih Lambat

Taukah Anda jika smartphone yang memiliki penyimpanan penuh akan berakibat pada kelambatan smartphone dalam merespon instruksi. Tentu saja hal ini cukup menghambat. Seperti pada poin 1, untuk mengatasi perlu dengan menghapus beberapa cache.

Selain itu, jika smartphone masih saja lambat, Anda hapus saja berbagai aplikasi yang sudah tidak terpakai. Jangan lupa hapus juga berbagai file berukuran besar dan sudah tidak digunakan lagi. Masalah umum orang-orang tanpa melakukan cara dalam mengatasinya.

Trending:  Cara Menonaktifkan WA di HP Samsung

Terlalu Panas

Selanjutnya, pasti Anda pernah ada dalam kondisi smartphone yang memiliki temperature panas sangat. Biasanya hal ini terjadi karena berada di luar ruangan yang ternyata cuacanya amat panas. Belum lagi sedang membuka beberapa aplikasi.

Smartphone yang terlalu panas juga bisa disebabkan karena memainkan atau menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan. Masalah umum pada smartphone ini memang banyak dikeluhkan orang-orang.

Nah, untuk mengatasi hal ini, Anda bisa untuk tidak menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan. Jika akan keluar rumah yang kondisinya sedang panas, maka simpan smartphone di tempat paling dalam pada tas.

Terjadinya Masalah Konektivitas

Masalah lainnya yang sering terjadi asalah konektivitas. Seperti misal sulit untuk menghubungkan ke Bluetooth, WiFi, atau jaringan internet. Jika sudah seperti ini, langkah cepat yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat selama 30 detik.

Nantinya, Anda bisa kembali menyalakannya dan bisa langsung terkoneksi. Namun, jika masih mengalami hal ini maka  cara mengatasi masalah umum pada smartphone ini adalah dengan mengatur ulang pengaturan dari WiFi atau jaringan seluler.

Sinyal Tiba-Tiba Hilang

Masalah lain yang sering terjadi adalah sinyal tiba-tiba hilang. Apalagi jika dalam keadaan sudah hujan, beberapa orang mengeluhkan kecepatan internet yang berkurang sampai dengan sinyal tiba-tiba menghilang.

Biasanya, untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menghidupkan mode pesawat terbang. Beberapa menit kemudian, matikan kembali dan biarkan ponsel mencari sinyalnya kembali.

Namun, pada beberapa kondisi hal ini tidak menjadi solusi dan tetap saja ada. Cara mengatasi masalah lainnya adalah dengan melakukan restart pada smartphone.

Aplikasi Terhenti Tiba-tiba

Aplikasi yang berhenti tiba-tiba tentu sangat mengganggu. Apalagi jika dalam keadaan sedang menggunakan aplikasi tersebut. Penyebabnya sendiri sangatlah beragam, tetapi sebagian besar dikarenakan oleh sistem.

Trending:  Infinix Hot 11 Play, Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan pembersihan dahulu pada penyimpanan. Selain itu, Anda bisa menghapus dan menginstal kembali aplikasi tersebut.

Smartphone Kemasukan Air

Kalau masalah satu ini nampaknya memang sering terjadi. Entah karena kehujanan, atau tanpa sengaja menyenggol gelas yang terletak dekat dengan smartphone. Kadang, ketika smartphone kemasukan air menjadi terlalu sensitif, atau tidak bisa disentuh sama sekali.

Untuk mengatasi hal ini cukuplah mudah, Anda hanya perlu merendam smartphone dan baterainya ke dalam gelas. Tunggu sampai 3 hari, dan nyalakanlah smartphone tersebut.

Smartphone Tidak Bisa Dicas

Terakhir, kadang smartphone mengalami tidak bisa dicas atau sudah dicas lama tetapi dayanya tidak bertambah. Biasanya, hal ini terjadi karena memang baterai smartphone yang rusak atau memang ada sistem yang tidak berjalan di dalamnya. Bisa juga terjadi karena charger rusak.

Untuk mengatasi masalah umum pada smartphone satu ini adalah dengan memperhatikan masalahnya apa. Jika memang terletak pada charger, maka Anda bisa menggantinya. Jika ternyata terletak pada baterainya, maka bisa mengganti baterainya saja.

Berbagai permasalahan yang terjadi biasanya disebabkan karena penggunaan smartphone yang terus menerus, tanpa ada istirahat sedikit pun. Alhasil, smartphone bekerja lebih keras dan berujung bermunculan masalah.

Itulah beberapa masalah umum pada smartphone yang memang sudah sangat sering kita lihat dan rasakan. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut bisa dilihat dari masalah yang dihadapinya apa.

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …