Memilih Waktu Yang Terbaik Untuk Membeli Asuransi

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengenai kapan saat yang tepat untuk membeli  Asuransi. Ada orang yang merasa tepat memilih saat masih lajang, kemudian ada juga yang menunggu sesudah menikah dan mempunyai anak.

Memang asuransi sebenarnya cukup baik untuk melindungi berbagai hal yang akan kita hadapi. Salah satunya adalah saat sakit, saat membayar sekolah anak dan lain sebagainya. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai waktu yang tepat maka kita pahami dahulu definisinya.

Apa yang Dimaksud Dengan Asuransi?

Membeli asuransi  adalah salah satu program terbaik untuk perlindungan diri. Karena Asuransi merupakan bentuk pengalihan risiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Ibaratkan sebuah payung saat menghadapi hujan atau pelampung di kapal dan lain sebagainya.

Asuransi sangat penting karena manfaatnya yang besar di saat tertentu, namun hal ini pasti akan terasa mustahil saat dalam keadaan aman. Padahal perlindungan dari ini sangatlah dapat diandalkan saat menghadapi situasi tak terduga yang mungkin terjadi.

Melansir dari Undang-Undang No. 40 Tahun 2014, asuransi merupakan  perjanjian antara kedua belah pihak. Yakni perusahaan dengan pemegang polis sebagai pihak yang membeli asuransi dan menjadi dasar atau acuan bagi perusahaan asuransi untuk:

  1. Memberikan penggantian kerugian atau kerusakan, sakit, kehilangan keuntungan, ataupun tanggung jawab hukum yang dialami karena terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan, atau;
  2. Memberikan pembayaran tertanggung yang meninggal atau masih hidup berdasarkan besaran manfaat yang telah ditetapkan atau berdasarkan hasil pengelolaan dana.

Bahkan Asuransi yang benar menurut Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHP) pada Bab 9 Pasal 246 merupakan perjanjian yang mana penanggung akan mengikatkan diri dengan seorang tertanggung dengan menerima suatu premi setelah membeli asuransi.

Trending:  Pengertian Serta Jenis - Jenis Insurtech Yang Berkembang Di Indonesia

Yang mana manfaatnya untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan. Yang dialami akibat suatu peristiwa yang tidak tertentu dengan kontrak perlindungan dalam bentuk polis.

Polis asuransi sendiri adalah surat kontrak antara perusahaan asuransi dan pemegang polis. Perusahaan asuransi mempunyai kewajiban untuk memberikan sejumlah uang kepada ahli waris yang ditunjuk ketika meninggal atau hidup saat kontrak berakhir.

Waktu Terbaik Membeli Produk Asuransi

Lalu sekarang kapankah saat yang tepat bagi Anda untuk mempunyai asuransi . Sebenarnya semakin cepat memiliki sebuah asuransi untuk melindungi diri sendiri semakin baik kedepannya. Namun terdapat beberapa momen yang sangat perlu bagi Anda untuk mendapatkan jaminan perlindungan.

Beberapa rincian dibawah ini dapat Anda pertimbangkan saat ingin membeli asuransi. Pilihlah yang terbaik sesuai dengan kebutuhan yang akan Anda perlukan di kemudian hari. Memilih yang sesuai dengan keuangan juga sangat baik untuk mendapatkan manfaat sesuai impian Anda.

  1. Dalam Usia Produktif

Saat Anda sedang berada pada masa usia produktif atau masih dalam masa produktif kerja, maka ini adalah saat yang paling tepat untuk  memang sangat cocok untuk memiliki asuransi. Karena pada usia emas ini Anda dapat dengan bebas menentukan pilihan hidup Anda.

Sehingga pada masa inilah sebaiknya anda mulai melakukan investasi jangka panjang bagi kehidupan Anda ke depan. Manfaat membeli asuransi di usia produktif juga sebagai persiapan yang baik bagi kehidupan Anda dimasa yang akan datang, terutama di hari tua yang sudah tidak produktif

Bagi yang mempunyai kesenangan liburan ke luar negeri atau melakukan perjalanan dinas antar kota. Tentunya sangat penting untuk mempunyai asuransi agar tetap dapat melindungi diri sendiri saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Saat Sudah Menikah dan Memiliki Anak

Menikah adalah salah satu tujuan hidup bagi sebagian orang, terutama bagi yang sudah lama menjalin hubungan dan sudah mantap dengan pilihannya. Kehidupan pernikahan memang tidak seindah drama Korea, Anda harus mempersiapkan segalanya termasuk membeli sebagai perlindungan keluarga.

Trending:  Jenis Asuransi Dan Manfaatnya yang Paling Penting

Karena menikah itu tidak lagi memikirkan kebutuhan diri sendiri semata namun juga anak dan istri. Sehingga memilih asuransi sebagai proteksi adalah solusi terbaik yang dapat diambil. Dengan demikian dapat mengatasi kondisi tak terduga yang mungkin tiba.

Apalagi keuntungan asuransi sangatlah besar ketika Anda ternyata mengalami hal yang tidak terduga. Bahkan ketika penanggung jawab finansial utama keluarga yang membeli asuransi mendadak meninggal maka asuransi tersebut dapat membantu keuangan istri dan anak-anaknya.

  1. Membeli Rumah

Ketika masih berada pada usia produktif,dan Anda kemudian memutuskan untuk membeli rumah lewat KPR, maka saat ini adalah saat yang tepat untuk memiliki asuransi. Karena Anda dapat melindungi rumah Anda dari kejadian tidak terduga yang mungkin terjadi tanpa terduga.

Contohnya adalah saat kepala keluarga yang membeli tersebut meninggal dunia, maka keluarga yang ditinggalkan tidak akan terlilit utang KPR. Atau kemungkinan buruk lainnya yang mungkin terjadi yaitu kehilangan rumah.

  1. Persiapan Pensiun

Ketika masih di usia produktif dengan keuangan yang mapan maka Anda pasti tidak akan pernah terpikirkan untuk masa pensiun. Padahal seiring dengan berjalannya waktu semua orang akan sampai pada masa ini. Sehingga memerlukan persiapan finansial yang harus dipikirkan sejak masa muda.

Salah satu persiapan pensiun yang baik adalah dengan membeli jaminan yang dapat menunjang keberlangsungan hidup di hari tua. Apalagi saat tua kondisi kesehatan dapat menjadi salah satu hal yang memerlukan banyak biaya.

Beberapa hal penting mengenai waktu yang terbaik tadi dapat Anda jadikan bahan pertimbangan dan panduan ketika ingin membeli asuransi. Sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …