Gunakan Cara Ini untuk Mengatasi HP Lemot

Mempunyai ponsel lemot tentu saja menjengkelkan apalagi bagi seseorang yang tidak sabaran. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan beberapa cara mengatasi HP lemot yang jarang diketahui.

Tentunya ponsel tidak akan langsung lemot ketika pertama kali membelinya, apalagi jika Anda membeli ponsel baru. Kelemotan pada ponsel nyatanya dapat terjadi karena beberapa sebab, yang biasanya timbul karena diri sendiri.

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai cara mengatasi HP lemot, mari kita selidiki hal apa saja yang menjadi penyebabnya. Penyebab HP lemot yang paling umum adalah kapasitas penyimpanan yang penuh.

Banyak diantara kita tidak begitu memperdulikan kapasitas ruang, sehingga ia akan semaunya mengunduh aplikasi. Mungkin orang tersebut akan berhenti menambah aplikasi HP, hingga muncul pemberitahuan kapasitas penyimpanan penuh.

Penyebab lainnya karena baterai mengalami penurunan kinerjanya, penuhnya memori internal dan masih banyak lagi. Berbagai cara mengatasi HP lemot tersebut akan kami ulas lebih lengkapnya seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Lemot

Langkah yang dapat Anda lakukan ketika mendapati HP lemot adalah sebagai berikut:

Cara Mengatasi HP Lemot dengan Menggunakan Aplikasi Serbaguna

Menggunakan aplikasi serbaguna merupakan cara mengatasi HP lemot yang pertama. Maksud dari aplikasi serbaguna disini, adalah aplikasi yang memiliki berbagai fungsi. Seperti menghapus data sampah, terdapat fitur pendinginan HP dan lainnya.

Aplikasi serbaguna sendiri kini banyak variannya, Anda tinggal memilih aplikasi mana yang cocok dengan ponselnya. Jangan sampai setelah mengunduh aplikasi serbaguna, malah membuat ponsel Anda semakin lemot.

Memakai Minimal Satu Aplikasi Antivirus

Cara mengatasi HP lemot kedua adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus. Bukan hal umum lagi jika perangkat yang digunakan untuk kegiatan internet seperti ponsel atau laptop, sangat rentan akan terkena virus.

Salah satu dampak perangkat terkena virus adalah menghambat proses berselancar atau bisa membuat ponsel tersebut lemot. Untuk mengantisipasinya, maka Anda bisa menggunakan setidaknya satu aplikasi antivirus.

Cara mengatasi HP lemot dengan antivirus, tidak semua orang ingin melakukannya. Jadi untuk poin kedua ini, Anda bisa memilih opsi mengunduh aplikasi antivirus atau tidak. Sebab untuk Android sendiri, tidak terlalu membutuhkannya.

Cobalah untuk Memperhatikan Kapasitas Memori

Sejatinya setiap smartphone dibekali spesifikasi memori yang berbeda-beda. Ternyata tak hanya RAM saja, memori internal pun sangat berpengaruh terhadap performa HP Anda.

Saat memori internal ponsel Anda hampir habis, maka kinerja ponsel pun akan berkurang dan lambat. Cara mengatasi HP lemot tersebut dengan menghindari menyimpan banyak data yang akan memenuhi memori internal.

Jika Anda pengguna ponsel yang harus menyimpan banyak data, maka carilah HP yang memiliki kapasitas memori internal besar. Jika Anda telah menyesuaikan kebutuhan dan kapasitas ponsel, maka tidak akan terjadi kelemotan.

Hapuslah Beberapa Aplikasi tidak Terpakai

Cara mengatasi HP lemot berikutnya adalah dengan membersihkan aplikasi yang tidak digunakan. Kerap kali seseorang selalu mengunduh berbagai aplikasi, yang nyatanya tidak semuanya terpakai.

Perlu Anda ketahui jika menyimpan banyak aplikasi pada ponsel, sangat berpengaruh terhadap kapasitas ruang penyimpanan. Ketika ponsel penuh maka kinerja HP itu akan berkurang dan lambat.

Maka cara mengatasi HP lemot mengatasinya dengan menghapus semua aplikasi yang tidak dibutuhkan. Namun nyatanya ada banyak aplikasi bawaan ponsel yang tidak bisa dihapus sama sekali.

Karena tidak bisa menghapusnya secara permanen, maka Anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut. Setelah dinonaktifkan aplikasi itu tidak akan berfungsi, dan kemungkinan tidak akan menambah ruang penyimpanan.

Rajin Membersihkan Cache Data HP

Rajin dan rutin membersihkan cache menjadi cara mengatasi HP lemot yang harus Anda ikuti. Cache sendiri merupakan tempat menyimpan data sementara, dari aplikasi gang sedang atau pernah digunakan.

Cache ini sebetulnya memiliki fungsi yang begitu berguna bagi ponsel. Misalnya dengan mempermudah pengguna ponsel untuk membuka aplikasi yang pernah digunakan sebelumnya.

Namun dibalik manfaatnya, jika cache dibiarkan menumpuk maka bisa membuat HP Android lemot. Cara ini dengan rutin dan rajin menghapus cache itu sendiri.

Banyak cara untuk melakukannya, pertama dengan masuk ke bagian settings – Apps – All, lalu bersihkan cache pada aplikasi yang diinginkan. Kedua dengan menghapus semua sekaligus dengan cara: settings – Storage – Cached Data kemudian klik “OK”.

Mengurangi Widget pada Ponsel

Cara  selanjutnya, adalah dengan mengurangi penggunaan widget pada ponsel. Sejatinya penggunaan widget pada homescreen dapat mempercantik tampilan dan digunakan sebagai jalan pintas

Sayangnya widget dapat mempengaruhi kapasitas pada RAM ponsel. Semakin banyak widget yang digunakan, maka kapasitas RAM yang digunakannya pun semakin besar.

Cara mengatasi HP lemot pada tahap ini, dengan mengurangi penggunaan widget pada homescreen. Gunakan widget sesuai dengan kebutuhan saja, dan jika bisa buatlah sedikit mungkin.

Lakukan Factory Reset

Cara ini dilakukan sebagai usaha akhir yang dapat dilakukan jika ponsel benar-benar lemot. Factory reset sendiri merupakan cara untuk mengembalikan kecepatan ponsel ke keadaan semula.

Cara ini akan membuat ponsel Anda kembali ke dalam setelan awal pabrik. Sehingga semua data yang ada di ponsel tersebut akan dibersihkan, dan otomatis menghilang.

Jadi sebelum mereset ke setelan pabrik, pastikan jika Anda sudah menyalin data-data pada ponsel yang dianggap penting. Dengan cara ini, akan membuat ponsel Anda jauh lebih ringan dan pastinya tidak akan lemot lagi.

Itu saja beberapa cara untuk mengatasi HP lemot berdasarkan versi kami. Jika ponsel Anda lemot, cobalah untuk melakukan cara-cara yang telah kami sebutkan di atas.