Mengenal Apa Itu Polis Asuransi Berikut Fungsinya

Asuransi merupakan hal yang cukup kompleks untuk dipikirkan secara matang sebelum menggunakannya. Meski cukup tak asing lagi di telinga kita, nyatanya masih banyak orang yang belum memahami seluk beluk terutama pada polis asuransi.

Terdapat berbagai macam jenis asuransi yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan banyak orang. Sehingga memudahkan setiap orang untuk memilih dan menggunakan beberapa jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Apa Itu Polis Dan Ketetapannya?

Seperti yang kita ketahui, asuransi memiliki banyak istilah berbeda yang biasa kita dengar. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman dan menimbulkan berbagai asumsi yang salah, hingga menimbulkan kerugian.

Anda harus benar-benar memahami berbagai istilah yang digunakan di dalamnya dengan benar, agar tidak salah paham di kemudian hari. Jangan biarkan diri Anda menggunakan layanan dengan asuransi tanpa memahaminya dengan baik.

Salah satu yang paling sering disinggung saat membahas asuransi adalah berupa polis. Banyak orang yang menganggap polis sebagai sejumlah dana yang akan dibayarkan kepada perusahaan asuransi setiap bulan (premi).

Hal ini tentu saja sangat tidak tepat karena ada perbedaan makna yang sangat besar antara premi asuransi dan kontrak asuransi. Kontrak asuransi adalah bukti perjanjian tertulis yang ditandatangani oleh kedua pihak penanggung dan tertanggung.

Kontrak asuransi merupakan bukti tertulis dari perjanjian yang ditandatangani antara penanggung dan tertanggung. Dengan adanya akad asuransi maka kedua  pihak yang mengadakan akad dengan polis  akan terikat.

Memiliki tanggung jawab masing-masing yang telah disepakati di awal. Polis asuransi sangat penting dalam pelayanan asuransi itu sendiri karena  asuransi akan melindungi segala hak dan kewajiban nasabah dan perusahaan asuransi.

Fungsi Polis Yang Perlu Diketahui

Mengingat pentingnya polis, sudah sewajarnya Anda memahami seluruh isi polis asuransi yang Anda miliki. Hal ini akan membantu Anda menghindari beberapa kerugian yang mungkin timbul di kemudian hari karena hal yang tidak terduga.

Trending:  Pentingnya Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Hal ini karena kurangnya pemahaman Anda terhadap semua detail yang terdapat dalam polis asuransi yang Anda gunakan. Bagi kedua belah pihak antara tertanggung dan penanggung, kontrak asuransi mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

  • Fungsi polis dari sebuah asuransi bagi nasabah yang menggunakan asuransi (tertanggung):
  1. Sebagai bukti tertulis jaminan atas berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung asuransi, pada saat kerugian tersebut tercantum dala.
  2. Menjadi bukti pembayaran premi yang diajukan kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung.
  3. Menjadi alat bukti yang paling dapat diandalkan untuk menuntut perusahaan asuransi, jika sewaktu-waktu ia lalai atau lalai memenuhi jaminan yang menjadi tanggungannya
  • Fungsi polis bagi perusahaan asuransi (penanggung):
  1. Menjadi bukti atau menerima uang pertanggungan yang dibayarkan oleh tertanggung.
  2. Bertindak sebagai bukti tertulis tentang jaminan yang diberikan kepada tertanggung untuk pembayaran ganti rugi yang mungkin ditanggung oleh tertanggung.
  3. Merupakan bukti yang paling dapat diandalkan untuk membantah suatu klaim atau klaim yang diajukan oleh tertanggung, jika penyebab kerugian tidak memenuhi persyaratan asuransi.

Isi Polis Asuransi

Polis dari sebuah asuransi memuat poin-poin penting yang harus diketahui oleh pemegang polis baik sebagai tertanggung maupun sebagai pembayar premi.

Hak Untuk Memeriksa Polis Asuransi

Perusahaan asuransi akan memberi Anda waktu untuk memeriksa polis jiwa lainnya, yaitu 14 hari sejak tanggal penerbitan. Harap luangkan waktu ini untuk  memahami sepenuhnya syarat dan ketentuan.

Data Pemegang Polis dan Tertanggung

Anda harus memastikan bahwa data yang diberikan akurat dan sesuai dengan dokumen resmi Anda. Masalahnya adalah, jika salah, mungkin ada masalah dalam mengirim permintaan.

Manfaat Dan Kegunaan Yang Akan Didapatkan Penerima

Manfaat umumnya meliputi:

– Uang Pertanggungan yang akan Anda terima.

Trending:  Mengenal Lebih Dekat Dengan Asuransi Kesehatan

– Jangka waktu pertanggungan, yaitu jangka waktu pertanggungan akan melindungi tertanggung.

– Alokasi kamar dan pagu manfaat untuk  asuransi kesehatan yang ditanggung.

– Manfaat tambahan atau pengesahan hakim

– Cara melaporkan serta mengajukan klaim dari asuransi tersebut.

Pengecualian

Pengecualian yang dapat menyebabkan ditolaknya klaim tertanggung. Ketentuan ini tentu saja berbeda untuk setiap jenis asuransi. Secara umum, kerusakan yang disebabkan oleh diri sendiri dan bencana alam termasuk dalam kategori ini.

Aturan Premium

Aturan Premium mencakup rincian premi  yang harus Anda bayar untuk menerima manfaat . Sehingga bisa lebih praktis digunakan sesuai dengan tujuan awal pengajuan asuransi tersebut.

Diskon Atau Pemotongan Biaya

Biaya ini akan mengurangi manfaat yang Anda terima. Dengan demikian, uang  asuransi Anda akan dipotong untuk menutupi biaya-biaya ini. Untuk memberikan gambaran, cobalah kalkulator jumlah asuransi berikut untuk mendapatkan jumlah asuransi jiwa.

Mengapa Polis Asuransi Penting Untuk Diteliti?

Asuransi kadang-kadang dianggap kurang penting dan sekadar bukti partisipasi dan diterima begitu saja. Sebenarnya, ada banyak informasi penting dalam asuransi yang harus dibaca oleh pemegang polis secara keseluruhan.

Dengan memahami fungsi polis, kita dapat memperoleh banyak pengetahuan tentang produk berikut manfaat yang kita dapatkan. Dalam polis  Anda juga akan menemukan banyak istilah asuransi yang belum dimengerti.

Anda dapat meminta penjelasan kepada staf mengenai hak dan kewajiban. Dalam banyak kasus yang berbeda, kontrak asuransi selalu menjadi dasar hukum bagi tertanggung dan penanggung untuk melaksanakan hak dan kewajibannya.

Sekian ulasan terkait apa itu polis asuransi berikut fungsinya yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk membantu Anda menentukan asuransi yang paling cocok digunakan.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …