Mengenal Berbagai Istilah Penting dalam Asuransi, Pemula Wajib Tahu

Asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang sangat penting untuk bisa dimiliki oleh seseorang. Umumnya produk tersebut dikenal sebagai produk keuangan yang bisa membantu mempersiapkan keuangan di masa mendatang. Anda bisa mengetahui istilah penting dalam asuransi terlebih dahulu sebelum memilih produk keuangan tersebut.

Produk keuangan ini tersedia dalam berbagai macam pilihan mulai dari untuk kesehatan, jaminan hari tua, pendidikan dan lain sebagainya. Dengan program dan sistem khusus nantinya Anda perlu melakukan pembayaran sehingga pada situasi tertentu bisa digunakan dengan lebih mudah.

Sebelumnya Anda diwajibkan untuk membaca dan memahami dengan teliti produk asuransi yang dipilih. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih perusahaan penyedia asuransi agar terhindar dari berbagai masalah yang merugikan.

Istilah Penting dalam Asuransi yang Perlu Diketahui

Istilah yang ada dalam produk keuangan tersebut tentunya cukup beragam dan wajib Anda ketahui agar tidak salah dalam mengambil langkah. Terkadang beberapa orang kurang tepat dalam penggunaan asuransi atau pemilihan jenisnya hanya karena kurang memahami istilah yang digunakan di dalamnya.

Agar hal tersebut bisa dihindari berikut ini terdapat beberapa istilah penting yang sering digunakan pada produk keuangan asuransi.

Istilah Penting dalam Asuransi : Polis

Istilah yang pertama ialah polis yang merupakan kontrak tertulis antara nasabah dengan perusahaan yang menangani asuransi. Di dalamnya terdapat kesepakatan tentang hak maupun kewajiban yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak.

Dapat dikatakan polis merupakan salah satu bagian yang paling penting karena di dalamnya terdapat “aturan main” bagi kedua belah pihak. Jika tidak dipahami bahkan istilahnya sama sekali tidak Anda pahami maka Anda bisa saja terkena penipuan dan tidak mendapatkan hak Anda meskipun sudah membayar sejumlah uang.

Trending:  Begini Manfaat Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Anda

Premi

Selain polis ada pula istilah lainnya yang dinamakan premi yang merupakan ketentuan yang berisi kewajiban bagi seorang nasabah. Istilah ini berisi sejumlah uang yang harus dibayar setiap bulan maupun setiap tahun sesuai dengan kesepakatan yang berlaku. Hal tersebut berkaitan dengan jenis asuransi yang dipilih oleh nasabah.

Nominal premi bagi setiap nasabah akan berbeda-beda karena menyesuaikan dengan jenis asuransi yang dipilihnya. Sebelumnya Anda bisa mengenali masing-masing jenis asuransi agar bisa mendapatkan nominal sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, uang yang Anda bayarkan bisa memberikan hasil yang nyata di masa mendatang.

Istilah Penting Dalam Asuransi Risiko

Berikutnya terdapat istilah lain yang dinamakan dengan risiko yang merupakan konsekuensi dari setiap tindakan. Konsekuensinya bisa berupa hal-hal yang buruk yang mungkin akan menimpa nasabah. Kemungkinan terburuk tentu bisa saja terjadi terlebih Anda tidak bisa menebak Apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Apapun jenis asuransi yang Anda pilih maka Anda harus memilih asuransi yang bisa menanggung risiko terburuk di sekitar Anda. Hal ini bisa menjaga Anda pada saat terjadi hal-hal yang tidak terduga sehingga perlindungan bisa tetap anda dapatkan sekalipun untuk kemungkinan terburuk.

Mortalitas

Istilah penting dalam asuransi berikutnya ialah mortalitas yang berarti waktu perkiraan kematian yang tidak pasti. Hal ini biasanya berkaitan dengan asuransi jiwa dan merupakan pertimbangan dalam menentukan premi. Nominal premi yang harus Anda bayarkan bisa diperoleh dari mortalitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Bagi Anda yang memilih asuransi jiwa maka akan berhadapan dengan istilah ini sehingga Anda bisa memahaminya terlebih dahulu. Anda disarankan untuk tidak merasa terlalu kaget dengan istilah ini karena memang berhubungan dengan waktu kematian. Dengan penggunaan asuransi hal tersebut justru akan lebih dipersiapkan dengan lebih baik.

Trending:  Asuransi Uang dan Harta Benda

Cuti premi

Cuti premi merupakan salah satu istilah penting dalam asuransi yang digunakan untuk melakukan pemberhentian terhadap pembayaran premi untuk waktu tertentu. Setiap perusahaan asuransi memiliki perbedaan mengenai cuti premi yang dapat dikabulkan bagi nasabahnya.

Beberapa ketentuan akan mempengaruhi hal tersebut seperti usia polis yang sudah mencapai 2 tahun atau lebih, nilai polis yang sudah mampu membayar premi yang diberhentikan, dan beberapa alasan lainnya. Terlebih dahulu Anda bisa bertanya mengenai cuti premi terhadap perusahaan yang Anda pilih agar bisa lebih memahaminya dengan baik.

Klaim

Klaim adalah permintaan ganti rugi dari tertanggung terhadap penanggung yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya hal ini sudah tertulis pada polis yang sudah disetujui oleh semua pihak yang terlibat. Istilah tersebut bisa digunakan oleh nasabah yang ingin mengklaim risiko yang masuk ke dalam perjanjian polis.

Tujuannya agar pihak asuransi bisa membayarkan sejumlah uang yang sudah dijanjikan kepada nasabahnya. terlebih sebelumnya sudah terdapat polis yang merupakan perjanjian yang harus disetujui oleh kedua belah pihak sehingga klaim tersebut juga perlu dipenuhi sebaik mungkin.

Uang pertanggungan

Istilah ini sering digunakan dalam asuransi jiwa serta asuransi kesehatan. Uang pertanggungan dapat diartikan sebagai sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi kepada nasabahnya. Hal tersebut bisa terjadi pada saat nasabah melakukan klaim terhadap risiko sesuai dengan polis asuransi.

Dalam polis tentunya sudah ditentukan risiko yang dapat diklaim oleh nasabah dan disetujui oleh perusahaan. Pada saat melakukan klaim maka perusahaan wajib mengeluarkan uang pertanggungan sesuai dengan nominal dalam polis yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Itulah beberapa istilah penting dalam asuransi yang perlu Anda pahami sebelum menggunakan asuransi. Beberapa istilah di atas saling keterkaitan satu sama lain sehingga Anda harus memahami satu persatu dari istilah tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan asuransi yang aman dan efektif bagi masa mendatang.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …