Mengenal Jenis Asuransi Dan Manfaatnya yang Paling Penting

Asuransi adalah suatu sistem sosial dan ekonomi yang ditujukan untuk menghadapi kerugian yang mungkin ditimbulkan pada seseorang atau harta bendanya, atau yang dapat menyebabkan kerugian pada sekelompok orang atau lembaga komersial atau nonkomersial.

Asuransi bergantung pada kerjasama antara orang-orang yang menghadapi risiko yang sama dalam menghadapi akibat-akibat yang ditimbulkan dari pencapaiannya bagi sebagian dari mereka, dengan membayar masing-masing dari mereka premi atau langganan, di mana jumlah yang dibayarkan dikumpulkan dan kemudian dibagikan kepada orang-orang yang memilikinya. telah dirugikan

Asuransi merupakan salah satu cara dan sarana yang paling penting dimana seseorang dapat mengurangi dampak dari bencana, baik bencana tersebut terjadi sebagai akibat dari kelalaian individu, kelalaian, atau tindakan orang lain.

Hasil positif dan efektivitasnya telah mendorong beberapa negara untuk memberlakukan beberapa jenis secara wajib dengan tujuan memastikan bahwa beberapa kelompok orang menerima kompensasi jika terjadi kecelakaan

Baca Juga: Kenapa harus punya asuransi? kapan harus ada

Apa saja jenis-jenis asuransi?

Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri digunakan dalam hal individu mengalami cedera ringan atau berat, atau dalam hal ia menderita cacat total atau sebagian akibat kecelakaan di tempat kerja, atau dalam perjalanan dengan mobil, pesawat atau alat transportasi lainnya.

Kontrak asuransi mencakup semua biaya pengobatan, dan dapat mencakup pengeluaran individu dan keluarganya selama masa pengobatan dan pemulihan, dan gaji bulanan atau jumlah tertentu dalam hal cacat sebagian atau seluruhnya.

Asuransi Perlindungan atau Tabungan

Tujuan dari jenis asuransi ini adalah untuk melindungi orang yang memegang kontrak asuransi, di mana individu tersebut dapat memperoleh jumlah tertentu dalam keadaan tertentu, seperti: terkena kecelakaan, atau tertular penyakit, atau ketika dia diharuskan untuk melakukannya. sebagai ganti kewajiban untuk membayar semua
iuran yang disepakati kepada perusahaan asuransi.

Asuransi Jiwa

Ini berarti asuransi terhadap risiko yang mungkin dihadapi individu, terutama “kematian”; Dimana kontrak asuransi mewajibkan perusahaan untuk membayar sejumlah uang tertentu atau gaji bulanan kepada ahli waris dari orang yang meninggal yang memegang kontrak asuransi, atau kepada orang-orang yang diidentifikasi oleh orang
tersebut sebelum kematiannya; Kontrak asuransi ini dapat mencakup kondisi lain, seperti: bahwa pemegang polis nasuransi individu memperoleh haknya setelah mencapai usia tertentu, atau dalam hal cedera dan terkena cacat total atau sebagian, dengan ketentuan bahwa individu tersebut berkewajiban untuk membayar
hutangnya kepada perusahaan, yang mungkin melalui langganan Bulanan, tahunan, atau hanya sekali, sesuai dengan kebijakan dan peraturan perusahaan asuransi yang mengontrak.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis asuransi

Asuransi kesehatan

Tujuan dari jenis asuransi ini adalah untuk menutupi semua pengeluaran dan biaya pengobatan, termasuk diagnosis, pemeriksaan, pembedahan, dan obat-obatan yang dibutuhkan individu sepanjang hidupnya; Asuransi ini dapat mencakup seluruh anggota keluarga, dan dapat diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya, atau oleh universitas kepada mahasiswa dan karyawannya, atau dapat dalam skala besar, yaitu dari negara kepada seluruh warganya.

Asuransi Properti

Asuransi mencakup segala bentuk risiko yang dapat mempengaruhi harta benda dalam berbagai bentuknya seperti mobil, bangunan, pabrik, real estate, kapal, gudang, peralatan dan perlengkapan, serta harta bergerak dan tidak bergerak, baik milik perorangan maupun perusahaan.

Asuransi Perjalanan

Ini termasuk kecelakaan yang dapat dialami oleh individu, kelompok atau keluarga secara keseluruhan, dan juga mencakup penundaan penerbangan dan kerugian yang diakibatkannya, selain kondisi kesehatan dan cedera yang dapat terjadi selama perjalanan, kompensasi dalam kejadian kehilangan bagasi, dan biaya pemulangan jenazah ke negaranya dalam hal Meninggal Dunia di luar negeri.

Asuransi kebakaran

Perusahaan mengganti kerugian akibat kebakaran; Baik di pabrik, gudang, rumah, perusahaan, mobil, atau bahkan pembakaran hasil bumi; Perlu dicatat bahwa perusahaan tidak harus membayar semua biaya kerusakan, melainkan menurut ketentuan kontrak asuransi yang dibuat antara perusahaan asuransi dan perusahaan.

Asuransi pencurian

Jenis asuransi ini mencakup semua bentuk properti yang dapat terkena pencurian, karena perusahaan memberikan kompensasi kepada pemilik kontrak asuransi untuk apa yang dicuri darinya; Perusahaan tidak serta merta mengganti semua kerugian akibat pencurian, tetapi ganti rugi sesuai dengan kontrak yang ditandatangani antara penanggung dan perusahaan.

Asuransi kecelakaan kerja

Tujuan dari jenis asuransi ini adalah untuk menjamin pekerja dan karyawan terhadap cedera yang mungkin mereka alami selama bekerja karena sifat pekerjaan, atau karena kecelakaan di tempat kerja; Oleh karena itu, jenis asuransi ini menyasar pemilik kegiatan industri dan komersial yang memiliki awak karyawan dan pekerja.

TRENDING:  Apa itu asuransi jiwa? kelebihan dan kekuranganya

Asuransi Profesional

Termasuk kesalahan-kesalahan yang terjadi di tempat kerja dan kalangan profesional, yang disebabkan oleh berbagai sebab, seperti: kesalahan yang diakibatkan oleh kelalaian pekerja atau pejabat itu sendiri, dan kesalahan yang tidak disengaja dan disengaja oleh pekerja, yang mengakibatkan kerugian.

Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi ini terbatas pada kendaraan, terutama mobil dengan tujuan ganti rugi jika terjadi kecelakaan, pencurian, kebakaran, atau risiko lainnya; Ada dua bentuk
:asuransi jenis ini

  • Asuransi kendaraan yang menyeluruh: mencakup semua kecelakaan yang dapat menimpa kendaraan atau orang lain akibat kendaraan tersebut, selain memberikan ganti rugi kepada pemilik kendaraan atau orang-orang yang berada di dalamnya pada saat terjadinya kecelakaan.
  • Asuransi kendaraan wajib: Jenis asuransi ini dikenakan pada semua jenis kendaraan tanpa kecuali, dan bertujuan untuk memberikan kompensasi kepada orang yang terkena dampak kecelakaan dan bukan pemilik kendaraan.

Asuransi Laut

Jenis asuransi ini mencakup ganti rugi atas semua kerugian yang diakibatkan oleh semua jenis risiko laut, seperti: kecelakaan yang dapat menimpa kapal, barang atau produk yang diangkut melalui laut.

Asuransi Rekayasa

Jenis asuransi ini hanya untuk proyek-proyek teknik dan konstruksi, karena dapat mencakup asuransi konstruksi dan bahan bangunan, asuransi untuk pekerja dan peralatan, atau asuransi untuk keseluruhan proyek.

Asuransi Udara

Jenis asuransi ini mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan operasi angkutan udara, operasi pesawat udara, angkutan udara, dan maskapai penerbangan Asuransi: jenisnya, dan manfaatnya yang paling penting.

Asuransi Uang

Jenis asuransi ini mencakup semua jenis risiko yang mungkin dihadapi dana tersebut, seperti: kehilangan, pencurian, penggelapan, atau kehilangan; Selain risiko yang dapat terjadi pada saat pemindahan dana dari satu bank ke bank lain, atau dari satu tempat ke tempat lain.

Asuransi pelanggaran kepercayaan

Jenis asuransi ini termasuk pelanggaran kepercayaan oleh pihak yang berbeda dan dalam keadaan yang berbeda, dan itu berarti asuransi kerugian finansial yang terjadi karena pelanggaran kepercayaan oleh salah satu karyawan dari orang yang diasuransikan, baik pengkhianatan itu melalui pencurian atau penggelapan dari pihak tertanggung orang yang diasuransikan.

Pengamanan Energi

Jenis asuransi ini mengkhususkan diri pada asuransi terhadap risiko-risiko yang dapat dihadapi oleh instalasi energi, seperti: instalasi minyak, pemasok energi, dan lain-lain.

Apa manfaat asuransi?

  • Melindungi masa depan individu dari bahaya yang dapat mengancam stabilitas keuangannya dengan menghindari kemungkinan kerugian yang besar apabila ia tidak memiliki asuransi terhadap risiko yang dapat dihadapinya.
  • Tercapainya prinsip kerjasama bersama antara sejumlah orang yang menghadapi risiko yang sama, dan menjamin stabilitas masa depan mereka dengan ikut menanggung risiko yang mungkin dihadapinya.
  • Asuransi mempelajari penyebab risiko, mengembangkan solusi, dan mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari dan menangani setiap jenis risiko ini Yang memberikan keamanan, pencegahan dan asuransi untuk individu dan perusahaan.
  • Itu menanamkan kedamaian di hati orang-orang.
  • Berkontribusi untuk menjaga kapasitas produksi fasilitas.
  • Ini mengkompensasi kerugian yang mungkin dihadapi oleh perusahaan sebagai akibat dari bahaya yang terjadi, yang berkontribusi untuk melestarikan kekayaan perusahaan tersebut.
  • Ini membantu keluarga seseorang setelah kematiannya dalam kasus asuransi jiwa, karena membantu dia untuk menyimpan diwakili dalam premi yang dikumpulkan di perusahaan asuransi.
  • Asuransi berkontribusi pada pembangunan ekonomi negara melalui pinjaman yang diberikannya kepada perusahaan dan individu.Asuransi memberikan manfaat besar bagi perekonomian nasional melalui perusahaan asuransi yang menginvestasikan premi asuransi yang dikumpulkan dalam proyek publik dan swasta.
  • Orang mudah mendapatkan pinjaman dari bank, karena sebagian besar bank dan bank tidak setuju untuk memberikan pinjaman kepada orang yang tidak memiliki polis asuransi jiwa; Ini karena mereka tidak akan mampu mengembalikan pinjaman setelah peminjam meninggal.