Mengenal Jenis Asuransi Dwiguna Untuk Proteksi Masa Depan yang Lebih Baik

Asuransi menjadi salah satu produk keuangan yang banyak direkomendasikan bagi berbagai kalangan. Diantara berbagai jenis asuransi, asuransi dwiguna dinilai menjadi jenis asuransi yang cukup menguntungkan.

Tips Memilih Jenis Asuransi Terbaik

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari program asuransi, maka memilih jenis asuransi yang tepat menjadi acuan yang perlu diingat. Dengan asuransi yang tepat maka proteksi diri dan keluarga Anda di masa depan tentu akan lebih terjamin.

Ada cukup banyak jenis asuransi yang bisa Anda pertimbangkan mulai dari asuransi konvensional, syariah, hingga dwiguna. Di dalam setiap produk asuransi tersebut juga terdapat jenis asuransi yang lebih detail seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, kendaraan, kerugian, jaminan hari tua, hingga pendidikan.

Saat Anda ingin memilih asuransi, maka langkah pertama yang harus diambil adalah menentukan tujuan pembelian asuransi tersebut. Pilih jenis asuransi menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Namun Anda harus meneliti kembali detail dari asuransi yang akan dibeli secara mendalam. Sebagai contoh, jangan hanya karena Anda membutuhkan asuransi kesehatan, lantas Anda langsung membelinya dari perusahaan ternama tanpa meneliti jenis pertanggungan yang ada di dalamnya.

Pilih asuransi yang lengkap dan tepat seperti asuransi dwiguna kemudian teliti setiap detail pertanggungan asuransi yang ditawarkan seperti dimana saja asuransi tersebut dapat digunakan, penyakit apa saja yang perawatannya dapat di cover oleh asuransi tersebut, hingga berapa nominal klaim asuransi yang bisa dilakukan. Pastikan Anda memahami setiap detail yang ada sebelum Anda membeli asuransi tersebut.

Jika Anda merasa bingung, maka Anda bisa membandingkan beberapa produk asuransi serupa dari beberapa perusahaan sekaligus. Cara ini akan mempermudah Anda dalam mengetahui asuransi mana yang lebih direkomendasikan.

Trending:  Asuransi Syariah Pengertian dan Keunggulannya

Hingga saat ini asuransi dwiguna menempati posisi yang cukup tinggi dalam pembahasan rekomendasi asuransi. Alasannya sebenarnya cukup klasik yaitu karena asuransi ini menawarkan manfaat yang cukup berbeda dengan asuransi lain.

Sayangnya belum semua perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi ini, sehingga Anda harus lebih teliti dan sabar mencari perusahaan yang menyediakan produk ini. Mulailah dengan meneliti lebih dalam program asuransi yang disediakan perusahaan asuransi untuk menemukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis Asuransi Dwiguna

Asuransi yang memiliki nama lain asuransi endowment ini memiliki beberapa perbedaan dengan jenis asuransi biasa. Salah satu perbedaan paling kentara adalah adanya pencairan premi asuransi pada periode tertentu sebelum berakhirnya masa kontrak premi tersebut.

Saat membahas mengenai asuransi dwiguna, mayoritas akan mengaitkan asuransi ini dengan asuransi jiwa. Namun pada dasarnya ada beberapa jenis produk asuransi lain selain asuransi jiwa dwiguna. Adapun beberapa jenis asuransi tersebut diantaranya :

Asuransi Pendidikan Dwiguna

Jenis asuransi endowment pertama yang cukup banyak dipilih adalah asuransi pendidikan dwiguna. Asuransi ini biasanya dibeli oleh para orangtua muda atau orangtua yang memiliki balita dan batita.

Seperti namanya, asuransi ini merupakan asuransi pendidikan dengan tujuan untuk membantu pembiayaan pendidikan anak di masa depan. Berbeda asuransi pendidikan biasa yang hanya bisa dicairkan pada akhir kontrak, asuransi pendidikan yang satu ini bias dicairkan beberapa kali hingga masa kontrak premi ini berakhir.

Periode pencairan premi asuransi ini biasanya menyesuaikan dengan waktu peningkatan jenjang pendidikan anak atau anggota keluarga tertentu. Dengan membeli premi asuransi ini, tentu Anda akan lebih ringan saat harus membayar biaya pendidikan anak Anda di masa depan.

Asuransi Dwiguna Pensiun

Asuransi pensiun menjadi jenis asuransi endowment lainnya yang juga banyak direkomendasikan dan dipilih oleh berbagai kalangan. Asuransi pensiun ini memang ditujukan sebagai persiapan dana pensiun sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda yang tidak memiliki jaminan hari tua.

Trending:  Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Asuransi dwiguna pensiun ini merupakan asuransi jangka panjang yang anntinya bisa dicairkan saat Anda memasuki usia pensiun. Selain itu, uang pertanggungan ini juga akan cair saat pemilik polis asuransi meninggal dunia meski belum memasuki usia pensiun. Uang pertanggungan tersebut nantinya akan diberikan pada keluarga atau ahli waris yang telah ditunjuk saat Anda membeli premi asuransi.

Asuransi PNS

Seperti namanya, asuransi PNS merupakan asuransi yang ditujukan bagi para pegawai negeri sipil. Asuransi ini diselenggarakan oleh PT. Taspen dan menjadi salah satu asuransi yang juga berperan sebagai tabungan untuk para PNS di hari tua kelak.

Jumlah premi asuransi PNS berbeda-beda tergantung pada total penghasilan bulanan yang dimiliki. Karena data khusus ini, maka setiap pemilik premi asuransi diwajibkan untuk selalu melaporkan perubahan nominal pendapatan kepada PT. Taspen selama periode premi asuransi berlangsung.

Nominal premi bulanan yang harus dibayarkan juga cukup kecil hanya sebesar 3,25% saja sehingga tentu tidak akan terlalu memberatkan para pemilik premi asuransi dwiguna ini. Serupa dengan asuransi lainnya, uang pertanggungan dari asuransi ini juga akan otomatis cair pada ahli waris jika ternyata pemilik polis meninggal dunia sebelum kontrak premi asuransi berakhir.

Ketiga jenis asuransi endowment ini memiliki keunggulan berupa adanya pencairan pada beberapa periode tertentu sebelum kontrak premi berakhir. Periode pencairan ini akan ditentukan saat Anda berkonsultasi untuk membeli asuransi yang diinginkan. Setelah Anda merasa cocok dengan berbagai ketentuan dan periode pencairan, maka Anda bisa mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut secara penuh.

Beberapa jenis asuransi dwiguna diatas bisa Anda pilih untuk memproteksi masa depan Anda dan keluarga. Dengan memilih jenis asuransi yang tepat, Anda bisa mendapatkan jaminan kesejahteraan sesuai kebutuhan yang ada di masa depan.

Trending:  Begini Manfaat Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Anda

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …