Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan Beserta Perbedaannya

Asuransi menjadi hal yang cukup penting untuk dimiliki. Bukan hanya asuransi untuk diri sendiri, asuransi kendaraan bermotor juga menjadi jenis asuransi yang patut untuk dipertimbangkan. Ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih menyesuaikan dengan beberapa pertimbangan khusus.

Bagi Anda yang ingin atau sudah memiliki sebuah kendaraan terutama mobil, sangat penting untuk mengetahui berbagai hal seputar asuransi kendaraan. Sama seperti asuransi lainnya, asuransi kendaraan juga memberikan manfaat yang sangat besar bagi Anda sebagai pemilik sebuah mobil.

Pentingnya Memahami Asuransi Kendaraan

Pada dasarnya asuransi kendaraan memiliki sifat yang hampir serupa dengan asuransi kesehatan. Asuransi ini bisa digunakan untuk mengcover biaya perbaikan sebuah mobil atau biaya ganti rugi jika mobil tersebut mengalami kerusakan dengan penyebab dan kondisi yang sesuai dengan aturan dalam dunia asuransi.

Ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang menawarkan manfaat yang berbeda sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengenali setiap jenis tersebut dengan baik. Memahami berbagai jenis dan manfaat dari asuransi kendaraan juga bisa membantu Anda agar lebih mudah memiliki jenis asuransi mana yang akan digunakan untuk kendaraan Anda.

Kecelakaan dan pencurian kendaraan menjadi beberapa alasan utama mengapa asuransi sangat dibutuhkan bagi sebuah kendaraan terutama mobil. Dengan membeli sebuah polis asuransi untuk mobil Anda, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan mobil akan lebih ringan.

Anda juga bisa mendapatkan sejumlah uang ganti rugi jika Anda kehilangan kendaraan Anda. Dengan manfaatnya yang sangat besar, tentu akan lebih baik jika Anda memahami lebih dalam seputar asuransi kendaraan.

2 Jenis Asuransi Kendaraan yang Direkomendasikan

Setelah mengetahui betapa pentingnya asuransi kendaraan, tentu Anda juga harus mengetahui jenis asuransi  yang banyak direkomendasikan. Di Indonesia sendiri, ada 2 jenis asuransi untuk kendaraan yang bisa Anda pilih untuk kendaraan Anda.

Trending:  Begini Tips Mencari Asuransi Mobil yang Efektif, Wajib Coba!

Kedua jenis asuransi tersebut adalah TLO dan all risk. Karena dibuat menjadi 2 jenis yang berbeda, tentu ada cukup banyak perbedaan mendasar mulai dari manfaat hingga rincian asuransi lainnya. Untuk memahaminya lebih dalam, berikut ini informasi detail mengenai kedua jenis asuransi tersebut yang bisa Anda pahami.

All Risk

Jenis pertama yang paling banyak direkomendasikan adalah jenis asuransi kendaraan all risk. Sesuai namanya, jenis asuransi ini memiliki manfaat berupa cover secara menyeluruh untuk setiap kerusakan mobil baik kerusakan ringan maupun kerusakan berat.

Bukan hanya itu, asuransi kendaraan all risk juga memberikan manfaat untuk ganti rugi kehilangan mobil yang Anda alami. Jika Anda membeli polis asuransi ini, Anda bisa mendapatkan biaya ganti rugi meski mobil Anda hanya tergores atau lecet saja.

Dibandingkan dengan asuransi TLO, asuransi all risk lebih banyak disarankan terutama jika Anda beraktivitas menggunakan mobil dengan risiko kerusakan yang tinggi. Namun tentu karena banyaknya manfaat yang ada pada asuransi ini, maka harga dari polis asuransi ini juga lebih mahal dari polis asuransi TLO.

Besaran nominal polis asuransi all risk juga tergantung pada jenis mobil hingga wilayah kepemilikan mobil tersebut. Tentu Anda tetap harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari biaya hingga manfaat yang akan diterima sebelum memutuskan untuk membeli asuransi ini.

Asuransi Kendaraan TLO

Total loss only atau TLO menjadi jenis asuransi lain yang juga bisa Anda pilih untuk kendaraan Anda. Seperti dipaparkan sebelumnya bahwa asuransi ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan asuransi all risk.

Dari namanya, tergambar jelas bahwa asuransi TLO hanya bisa memberikan cover untuk kehilangan total tidak seperti asuransi all risk yang mengcover setiap kerusakan mulai dari kerusakan terkecil. Kategori kehilangan total yang dimaksud disini adalah kerusakan mobil diatas 75% atau kehilangan unit mobil yang bersangkutan.

Trending:  Bagaimana Cara Mendaftar Asuransi Jiwa Yang Tepat? Ini Tipsnya!

Jika kendaraan Anda mengalami kecelakaan dan kerusakan yang terjadi di bawah 75%, maka asuransi tidak akan memberikan ganti rugi atau mengcover perbaikan mobil Anda. Namun bukan berarti jenis asuransi ini tidak memiliki keunggulan dibandingkan dengan asuransi all risk.

Dari segi biaya premi asuransi, asuransi TLO memiliki biaya yang jauh lebih ringan daripada asuransi all risk. Serupa dengan asuransi all risk, biaya premi asuransi TLO juga ditentukan oleh beberapa faktor seperti wilayah dan jenis mobil. Asuransi ini tetap banyak direkomendasikan karena memberikan berbagai manfaat yang sama baiknya seperti asuransi all risk.

Itulah 2 jenis asuransi kendaraan yang banyak direkomendasikan di Indonesia. Jika Anda membeli kendaraan di Indonesia, maka ada baiknya untuk segera melindungi kendaraan Anda dengan premi asuransi kendaraan.

Agar manfaat dari asuransi tersebut dirasakan dengan maksimal, sangat penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati asuransi mana yang akan dipilih. Jangan terburu-buru memilih asuransi yang akan dibeli, karena masa asuransi yang cukup panjang bisa membuat Anda menyesal jika memilih asuransi yang salah.

Ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu pada beberapa polis asuransi mobil untuk membandingkan premi asuransi mana yang lebih tepat untuk Anda. Jangan ragu untuk menanyakan berbagai hal secara detail mengenai jenis asuransi kendaraan tersebut agar Anda yakin saat akan memilih asuransi yang akan dibeli.

Anda juga bisa membandingkan premi asuransi dari beberapa penyedia asuransi kendaraan sekaligus untuk mendapatkan perbandingan yang lebih luas. Pastikan Anda memahami dengan benar setiap informasi terkait dengan premi asuransi yang ada kemudian pertimbangkan dengan matang saat akan memilih premi asuransi tersebut.

Dengan memahami jenis asuransi kendaraan lebih dalam, Anda bisa memilih produk asuransi dengan tepat untuk melindungi kendaraan Anda. Asuransi yang tepat akan mengatasi setiap kerugian dan memberikan ketenangan dalam setiap aktivitas Anda.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …