Mengenal Lebih Dalam Tentang Asuransi Jiwa

Seperti yang telah kita tahu, memiliki asuransi adalah salah satu bagian penting. Saat ini, selain banyak orang yang mencari perusahaan asuransi bukan untuk dirinya sendiri saja namun juga untuk anggota keluarganya. Ada beragam jenis asuransi yang ditawarkan, termasuk asuransi jiwa. Namun tahukah anda apa itu asuransi? Mengapa begitu penting untuk keluarga?

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah produk yang akan memberikan jaminan berupa uang pertanggungan jika nasabah meninggal dunia. Asuransi jiwa sangat penting untuk dimiliki, khususnya untuk Anda yang merupakan tulang punggung bagi keluarga Anda.

Tujuan adanya asuransi ini yakni asuransi dapat digunakan untuk membiayai keluarga yang telah ditinggalkan. Pasalnya, keluarga pasti akan kehilangan sumber penghasilan jika yang menjadi pencari nafkah meninggal dunia. Karena itu, uang pertanggungan dapat membiayai hidup keluarga yang ditinggalkan untuk sementara waktu.

Mekanisme Asuransi Jiwa

Cara kerja atau mekanisme asuransi jiwa terbagi menjadi 3 cara, yaitu:

  • Menyatukan kepentingan nasabah, yang artinya menyatukan kepentingan antara satu nasabah dengan nasabah lainnya.
  • Dana yang telah dikumpulkan adalah kolektif, dimana premi yang dibayarkan setiap nasabah menjadi dana kolektif. Perusahaan asuransi akan tetap melakukan analisa berapa persen yang akan mengajukan klaim.
  • Hak untuk mendapatkan kompensasi kerugian, artinya setiap pemegang polis mempunyai hak untuk bisa mendapatkan hak ganti rugi dari perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian polis yang disepakati bersama.

Jenis Asuransi Jiwa dan Penjelasan

Asuransi penjamin setiap jiwa ini memiliki beberapa jenis, diantaranya seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

1.    Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi ini biasanya berkisar antara 1 tahun, 5 tahun maksimal 30 tahun. Ketika tertanggung meninggal dunia ketika polis masih aktif, maka uang pertanggungan (UP) akan diberikan kepada ahli wari

Trending:  Kekurangan Dan Kelebihan Asuransi Yang Harus Diketahui

Asuransi ini juga ocok untuk nasabah yang ingin mendapatkan asuransi  dengan premi murah. Namun kekurangan, premi yang sudah kita setorkan akan hangus jika masa asuransi berakhir.

2.    Asuransi Seumur Hidup

Polis asuransi ini biasanya hingga  nasabah berumur 100 tahun. Ketika nasabah meninggal dan polis masih aktif maka uang pertanggungan (UP) dan nilai tunai akan diberikan pada ahli waris yang di tetapkan. Jenis ini cocok untuk nasabah yang punya rencana finansial jangka panjang atau memberikan warisan pada keluarga. Kekurangan dari asuransi ini yakni besaran premi relatif mahal, bisa mencapai dua kali lipat premi term life.

3.    Asuransi Jiwa Unit Link

Jangka waktu polis biasanya berkisar antara 10 tahun hingga 20 tahun. Uang pertanggungan (UP) dan hasil investasi yang ada akan diberikan pada ahli waris ketika tertanggung telah meninggal. Asuransi ini juga cocok untuk nasabah yang menginginkan investasi jangka menengah atau jangka panjang. Selain itu polis ini pun cocok untuk nasabah dengan pendapatan tinggi yang suka berinvestasi

Adapun kekurangan dari asuransi ini yakni ada risiko asuransi merugi sehingga kita harus bisa menambah saldo.

4.    Asuransi Dwiguna

Jangka waktu polis asuransi ini sesuai dengan ketentuan perusahaan. Ketika tertanggung telah meninggal, maka uang pertanggungan (UP) dan tabungan akan diberikan pada ahli waris. Nasabah juga bisa mencairkan tabungan sebelum polis berakhir.

Asuransi biasanya untuk nasabah yang memiliki rencana tentu. Seperti, dana pendidikan anak ataupun pensiun. Namun kekurangannya yakni, biaya premi relatif lebih mahal yaitu mencapai jutaan rupiah per bulannya.

Fungsi serta Manfaat dari Asuransi Jiwa

Manfaat yakni mencakup santunan meninggal dunia dan juga santunan cacat tetap jika tertanggung mengalami musibah. Secara umum perlindungan asuransi jiwa ini mencakup risiko meninggal dunia yang di akibatkan oleh hal-hal yang tidak disengaja, dengan beberapa pengecualian seperti bunuh diri, olahraga ekstrem, overdosis narkotika, HIV/AIDS, kecurangan klaim, vonis hukuman mati, hingga data yang tidak sesuai.

Trending:  Simak Pengaruh Asuransi Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi

Berikut ini manfaat asuransi  yang dapat Anda rasakan dari polis ini:

  • Santunan untuk yang meninggal dunia akan diberikan apabila tertanggung meninggal dunia, biasanya jumlahnya sebesar 100% (atau lebih) uang pertanggungan.
  • Santunan cacat tetap total, santunan ini akan diberikan apabila tertanggung mengalami cacat tetap total, sehingga tidak akan bisa bekerja. Biasanya diberikan 100% dari uang pertanggungan.
  • Santunan cacat tetap sebagian, akan diberikan apabila tertanggung mengalami cacat tetap sebagian, yakni tidak berfungsinya sebagian anggota tubuh.
  • Rider* atau manfaat tambahan asuransi  lainnya yang mencakup asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan, dan manfaat asuransi kesehatan sekaligus.
  • *Rider yakni manfaat tambahan yang bisa Anda dapatkan jika telah memiliki polis dasar asuransi. Untuk mendapatkan rider Anda akan dikenakan pada biaya premi tambahan.

Mengapa Penting Memiliki Asuransi Jiwa?

Asuransi ini penting bagi setiap individu karena dengan asuransi ini maka akan memberikan solusi finansial kepada keluarga yang kelak ditinggalkan, jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia. Berikut ini beberapa alasan, dan keuntungan asuransi  bagi Anda jika mempunyai asuransi:

1.    Bisa Mengelola Keuangan Keluarga

Produk asuransi jiwa penting bagi tiap individu karena masuk ke dalam rencana keuangan. Karena adanya asuransi maka risiko pengeluaran mendadak yang mungkin besar akan dialihkan menjadi pengeluaran premi rutin, sehingga kas keuangan akan lebih terkontrol.

2.    Kelangsungan Hidup Keluarga

Kepergian pencari nafkah akan menimbulkan kesulitan finansial pada keluarga yang ditinggalkan. Oleh sebab itu, manfaat dari asuransi ini akan memberikan uang santunan dari asuransi diharapkan akan mampu membiayai hidup keluarga untuk sementara waktu.

3.    Menjamin Pendidikan Anak

Pendidikan anak merupakan faktor yang harus dipersiapkan dari jauh hari. Asuransi jiwa akan mengcover biaya tersebut jika orangtua meninggal tanpa sempat menyiapkan biaya pendidikan yang cukup.

Trending:  Inilah Asuransi Kerugian dan Jenisnya

Demikian informasi mengenai asuransi jiwa untuk Anda. Pilihan asuransi ada ditangan Anda. Semoga bermanfaat ya.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …