Mengenal Lebih Jauh Asuransi Konvensional

Banyak sekali orang yang berbondong-bondong mencari asuransi. Baik itu asuransi berbasis syariah atau bahkan asuransi konvensional. Tapi sebelum Anda memilih mana asuransi yang akan Anda gunakan, terlebih dahulu mari kita ketahui apa itu asuransi konvensional.

Pengertian Asuransi Konvensional

Pengertian dari asuransi konvensional yakni suatu produk asuransi yang akan mengedepankan konsep dasar jual-beli risiko (transfer risk).  Dimana ini berarti, pada konsep asuransi, premi yang dibayarkan oleh nasabah bertujuan untuk mengalihkan risiko kerugian kepada pihak perusahaan asuransi.

Jika suatu hari terjadi risiko tertentu maka nasabah dapat mengajukan klaim atau ganti rugi kepada pihak asuransi sesuai dengan kesepakatan dalam polis. Ketika Anda memutuskan untuk bergabung sebagai nasabah perusahaan asuransi tertentu, maka risiko kerugian finansial atas kejadian tertentu akan langsung ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sehingga, Anda pun akan merasa lebih aman dalam hal finansial.

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Konvensional

Setiap produk asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Termasuk juga pada jenis asuransi konvensional. Berikut ini beragam kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Perusahaan Asuransi Konvensional

Berikut ini adalah kelebihan asuransi konvensional yang dapat Anda perhatikan sebelum memilihnya:

1.    Banyak Pilihan Pengelolaan Dana

Kelebihan dalam asuransi ini adalah lebih banyak dalam pilihan pengelolaan dana. Sehingga nasabah juga akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Namun pada prinsipnya pengelolaan dana itu tetap harus mendapat persetujuan para pemegang polis.

2.    Mengedepankan Praktek Jual Beli

Pada prinsipnya asuransi ini bertujuan untuk mengedepankan praktek jual beli. Dimana seluruh risiko kerugian yang terjadi sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Baik itu, untuk pribadi, kesehatan, keluarga, jiwa, sampai dengan harta benda yang telah diasuransikan.

Trending:  Mengenal Pengertian Asuransi Digital Berikut Kelebihan Dan Kekurangannya

3.    No Claim Asuransi Bonus Tambahan

Hal lain yang akan Anda temukan jika menggunakan asuransi konvensional yakni no claim bonus. No claim bonus ini diartikan sebagai pemberian kompensasi kepada tertanggung yang tidak bisa mengajukan klaim sampai jangka waktu polis berakhir.

Kekurangan Perusahaan Asuransi Konvensional

Selain kelebihan, ada pula kekurangan perusahaan asuransi konvensional yakni sebagai berikut:

1.    Sistem Dana Hangus

Kekurangan dari sistem asuransi  yakni dana akan hangus. Yang artinya jika Anda tidak bisa membayarkan premi asuransi maka manfaat pertanggungan otomatis akan berhenti. Sehingga uang premi yang telah Anda bayarkan pada bulan sebelumnya akan menjadi hak perusahaan asuransi.

2.    Tidak Ada Pengawasan Dari DPS (Dewan Pengawas Syariah)

Kekurangan lainnya dari asuransi ini yaitu tidak adanya pengawasan dari DPS. Dimana Anda yang ingin membeli jenis jenis asuransi konvensional bisa saja produknya tidak dikelola dengan menggunakan sistem syariat Islam. Atau sistem ini bisa juga disebut dengan riba.

Jenis Asuransi Konvensional Di Indonesia

Asuransi konvensional mempunyai beberapa jenis. Dibawah ini adalah jenis-jenis yang perlu Anda  ketahui:

1.    Asuransi Jiwa

Asuransi yang satu ini akan memberikan Anda sejumlah uang pertanggungan jika tulang punggung keluarga meninggal dunia. Uang pertanggungan itupun digunakan untuk menggantikan biaya hidup keluarga yang telah ditinggalkan.

Ada pula berbagai macam jenis asuransi jiwa, mulai dari jenis asuransi jiwa murni, unit link, asuransi pendidikan, hingga asuransi kredit.

2.   Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan juga merupakan jenis asuransi, dimana asuransi ini akan menanggung biaya rumah sakit nasabah. Artinya, objek yang telah diasuransikan adalah kesehatan nasabah. Biasanya, nasabah harus membayarkan uang premi asuransi kesehatan setahun sekali.

Jenis asuransi kesehatan pun ada dua, yakni pertanggungan sesuai tagihan serta hospital cash plan. Pada asuransi satu ini sesuai tagihan, biasanya ada limit per perawatan dan juga per tahun. Sehingga, jika tagihan rumah sakit lebih dari limit, maka nasabah harus bisa membayar sendiri kelebihannya.

Trending:  Kenali 5 Jenis Kontrak Asuransi Sesuai Kebutuhan

Sementara itu, produk asuransi kesehatan hospital cash plan akan memberikan sejumlah uang tunai per hari untuk nasabah dirawat inap di rumah sakit. Sistem ini tidak mempertimbangkan tagihan dari rumah sakit.

3.    Asuransi Mobil

Didalam asuransi mobil, objek yang dijamin yakni merupakan kendaraan milik pribadi nasabah. Apabila rusak atau hilang,maka pihak asuransi akan menggantinya dengan uang tunai atau perbaikan di bengkel.

Asuransi kendaraaan ini juga terdiri dari dua jenis, yakni asuransi all risk dan total loss only (TLO). Asuransi all risk akan memberikan perlindungan keuangan lengkap, yang dimulai dari risiko kerusakan kecil mobil, kerusakan parah, bahkan hingga kehilangan mobil.

Sementara itu, asuransi TLO hanya akan menanggung kerusakan parah serta kehilangan mobil, yang dimana kira-kira nilainya sama dengan atau lebih dari 75% dari nilai kendaraan sebelum mengalami kerusakan.

Tips Untuk Memilih Asuransi Konvensional Terbaik

Untuk bisa mendapatkan produk asuransi terbaik, tentu saja Anda harus sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Untuk itu, simak tips dalam memilihnya di bawah ini:

1.    Membeli Sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis asuransi yang ada di pasaran. Tidak hanya asuransi utama, perusahaan asuransi pun telah banyak memberikan inovasi berupa asuransi tambahan atau rider.

2.    Pahami Polis Dengan Baik

Dokumen polis yakni sebagai catatan perjanjian antara nasabah dan juga pihak perusahaan asuransi. Polis akan menjadi pedoman dalam hal yang berkaitan dengan asuransi, seperti klaim, pembayaran premi, sampai besaran ganti rugi.  Oleh sebab itu, Anda wajib membaca serta memahami keseluruhan isi polis.

3.    Manfaatkan Broker Asuransi

Kini banyak perusahaan broker asuransi yang ada di Indonesia. Perlu kita pahami bahwa broker asuransi berbeda dengan agen asuransi, dimana broker asuransi akan menjadi penjembatan antara perusahaan asuransi dan juga nasabah.

Trending:  Berbagai Macam Biaya Asuransi Yang Wajib Dibayarkan Oleh Nasabah

Demikian hal yang telah kita bahas bersama dari asuransi konvensional ini. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang tengah mencari asuransi ya.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …