Mengenali Jenis Jenis Blog

Mengenali Jenis Jenis Blog yang Digunakan di Dunia Maya

Mari kenali jenis jenis blog untuk mendapatkan tujuan sesuai kebutuhan masing-masing. Saat ini penggunaannya bukan hanya untuk kepentingan pribadi, seperti sarana bersenang-senang. Semakin berkembangnya teknologi membuat blog menghasilkan uang.

Istilah lainnya adalah jurnal online yang memuat berbagai informasi, bisa berupa tulisan, video, dan juga foto. Normalnya, blogger selalu memperbarui konten setiap hari atau pada jadwal tertentu untuk mendapatkan engagement secara konsisten, bahkan demi dapat ads.

Mengetahui Tentang Jenis Jenis Blog Pribadi

Langsung masuk ke pembahasan berbagai jenis blog, pertama ada jurnal online pribadi yang biasanya dikelola oleh satu orang saja. Jika ingin menulis jurnal online pribadi, Anda harus siap mengekspos berbagai kehidupan sehari-hari kepada publik dalam balutan konten.

Untuk pertama kali, salah satu dari jenis jenis blog ini diinisiasi oleh seseorang bernama Justin Hall pada tahun 1994. Berbagai konten ia tuangkan ke dalam jurnal online, mulai dari puisi, cerpen, dan berbagai hal menarik lainnya.

Saat itu ia menuliskan semua kegiatan hariannya dalam jurnal online. Akhirnya pada tahun 2004, New York Times Magazine menobatkan Justin sebagai pendiri jurnal online pribadi. Saat itu Justin membuat nama jurnalnya menjadi Justin’s Links from the Underground.

Pada jurnal online pribadi, Anda bisa mencurahkan seluruh perasaan maupun pikiran ke hadapan publik. Namun, dalam memilih satu dari berbagai jenis jenis blog ini, Anda harus siap memiliki batas privasi yang tipis sekali dengan dunia luar.

Tetapi, apabila kontennya tidak berisi kehidupan sehari-hari maka privasi masih sangat mungkin terjaga. Kepemilikan jurnal online pribadi membuat kreativitas ide maupun gaya penulisan berkembang karena Anda menulis bukan berdasarkan tekanan pihak luar.

Jurnal Online Niche dengan Isi Konten Lebih Terarah

Kedua ada blog niche, berbeda dengan sebelumnya yang isi kontennya bisa beragam, untuk jurnal online satu ini lebih terarah. Hanya satu tema yang selalu dibahas dan biasanya penulis merupakan ahli atau orang yang terjun langsung dalam tema kepenulisan kontennya.

Niche blognya bisa apa saja, tergantung penguasaan masing-masing penulis. Namun, biasanya yang paling populer sebagai jenis jenis blog niche adalah:

  1. Traveling

Memiliki hobi berjalan-jalan dilengkapi dengan kemampuan menulis dapat menjadi dua kombinasi terbaik dalam membuat sebuah jurnal online. Konten traveling biasanya menjadi referensi bagi orang-orang yang akan pergi liburan ke suatu tempat.

Mulai dari referensi harga kendaraan, tiket masuk, fasilitas tempat wisata, jam operasional, sampai hotel terdekat bisa didapatkan informasinya dari jurnal online traveling. Jika memiliki passion di bidang ini, Anda bisa mencoba membuat konten traveling juga.

  1. Fashion

Fashion merupakan kebutuhan sehari-hari, terutama para wanita yang tinggal di kota-kota besar. Untuk dapat mengelola situs berbasis fashion, Anda harus melakukan riset mendalam supaya pembaca mendapatkan informasi akurat terkait trend fashion terkini.

  1. Kuliner

Salah satu jenis jenis blog niche lainnya adalah bertema kuliner. Yang satu ini juga tidak kalah dicari oleh para pembaca di seluruh Indonesia. Apalagi jika tulisan dilengkapi dengan gambar estetik dan menggiurkan dari sajian makanan maupun minuman.

Biasanya seorang blogger kuliner tidak hanya menyertakan foto, namun juga mengangkat filosofi dari makanan maupun minuman yang diposting. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pembaca.

Langkah Membuat Jurnal Online Berita

Blog berita berbeda dengan koran online atau situs berita online yang dikelola oleh sebuah perusahaan. Jurnal online satu ini biasanya lebih memberi kesimpulan berupa opini atau sudut pandang penulis secara pribadi setelah penjabaran fakta sebelumnya.

Sebagai salah satu jenis jenis blog yang ada, untuk menuliskan konten, Anda harus melakukan riset dari berbagai sumber terpercaya. Karena sekalipun terdapat pendapat penulis, namun penyajian fakta porsinya harus lebih banyak agar tidak menyebarkan isu.

Untuk membuat jurnal online berbasis berita, Anda dapat melakukan beberapa langkah tepat. Langkah-langkah tersebut harus mengikuti petunjuk berikut:

  1. Buat blog seperti biasa
  2. Gunakan template magazine style agar tampilan blognya terkesan seperti situs berita profesional
  3. Custom domain diperlukan untuk memberikan kesan lebih profesional
  4. Isi dengan konten faktual dan terpercaya

Tantangan ketika mengelola jurnal online berita adalah berani mengemukakan pendapat di hadapan publik. Karena pro kontra pasti terjadi di negeri ini sehingga pemikiran Anda dalam jenis jenis blog ini akan dipertimbangkan banyak pembaca.

Secara tidak langsung, opini Anda menggiring opini publik juga, maka penyertaan fakta lebih banyak sangat diperlukan agar menghindari kesalahan interpretasi. Tahu situs berita BuzzFeed?

Mulanya situs ini merupakan blog berita biasa yang akhirnya berhasil menjadi blog merek. Kuncinya adalah konsisten unggah konten, terlebih berita merupakan hal yang rentan sekali berubah setiap waktunya.

Jurnal Online Perusahaan yang Banyak Diminati Pebisnis

Berikutnya yang banyak digandrungi oleh pebisnis adalah jurnal online perusahaan. Setelah perkembangan teknologi informasi semakin pesat, semakin banyak juga perusahaan yang menghadirkan eksistensinya melalui jurnal online agar lebih dikenal publik.

Untuk berbagai perusahaan terkenal, penyajian salah satu jenis jenis blog tidak perlu upaya lagi untuk meraih engagement audiens. Namun, untuk bisnis dan perusahaan baru, perlu teknik khusus agar engagement meningkat dan audiens bisa semakin bertambah.

Biasanya isi dari jurnal online perusahaan terkait latar belakang perusahaan itu sendiri, visi misi, motto, komitmen kepada pelanggan, dan sebagainya. Terdapat juga berbagai dokumentasi foto maupun video yang memberikan citra baik ke hadapan publik.

Untuk beberapa perusahaan yang berjualan produk, biasanya dijadikan sebagai sarana jual beli online. Jika tidak, maka tersedia layanan customer service yang siap sedia melayani pelanggan, baik untuk melakukan transaksi jual beli maupun untuk sekedar konsultasi.

Dari sekian jenis jenis blog yang disebutkan, biasanya pengelola jurnal online perusahaan atau bisnis bukan satu orang. Pengelolanya bisa berganti-ganti, tergantung dengan siapa perusahaan sedang menjalankan kontrak kerja sama.

Berbeda dengan jenis lainnya juga, biasanya perusahaan memilih jasa khusus untuk mendapatkan tampilan situs lebih profesional. Karena sifatnya lebih profesional maka maintenancenya dijamin melalui hitam di atas putih dengan layanan pembuatan blognya.

Jurnal Online Affiliasi untuk Memasarkan Suatu Produk atau Jasa

Terakhir yang menjadi salah satu ragam lainnya adalah jurnal online afiliasi. Jurnal online ini berperan sebagai promotor atau memasarkan produk maupun jasa pihak ketiga dalam setiap unggahannya. Untuk mengelola jurnal online afiliasi, lebih dulu harus memiliki klien.

Cara sederhana blogger menjadi affiliate adalah dengan mencantumkan link produk online milik pihak ketiga yang bekerja sama. Ketika ada pembaca yang mengklik, melihat, dan membeli produk tersebut maka bloggernya akan mendapatkan keuntungan.

Dari sekian jenis jenis blog, jenis yang terakhir ini berpotensi memberikan cuan sejak awal pengelolaan. Namun, selain menguatkan marketing produk milik pihak ketiga, Anda juga harus menguatkan branding blognya ke para klien yang memiliki bisnis online.

Konten yang terdapat pada jurnal online ini beragam. Bisa tentang tips penggunaan produk, manfaat dari produk yang dijual, dan juga ulasan para pembeli sebelumnya. Dengan begitu, pembaca tidak serta-merta dipaksa membeli tanpa alasan jelas.

Sudah paham dengan berbagai variasi jurnal online? Kini, Anda dapat memilih salah satunya. Pastikan memilih satu dari jenis jenis blog tersebut sesuai kebutuhan dan passion.