Cara Meningkatkan Disk Space Hosting yang Hampir Penuh

Cara Meningkatkan Disk Space Hosting yang Hampir Penuh

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan disk space hosting. Ketika disk space sampai penuh ini bisa menyebabkan penurunan performa website Anda.

Ketika Anda menyimpan banyak file, sangat mungkin untuk membuat disk space hosting Anda menjadi penuh. Kapasitas penyimpanan sebuah hosting kita berbeda-beda sesuai dengan layanan atau paket hosting yang Anda pilih.

Ketika sebuah website sudah berjalan lama dan semakin banyak file yang disimpan mungkin akan membuat kapasitas penyimpanan hosting yang sebelumnya digunakan menjadi penuh. Ada tiga indikator warna yang biasanya digunakan pada disk space hosting.

Ketika berwarna hijau itu artinya masih banyak ruang penyimpanan yang kosong. Ketika berwarna oren itu artinya ruang penyimpanan sudah hampir habis, dan ketiga berwarna merah itu artinya ruang penyimpanan sudah penuh.

Agar performa website tidak berkurang, maka tidak ada cara lain selain meningkatkan disk space hosting. Ini sangat penting untuk dilakukan agar nantinya para pengguna atau pengunjung website Anda tidak pergi karena performa website yang menurun dan kecepatan loading yang rendah.

Karena biasanya ketika ruang penyimpanan sudah penuh akan berdampak terhadap kecepatan website. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala mengenai ruang disk space hosting yang masih tersisa.

Cara Melakukan Pengecekan Disk Space

Sebelum membahas mengenai cara meningkatkan disk space hosting kami akan memberitahu Anda terlebih dahulu mengenai cara melakukan pengecekan disk space. Untuk melakukannya sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah oleh siapa saja.

Cara untuk melakukan pengecekan disk space pada satu penyedia hosting dengan penyedia hosting yang lain mungkin akan sedikit berbeda, akan tetapi secara garis besar langkah-langkah nya tetap sama.

Sebagian besar penyedia hosting sekarang sudah menyediakan indikator ruang penyimpanan atau disk space pada bagian client area. Jadi untuk melakukan pengecekan Anda hanya perlu login menggunakan akun yang Anda miliki ke client area atau dashboard.

Jika pada bagian client area atau dasbor tidak ditemukan, Anda bisa melihat kapasitas disk space pada bagian cpanel. Pada bagian sektor sebelah kiri Anda akan menemukan indikator tes tes yang sudah digunakan.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas jika berwarna kuning itu artinya kondisi hampir penuh, jika berwarna merah sudah penuh, dan jika berwarna hijau maka masih banyak ruang penyimpanan yang tersedia.

Cara Meningkatkan Disk Space Dating dengan Menghapus Error Log

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghapus file error log. File ini akan secara otomatis di generate ketika sebuah sistem melakukan kesalahan. File error logs sebenarnya berguna bagi webmaster untuk memberikan notifikasi kesalahan sesuai dengan error.log yang dimunculkan.

Dengan file error log ini juga nantinya akan membuat webmaster dari bisa melakukan perbaikan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Ini semakin lama akan semakin bertambah dan ini bisa membuat ruang penyimpanan menjadi penuh.

Walaupun sebenarnya biasanya ukuran file error log ini sangat kecil akan tetapi jika jumlahnya sangat banyak juga akan membebani disk space hosting. Berikut langkah-langkah cara meningkatkan disk space hosting dengan menghapus file error log.

  • Login ke cpanel

Untuk bisa menghapus file error log Anda harus login terlebih dahulu ke cpanel. Pada bagian cpanel nantinya Anda akan melihat berbagai macam menu untuk melakukan pengaturan. Silahkan langsung saja dari pada kolom pencarian dengan nama file manager. Kemudian klik file manager.

  • Buka public_html

Pada bagian file manager pilih public_html. Pada folder tersebut silahkan langsung saja cari file error log yang ingin dihapus.

  • Hapus file

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu menghapus file error log yang sudah tidak digunakan, dengan cara klik kemudian pilih delete.

Cara Meningkatkan Disk Space Hosting dengan Menghapus File Pada Folder Sampah

Pernahkah Anda merasa sudah menghapus soal akan tetapi ruang penyimpanan tidak berkurang sama sekali. Hal tersebut dikarenakan, file yang ada hapus tidak langsung terhapus mainkan tersimpan di folder trash atau folder sampah.

Oleh karena itu, ketika Anda mengamati profile jangan lupa untuk menghapusnya kembali pada folder sampah atau dengan cara skip folder sampah. Sebenarnya folder sampah ini berguna ketika Anda salah dalam menghapus file sehingga bisa dikembalikan atau di restore dengan sangat mudah.

Akan tetapi secara tidak langsung ini juga membuat ruang penyimpanan Anda tetap penuh walaupun beberapa file sudah dihapus. Berikut langkah-langkah cara meningkatkan disk space hosting yang hampir penuh dengan menghapus file yang ada di folder sampah.

  •  Login ke cpanel

Pertama-tama silahkan langsung saja login ke dashboard atau client area. Jika sudah silahkan langsung pilih menu Cpanel.

  • Buka file manager

Untuk membantu Anda bisa menemukan File Manager dengan mudah bisa langsung mencarinya pada kolom pencarian dengan mengetikkan kata kunci file manager.

  • Show hidden file

Langkah berikutnya Anda perlu mencari menu setting pada bagian pojok kanan atas kemudian centang show hidden file.

  • Hapus file sampah yang sudah tidak diperlukan lagi

Selanjutnya pada folder “.trash” Anda akan menemukan berbagai macam file yang sudah dihapus. Jika sekiranya file-file tersebut sudah tidak mungkin untuk digunakan lagi alangkah baiknya untuk dihapus saja.

Cara tingkatkan disk space hosting dengan menghapus file yang tersimpan pada folder sampah biasanya sangat efektif untuk mengatasi ruang penyimpanan yang hampir penuh. Karena mungkin saja ada banyak file dengan ukuran besar yang tersimpan pada folder sampah.

Cara Meningkatkan Disk Space Hosting dengan Upgrade Paket Hosting

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan akan tetapi tidak memberikan efek yang signifikan maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu upgrade paket hosting.

Beberapa penyedia layanan hosting memberikan cara upgrade paket hosting dengan cara yang sangat mudah. Bisa dikatakan ini merupakan salah satu cara paling efektif bagi Anda yang ingin menambah ruang penyimpanan atau disk space.

Dengan upgrade paket hosting itu artinya Anda juga harus membayar lebih mahal dari biaya yang harus dibayar sebelumnya. Karena pastinya ketika melakukan upgrade paket untuk meningkatkan disk space hosting harganya yang dipatok penyedia hosting lebih tinggi.

Tentu Anda harus mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk meningkatkan atau upgrade paket hosting. Pertimbangkan dengan baik, apakah dengan meningkatkan paket hosting ini masih menguntungkan untuk dilakukan atau tidak.

Berikut langkah-langkah cara meningkatkan disk space hosting dengan membeli paket yang lebih tinggi.

  • Login ke client area

Silahkan langsung saja login ke client area dengan password dan username yang Anda miliki.

  • Pilih menu service

Pada bagian mulut service nantinya Anda akan melihat layanan yang sedang berjalan atau Anda gunakan. Untuk meningkatkan paket hosting yang sedang Anda miliki langsung saja pilih menu upgrade.

  • Lakukan pembayaran

Ikuti langkah-langkahnya sampai dengan selesai kemudian jangan lupa juga untuk melakukan pembayaran.

Berikut di atas beberapa cara meningkatkan disk space hosting yang mungkin Anda lakukan ketika ruang penyimpanan posting Anda sudah hampir penuh atau sudah penuh.