NASIONAL

Nilai utbk 400 masuk mana?

×

Nilai utbk 400 masuk mana?

Share this article
nilai utbk 400 bisa masuk mana

Halo, Apa kabar semuanya, Nilai utbk 400 masuk mana? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Nilai UTBK 400 memang menjadi perbincangan hangat di kalangan para calon mahasiswa. Banyak yang penasaran, apakah dengan nilai tersebut mereka bisa masuk ke perguruan tinggi impian mereka? Pertanyaan ini seringkali menjadi momok menakutkan bagi para siswa yang tengah mempersiapkan diri untuk ujian masuk perguruan tinggi. Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai peluang masuk ke perguruan tinggi dengan nilai UTBK 400. Jadi, silakan lanjutkan membaca.

Nilai UTBK 400 dapat digunakan untuk masuk PTN di jurusan yang kurang diminati atau jurusan lain yang kurang diminati.

Hasil UTBK 400 benar? Sejujurnya, jurusan sosial hukum sudah sangat sulit.

Nilai UTBK saya kemarin adalah 578, yang tidak memenuhi syarat untuk jurusan Soshum. Ya, tetapi itu juga harus dipertimbangkan karena persaingannya cukup ketat di Top 3 PTN.

Menurut pendapat saya, akan lebih baik jika nilai UTBK minimal 700 ke atas, sehingga tidak ada masalah. Namun, kembali ke keketatan jurusan dan PTN tujuan.

nilai utbk 400 bisa masuk mana

Namun, jangan patah semangat.

Nilai UTBK 400 dapat Masuk ke mana?

PTN dengan nilai UTBK tertinggi pada saintek dan soshum adalah ITB. Tidak ada perbedaan antara peringkat 1 dan 7, tetapi hanya UNS, IPB, dan UPNVJ yang memegang peringkat 8–10 pada saintek dan soshum. UB, UPNVY, dan UPNVJ memegang peringkat 8–10 pada soshum.

Namun, apakah PTN dengan peringkat tersebut memiliki banyak penggemar? Tidak semua jawaban dapat diterima. 10 PTN terbesar yang memiliki banyak penggemar adalah:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Padjajaran
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Sebelas Maret
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Pendidikan Indonesia
  8. Universitas Negeri Yogyakarta
  9. Universitas Sumatera Utara
  10. Universitas Negeri Jakarta

Sebagian besar PTN dengan nilai UTBK tertinggi pada soshum atau saintek memiliki angka peminat di atas 20.000. Sebagian kecil PTN, seperti ITB dan IPB, berkisar antara 10.000 dan 20.000.

Dengan 167.653 peserta, kelulusan UTBK 2020 sebesar 23,87%, yang berarti ada 534.767 peserta yang tidak diterima, atau 76,13% dari total peserta.

Nilai UTBK 400 bisa masuk ke mana, dan seberapa sulit untuk mendapatkan skor UTBK 660?
Jawaban singkatnya adalah mudah (s&k berlaku).

Jawaban panjang: Untuk mendapatkan skor UTBK yang tinggi, Anda harus memahami perbedaan antara sistem UTBK dan SBMPTN.

Saya mendapat skor UTBK yang luar biasa, 758, saat saya mengikuti SBMPTN 2019. Banyak teman saya bertanya bagaimana saya bisa mendapatkan skor ini, meskipun kami sama-sama belajar UTBK bersama.

Nilai UTBK 400 dapat dimasukkan ke mana? Berapa soal yang harus dilakukan untuk mendapatkan lebih dari 600 nilai untuk setiap mapel UTBK?

Saya menjadi angkatan UTBK pada tahun 2019, dengan jalur gap tahun. Saya mengikuti bimbel di salah satu bimbel di Jakarta Selatan selama tahun tambahan. Saya diberi motivasi bahwa setiap soal sama pentingnya, tetapi tidak pernah diberikan strategi untuk menentukan jumlah soal yang harus saya jawab di bimbel. Karena itu, kita tidak perlu membatasi jumlah pertanyaan yang harus kita jawab; sebaliknya, kita harus berusaha untuk menyelesaikan setiap pertanyaan dengan penuh keyakinan. Saya memperoleh keterampilan untuk menjawab soal-soal yang menantang selama bimbel. Ini penting karena orang yang pasrah biasanya menghindari soal-soal yang menantang.

Tambahan dari saya, saya menjawab UTBK tahun lalu dengan gambaran seperti ini.

  1. Karena saya menyukai geografi, saya harus menjawab semuanya dengan jumlah paling tepat mungkin. Saya belajar materinya lebih dalam. Setelah itu, saya mengerjakan soal-soalnya. Jika saya merasa bahwa beberapa soal kurang jelas, saya ulangi materinya. Sangat penting untuk menjadi mahir. Terakhir, saya mendapatkan skor 756 di UTBK kemarin untuk Geografi,
  2. karena saya menyukai TPS, jadi strategi saya sama seperti saya mengerjakan subjek itu. Saya juga mendapatkan skor 585 untuk Kemampuan Penalaran Umum, 697 untuk Pengetahuan Kuantitatif, 648 untuk Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan 625 untuk Memahami Bacaan dan Menulis.
  3. Saya menggunakan strategi yang sama untuk ekonomi seperti yang saya lakukan saat mengerjakan TPS dan Geografi. Akhirnya, saya mendapatkan skor 667 di UTBK kemarin untuk ekonomi.
  4. Saya tidak begitu suka sejarah, sosiologi, atau matematika soshum, jadi strategi saya hanyalah memperdalam materi yang jauh lebih saya pahami karena bagi saya saat itu sulit untuk memperdalam banyak materi yang saya tidak mengerti sejak awal karena saya tidak suka pelajarannya.

Saya mendapatkan nilai UTBK rata-rata 621 dengan strategi ini. Saya juga merasa puas dengan pencapaian itu karena saya menyadari betapa kerasnya pelajaran yang saya pelajari. Namun, saya kadang-kadang berpikir bahwa jika saya belajar lebih keras sebelum gap year daripada saat gap year, saya mungkin memiliki hasil yang lebih baik. Namun, saya tidak serta-merta menjadi tidak bersyukur. Selama satu tahun tambahan, saya belajar banyak hal selain UTBK. Saya tidak terlalu pintar untuk mendapatkan hasil yang baik tanpa banyak belajar. Ketika saya menyadari fakta bahwa saya bukan anak yang pintar dan keadaan gap tahun tersebut, saya sangat tertampar. Saya tidak akan dapat berkuliah seperti saat ini jika saya tidak berusaha keras.

Itulah universitas yang bisa dicoba dengan skor utbk dengan nilai 400, Untuk UTBK, Anda harus memiliki strategi yang cocok untuk diri sendiri. Jika Anda masih bingung, Anda dapat bertanya kepada guru bimbel, guru sekolah, atau kakak kelas yang sudah pernah melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *