6 Langkah Mudah Supaya Paham Saham

Model investasi dewasa ini semakin diminati oleh masyarakat luas seiring dg tumbuh-cepatnya informasi. Melalui media digital, akses informasi terkait dunia finance agaknya mulai digandrungi sebagai jalan untuk menguatkan aset pribadi dan menghindari inflasi. Oleh sebab itu kami disini akan menyuguhkan artikel terkait langkah paham saham terutama bagi Anda yang masih pemula dalam ragam instrumen investasi.

Saham atau stock merupakan satu dari beberapa bentuk investasi digital lainnya seperti crypto, forex, dan lain sebagainya. Sebagai langkah awal kita perlu Mengenali lebih dahulu terhadap apa yang hendak Anda investasikan, dalam hal ini saham. Definisi mendasar soal saham harus Anda kuasai terlebih dahulu sebelum terjun bebas ke dunia investasi saham yang fluktuatif dan high risk.

Alih-alih untung malah Anda buntung yang disebabkan oleh ketidaktahuan dan minimnya informasi yang Anda miliki dalam aktifitas dunia saham. Hendaknya Anda membaca artikel ini hingga tuntas untuk menambah referensi dunia saham yang ingin atau sedang Anda arungi. Simak paparan di bawah ini supaya bisa menguasai langkah paham saham yang Anda butuhkan.

3 Langkah Paham Saham Basic

Definisi dan Catatan Lengkap Soal Saham

Nah, apa sebenarnya saham itu, Saham adalah tanda bukti kepemilikan nilai sebuah company dan bukti penyertaan modal (ventura). Setiap pemilik saham pada suatu perusahaan/company ia punya hak untuk mendapatkan dividen/bagi untung per nilai harga saham perusahaan tersebut. Misalnya, Anda membeli saham perusahaan A seharga Rp500 sebanyak 1000 lembar, keesokan harinya harga saham tersebut naik menjadi Rp600 maka Anda sudah untung 20% dari nilai saham yang Anda beli.

Instrumen investasi tentunya harus legal agar dana yang Anda harapkan bisa berkembang benar-benar aman dan bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Setidaknya ada 9 kategori yang bisa dibeli sahamnya dalam dunia investasi saham di Indonesia yang disepakati oleh pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai lembaga resmi. Ini langkah paham saham yang penting karena walaupun tampaknya investasi saham itu mudah tetapi nyatanya tak semudah yang dibayangkan sebelumnya, jadi tetap dibutuhkan kewaspadaan dalam mengambil keputusan.

Trending:  Prekiraan harga Bitcoin - Harga bitcoin dan cryptocurrency lainnya

Aplikasi Digital Investasi Digital Berbasis Ponsel Pintar

Murahnya harga ponsel pintar dipasaran membuat setiap orang kini hampir memilikinya, seiring dengan tingkat kebutuhan akan ponsel pintar itu sendiri. Alhasil, dunia investasi saham juga mengikuti tren user tersebut yang mana muncul beberapa aplikasi yang menyediakan peluang Anda untuk menjadi investor saham yang bisa menghasilkan untung hanya dengan smartphone. Aplikasi yang legal harusnya bisa diunduh pada penyedia aplikasi seperti playstore pada android atau Appstore pada Iphone.

Berikutnya, langkah paham saham lainnya adalah pemahaman soal aplikasi yang menyediakan instrumen investasi saham yang akuntabel dan terlegitimasi. Lihat komentar atau jumlah rating aplikasi tersebut untuk menghindari terjadinya tindak penipuan, jangan mudah tergiur dan bertindak gegabah. Perlu adanya kehati-hatian bagi tiap investor, investor harus siap sedia meluangkan waktunya untuk mengulik lebih dalam bagaimana mekanisme investasi saham yang profitable.

Teknik Dasar yang Wajib Diketahui Investor Saham

Tiap orang yang terjun ke dunia investasi tentu mengharapkan jika aset yang dimilikinya dapat berkembang lebih banyak dan menghindari gelombang inflasi yang membuat nilai aset menjadi turun. Artinya, tiap investor mengharapkan dividen/untung pada setiap pembelian saham yang diterbitkan oleh emiten. Capital gain atau keuntungan investasi saham bisa diraih dengan bekal teknik dan pengetahuan yang cukup dal dunia saham agar dapat tepat saat melakukan pembelian dan penjualan saham yang dimilikinya.

Teknik paling mendasar bagi investor yakni mencari emiten yang menerbitkan saham dengan harga rendah dan menjualnya kembali ketika harganya melambung tinggi. Teknik dasarnya seperti itu, namun nyatanya menentukan mana saham terbaik yang harus dibeli tidak mudah sehingga tiap investor perlu mampu membuat model dan analisa pasar agar akurasi prediksi nilai saham dapat membuatnya untung. Untuk langkah paham saham ketiga ini merupakan langkah krusial yang harusnya menjadi reminder bagi investor saham untuk bisa hati-hati dan cermat dalam membeli saham.

Trending:  Resiko Bitcoin Dan Apakah bitcoin aman dan legal

3 Langkah Paham Saham Lanjutan

Kenali Pola Fluktuasi Saham

Naik turunnya nilai saham umumnya terpola, dalam arti ia bisa naik dan bisa turun berdasarkan hal-hal yang mempengaruhinya, hanya saja apa-apa yang mempengaruhinya tak dapat semuanya kita prediksi. Misalnya saja, perang Ukraina-Russia tentu mempengaruhi beberapa nilai saham emiten terutama perusahaan yang bergerak dibidang minyak bumi dan gas karena terkait dengan harga global. Jika ada emiten yang naik turun sahamnya konstan berdasarkan waktu tertentu, hal itu akan menguntungkan Anda sebagai analisator dan investor saham.

Kenali Emiten yang Nilai Sahamnya Cenderung Menguat

Dari 9 kategori emiten yang bisa mengeluarkan lembar saham tentu memiliki perbedaan pola naik turun sahamnya, misalnya saja dunia perbankan biasanya beda dengan dunia telekomunikasi. Atau sekalipun sama, tapi biasanya ada perbedaan kaliber naik turunnya harga saham yang mana juga berimplikasi pada perbedaan dividen yang diterima investor. Dalam paparan langkah paham saham ini kami sarankan Anda mengenali emiten yang hendak Anda beli sahamnya, jadi luangkan waktu untuk mengamati pergerakan nilai saham yang hendak Anda beli agar capital gain hasilnya.

Konsistenkan Repetisi Analisis Saham Anda

Jaga konsistensi Anda dalam melakukan pengamatan, sisihkan waktu khusus untuk bisa melakukan pengamatan dengan jernih dan mendalam agar memudahkan Anda dalam membuat prediksi. Membuat prediksi pergerakan nilai saham ini penting dilakukan demi bisa meraup dividen sebagaimana yang menjadi tujuan awal Anda menjadi investor saham. Repetisi analisis yang Anda lakukan akan mempertajam skill analysis saham Anda dan mempertajam intuisi Anda sebagai investor saham.

Kami harap paparan langkah paham saham di atas dapat memberikan perspektif baru bagi Anda sebagai investor saham yang ingin meraup dividen, good luck!

Trending:  Trading Bitcoin : Peenjelasan Cryptocurrency dan cara kerjanya

Check Also

Prekiraan harga Bitcoin 2021 - Harga bitcoin dan cryptocurrency lainnya

Prekiraan harga Bitcoin – Harga bitcoin dan cryptocurrency lainnya

Prekiraan harga Bitcoin 2021 – Harga bitcoin dan cryptocurrency lainnya seperti Ethereum (ether), Cardano (ada), …