Panduan Keamanan Jaringan Pada Wi-Fi

Pertimbangan keamanan jaringan komputer merupakan hal yang penting, terutama pada jaringan Wi-Fi . Peretas dapat dengan mudah memblokir lalu lintas nirkabel melalui koneksi udara dan mengambil informasi seperti kata sandi dan nomor kartu kredit. Banyak teknologi keamanan jaringan Wi-Fi yang dirancang untuk memerangi peretas, tentu saja, meskipun beberapa teknologi dapat dengan mudah gagal.

Jaringan Enkripsi Data

Protokol keamanan jaringan biasanya menggunakan teknologi enkripsi. Mengenkripsi aliran data yang dikirim melalui koneksi jaringan untuk menyembunyikan informasi dari orang-orang sambil tetap memungkinkan komputer untuk menguraikan pesan dengan benar. Banyak teknologi enkripsi yang ada di industri ini.

Baca Juga: Koneksi Internet Lambat ? ikuti langkah ini agar internet kamu ngebut

Otentikasi web

Teknologi otentikasi untuk jaringan komputer, otentikasi perangkat dan orang. Sistem operasi jaringan seperti Microsoft Windows dan Apple OS-X menyertakan dukungan untuk otentikasi berdasarkan nama pengguna dan kata sandi. Router jaringan rumah juga mengautentikasi administrator dengan meminta mereka memasukkan kredensial.

Keamanan Jaringan Wi-Fi Ad Hoc

Hubungkan ke jaringan Wi-Fi tradisional melalui router atau titik akses nirkabel lainnya . Atau, Wi-Fi mendukung mode yang disebut perangkat nirkabel yang memungkinkan perangkat terhubung langsung satu sama lain dalam mode peer-to-peer. Kurangnya titik akses yang aman dari koneksi Wi-Fi khusus kelas bawah. Beberapa ahli telah memblokir penggunaan jaringan Wi-Fi khusus karena alasan ini.

Standar keamanan Wi-Fi normal

Sebagian besar perangkat Wi-Fi, termasuk komputer, router, dan telepon, mendukung banyak standar keamanan. Jenis keamanan yang tersedia dan bahkan namanya berbeda tergantung pada kemampuan perangkat.

WEP adalah singkatan dari Wired Privacy. Ini adalah standar keamanan nirkabel asli untuk Wi-Fi dan masih banyak digunakan di jaringan komputer rumah. Beberapa perangkat mendukung beberapa versi keamanan WEP

  • Kunci WEP-64-bit (kadang-kadang disebut WEP-40)
  • Kunci WEP 128-bit (kadang-kadang disebut WEP-104)
  • Kunci WEP 256 bit
Trending:  Spesifikasi Printer Canon PIXMA MP287 Lengkap, dan Harga Terbaru

Dan memungkinkan administrator untuk membuat pilihan, sementara perangkat lain hanya mendukung satu opsi WEP. WEP tidak boleh digunakan kecuali sebagai upaya terakhir karena memberikan perlindungan keamanan yang terbatas.

WPA adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Access. Standar ini dikembangkan untuk menggantikan WEP. Perangkat Wi-Fi biasanya mendukung variasi teknologi WPA. WPA klasik, juga dikenal sebagai WPA-Personal dan terkadang disebut WPA-PSK (untuk kunci yang dibagikan sebelumnya), dirancang untuk jaringan rumah, sedangkan versi lain adalah WPA- Enterprise dirancang untuk jaringan perusahaan. WPA2 adalah versi Wi-Fi yang disempurnakan Dilindungi oleh semua perangkat Wi-Fi baru. Seperti WPA, WPA2 juga tersedia dalam bentuk custom/PSK dan enterprise.

802.1X menyediakanVerifikasi pada Wi-Fi dan jaringan lainnya. Ini cenderung digunakan oleh bisnis besar karena teknologi ini membutuhkan keterampilan tambahan untuk membuat dan memelihara. 802.1X bekerja dengan Wi-Fi dan jaringan lain. Dalam pengaturan Wi-Fi, administrator normal menetapkan otentikasi 802.1X untuk bekerja dengan enkripsi WPA / WPA2-Enterprise.

802.1X juga dikenal sebagai RADIUS .

Kunci keamanan jaringan dan frasa sandi

WEP dan WPA/WPA2 menggunakan kunci enkripsi nirkabel dengan urutan angka heksadesimal . Nilai kunci yang cocok harus dimasukkan ke router Wi-Fi (atau titik akses) dan semua perangkat host yang ingin bergabung dengan jaringan tersebut. Dalam keamanan jaringan, frasa kata dapat merujuk ke bentuk sederhana dari kunci enkripsi yang hanya menggunakan karakter alfanumerik alih-alih nilai heksadesimal. Namun, kata kunci, frasa, dan kunci sering digunakan secara bergantian.

Konfigurasikan keamanan Wi-Fi di jaringan rumah

Semua perangkat di jaringan Wi-Fi tertentu harus menggunakan pengaturan keamanan yang sesuai. Pada PC Windows 7, nilai berikut harus dimasukkan pada tab Properti Jaringan Nirkabel untuk jaringan tertentu:

Trending:  Spesifikasi, Keunggulan dan Harga Printer Epson L3110 Terbaru

Jenis keamanan mengacu pada opsi otentikasi yang mencakup Open, Shared, WPA-Personal dan -Enterprise, WPA2-Personal dan -Enterreprise dan 802.1X. Opsi Enable menggunakan otentikasi, sedangkan Shared menggunakan WEP untuk otentikasi.
Opsi jenis pengkodean tersedia tergantung pada jenis keamanan yang dipilih. Selain tidak ada, tersedia dengan jaringan Terbuka , opsi WEP dapat digunakan dengan otentikasi WEP atau 802.1X. Dua opsi lainnya, yang disebut TKIP dan AES, mengacu pada teknologi konversi khusus yang dapat digunakan dengan keluarga standar keamanan Wi-Fi WPA.
Kunci enkripsi atau frasa sandi dapat ditentukan di bidang kunci Keamanan Jaringan bila diperlukan.
Indeks kunci , yang merupakan nilai antara 1 dan 4, mengacu pada lokasi kunci yang cocok yang disimpan di perute nirkabel (titik akses). Banyak router rumah memungkinkan kunci enkripsi empat digit 1 hingga 4 dipasang untuk mendukung pelanggan yang sah tanpa memaksa mereka untuk berbagi kunci.

Originally posted 2022-01-21 12:35:00.

Check Also

Cara Buka Blokir PSE Kominfo Menggunakan Google Chrome

Cara Buka Blokir PSE Kominfo Menggunakan Google Chrome

Berikut adalah beberapa tips atau cara buka blokir PSE menggunakan Google Chrome untuk mengakses situs …