Pembahaman Terkait Ansuransi AIA Financial Bagi Pemula

Berbicara terkait ansuransi, ansuransi merupakan sebuah perjanjian antara dua orang atau lebih di mana terdapat pihak tertanggung membayarkan iuran/kontribusi/premi untuk mendapat pergantian atas risiko kerugian, kerusakan, atau kehilangan, yang terjadi akibat peristiwa yang tidak terduga. Istilah asuransi sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu “insurance” dan bahasa Belanda, assurantie. salah satu bentuk asuransi terbaik adalah asuransi AIA Financial

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis-jenis asuransi ada asuransi kesehatan, ansuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan juga ansuransi umum. Yang mana didalamnya terdapat elemen-elemen yaitu ada premi, polis ansuransi,serta klaim. Nah, untuk kali ini yang akan dibahas terkait ansuransi AIA Financial.

Mungkin sebagian orang sangat asing mendengar jenis ansuransi AIA financial ini, perlu Anda ketahui bahwa jenis ansuransi ini merupakan milik AIA Group limited yang didalamnya memiliki banyak anak cabang dan anak perusahaan yang beroperasi di 18 pasar asia pasifik, yakni ada di Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Tiongkok, Korea, Filipina, Australia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, Selandia Baru, Makau, Brunei, Kamboja, Myanmar, Sri Lanka, dan sebanyak 49 persen kepemilikan saham usaha ikut gabungan di India.

Jika berbicara terkait asuransi AIA Financial ini pertama kali didirikan di Shanghai tahun 1919, dan merupakan premi ansuransi jiwa dan menduduki posisi terdepan di mayoritas pasarnya, serta memiliki asset 300 USS miliar Dolar di tahun 2021.

Perlu Anda ketahui bahwa AIA mampu memenuhi kebutuhan individu atas tabungan dengan jangka panjang dan perlindungan dengan menawarkan produk dan layanan terlengkap termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan dan tabungan rencana.

Bukan hanya itu saja, AIA financial juga menyediakan program kesejahteraan bagi para karyawan, asuransi jiwa kredit dan program pensiun bagi para nasabah korporasi. Melalui jaringan keagenan, mitra dan karyawan di seluruh Asia-Pasifik, AIA telah dipercayai melayani lebih dari 36 juta polis individu dan lebih dari 16 juta peserta pemegang polis kumpulan loh.

Trending:  Asuransi Investasi, Jaminan Finansial Jangka Panjang

Tentang AIA Financial di Indonesia

Setelah membahas tentang ansuransi AIA Financial yang ada di luar negeri, mari kita lihat tentang AIA Financial yang ada di Indonesia, PT AIA Financial ini merupakan salah satu jenis perusahaan ansuransi jiwa paling terkenal di Indonesia sekaligus jenis ansuransi jiwa yang diawasi oleh OJK.

Jenis perusahaan ini merupakan anak perusahaan AIA Group yang menawarkan berbagai macam produk ansuransi, ada yang ansuransi syariah, ansuransi jiwa, ansuransi kesehatan, ansuransi kecelakaan diri dan ansuransi investasu dengan orogram kesejahteraan karyawan, dan program dana pensiunan.

Perlu Anda ketahui bahwa keunggulan dan kinerja adanya AIA financial diindonesia ini telah dipercaya memperoleh berbagai macam penghargaan yang diterima dalam bidang industry ansuransi jiwa. Jenis produk yang paling banyak digunakan oleh pengguna AIA Financial adalah, jenis ansuransi AIA BCA, yang mana produk ini merupakan produk ansuransi terlengkap yang dapat memenuhi kebutuhan dasar ansuransi khalayak umum secara luas.

Didalam asuransi AIA Financial BCA ini ada berbagai macam jenis ansuransi diantaranya ada, ansuransi kesehatan, ansuransi penyakit kritis, jiwa tradisional, jiwa unit link, jiwa unit link syariah, kesehatan kumpulan, jiwa kumpulan dan pensiun lembaga keuangan. Sebelumnya perlu Anda ketahui juga bahwa Ansuransi ada juga jenis ansuransi AIA Jiwa AIA yang mana  produk asuransi jiwa dari AIA Indonesia yang memberikan pertanggungan hingga usia 99 tahun dan juga risiko atas 60 penyakit kritis. Asuransi Jiwa AIA juga menawarkan manfaat investasi melalui produk unit link yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain AIA, terdapat juga produk asuransi jenis lainnya yang bisa Anda temukan di Lifepal dengan premi mulai Rp50 ribu per bulannya. Adapaun premi yang bisa diperoleh dari tiap produknya yaitu dipengaruhi oleh beberapa factor-faktor sebagai berikut :

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan.
Trending:  Pengertian Asuransi, Objek serta Asas-asas yang Melandasinya

Adapun cara mengklaim ansuransi AIA Financial ini adalah :

Cara klaim Asuransi Jiwa AIA dapat dilakukan untuk mengajukan klaim meninggal dunia. Klaim manfaat Asuransi Jiwa AIA ini dapat dilakukan oleh ahli waris atau penerima manfaat. Adapun berikut ini cara mengklaim ansuransi AIA Financial ini adalah :

  • Siapkan polis asli
  • Formulir klaim meninggal dunia
  • Surat keterangan kematian lengkap dari pemerintah atau pihak berwenang setempat
  • Surat keterangan dokter untuk klaim meninggal dunia
  • Salinan catatan medis tertanggung
  • Salinan identitas diri tertanggung, pemegang polis, dan ahli waris
  • Surat berita acara dari pihak kepolisian apabila meninggal dunia karena kecelakaan
  • Dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak Prudential
  • Bukti identitas ahli waris yang akan menerima uang pertanggungan

Biasanya, proses klaim asuransi akan cair 10 hari kerja untuk asuransi kesehatan dan 15 hari kerja untuk klaim meninggal dunia.

Berdasarkan penjelasan diatas mengenai pemahaman dasar terkait asuransi asuransi AIA Financial bagi para pemula, semoga informasi ini bisa membantu Anda yang sedang ingin mencoba menggunakan ansuransi AIA Financial untuk investasi jangka panjangnya maka ansuransi AIA Financiallah yang paling rekomeanded untuk Anda.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …